5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish

Yongki Sanjaya · 1 Des, 2022 14:30

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 01

Sosok Toyota Rush berhasil membuktikan diri sebagai low SUV terlaris, sejak generasi pertama. Dahulu, Rush generasi pertama hadir dengan model ban serep menggantung di pintu bagasi belakang, yang dijuluki Rush konde. Sebelum berganti generasi, Toyota Rush konde sempat hadir dalam varian Sportivo Ultimo, yang kemudian tamat pada 2017.

Baca Juga: 

Review Toyota Rush TRD Sportivo: Paling Laris Tak Berarti Paling Sempurna

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan

5 Varian Toyota GR Sport Sudah Resmi Meluncur, Ini Model dan Harga Lengkapnya

Toyota Rush pada dasarnya diperuntukkan untuk konsumen yang menginginkan konsep mobil berpenampilan lebih sporty dan maskulin. Awalnya, Toyota Rush hanya memiliki konfigurasi kursi dua baris 5-seater. Penting akannya 7-seater dan permintaan pasar, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Rush 7-seater di tahun 2016 dengan meluncurkan varian TRD Sportivo Ultimo, sekaligus menjadi edisi penutup generasi pertama.

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 01

Bicara varian, Rush TRD Sportivo Ultimo ini merupakan kasta tertinggi dari Rush edisi lamanya. Oleh karenanya kendaraan ini memiliki beberapa fitur yang lebih banyak daripada lainnya. Walaupun masih menganut gaya desain generasi pertama yang 'kuno', tapi Rush Ultimo ini sudah mendapat beberapa polesan dari sisi penampilan maupun update teknis. 

Adapun harga pasaran bekas unit ini dijual mulai dari Rp161 juta sampai Rp185 juta. Lantas, apa saja hal menarik yang hadir pada sosok Toyota Rush Sportivo Ultimo lansiran 2017? Simak penjelasannya berikut ini.

Suspensi Baru di Toyota Rush Ultimo 2017, Racikan TRD

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 02

Layaknya sebuah SUV dengan ground clearance yang tinggi, Toyota Rush generasi pertama dikenal dengan kelemahannya pada handling yang limbung, terlebih jika pengemudi membawa mobil secara agresif. Tak cuma itu, kaki-kaki atau suspensi Toyota Rush diset lebih keras.

Fitur yang paling mencolok bedanya adalah suspensi yang pada tipe teratas ini, sudah didukung paket suspensi dari TRD, sedangkan Sportivo 7 belum. Paket suspensi ini diklaim membuat bantingan di depan menjadi lebih nyaman untuk melahap berbagai kondisi medan, dan tidak membuat bagian belakang memantul-mantul saat diisi muatan lebih. 

Faktanya berdasarkan review beberapa media otomotif nasional, rebound terasa lebih lambat yang membuat melewati polisi tidur berukuran besar jadi tidak terlalu keras. Hanya saja jarak main per pendek tetap membuat bantingan saat melewati lubang terasa kasar. Kemudian, bodyroll pada kecepatan tinggi juga masih sangat terasa, meski memang sedikit berkurang dari sebelumnya.

2. Pelopor Rush dengan Konfigurasi 7-Seater

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 03

Pada awal kemunculannya, Rush hanya tersedia dalam konfigurasi 5-seater, sedangkan untuk model low SUV 7-seater diberikan pada kembarannya, Daihatsu Terios. Namun demikian, Rush Sportivo Ultimo adalah suatu pengecualian. Pada facelift terakhir, sejak tipe tengah yaitu Rush TRD Sportivo 7, TAM sudah membekalinya dengan jok baris ketiga. 

Baik TRD Sportivo Ultimo atau TRD Sportivo 7 memiliki kapasitas 7-penumpang dan sudah menggunakan sabuk pengaman 3 point ELR + Assist Grip. Hal yang perlu kamu ketahui, kabin yang dimiliki Toyota Rush jadi sempit dan tidak nyaman, karena adanya kursi baris ketiga yang kurang proporsional diduduki oleh orang dewasa.

3. Update Desain Decal dan Velg Baru 

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 04

Pada tipe ini, Toyota memberikan berbagai peranti pendongkrak penampilan pada bagian eksterior. Mulai dari velg TRD Alloy Wheel, yang mirip sekali seperti Toyota Fortuner TRD Sportivo. Lebih lanjut, TAM juga mengubah beberapa aksen body kit spoiler depan, belakang, dan terdapat spoiler tambahan pada bagian atap belakang dilengkapi dengan lampu stop. Kesan sporty makin kuat di tipe ini. Gril depan terdapat garis merah, terletak pada kisi-kisi paling atas.

Desain livery juga berubah pada New Front & Rear Cover Spare Tire Sticker, terdapat stiker yang memanjang dari bodi samping belakang sampai ke tengah hingga New Ultimo Emblem. Untuk pilihan warna pada Rush Ultimo saat itu ada pilihan baru Nebula Blue yang melengkapi enam warna sebelumnya yaitu Gray Metallic, Black Mica, Champagne, Dark Red, Silver, dan White.

4. Upgrade Fitur di Eksterior dan Interior

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 05

Walau statusnya minor change, namun ubahan yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor di Rush Ultimo 2017 cukup banyak dari sisi fitur. Termasuk di antaranya lampu utama proyektor dengan LED, begitu juga dengan lampu belakang kombinasi LED.

Interior Toyota Rush Ultimo sudah dibekali dengan desain meter cluster yang informatif, juga atraktif. Paling menarik tentu saja sistem hiburan dengan monitor layar sentuh 6,1 inci yang mendukung konektivitas Bluetooth, baik untuk memainkan musik atau telepon.

5. Unit Bekas Toyota Rush Ultimo 2017 Jauh Dari Kesan Mobil Rental

5 Hal Menarik Toyota Rush Sportivo Ultimo 2017, Generasi Penutup Gen 1 yang Paling Stylish 06

Memiliki Rush juga jauh dari kesan ‘mobil rental’ atau ‘taksi online’ yang rata-rata memakai Avanza, atau Calya. Terlebih, Rush Ultimo 2017 adalah tipe tertinggi di keluarga Rush, sehingga kemungkinan digunakan sebagai mobil rental cukup kecil. Biasanya rental mobil cenderung menggunakan unit tipe menengah ke bawah yang harganya lebih terjangkau dan minim fitur, sehingga mudah dirawat.

Selain itu, Toyota Rush memakai penggerak roda belakang. Ini menjadi bagian favorit masyarakat Indonesia sebab penggerak roda belakang lebih mampu dalam mendorong mobil saat di tanjakan. Pemakaian mobil di wilayah pegunungan akan lebih mengasyikkan dengan penggerak roda belakang ketimbang roda depan.


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru