5 Hal Mengenai Toyota Alphard MPV

Rezky Yusuf · 17 Jan, 2020 21:21

Toyota telah memperkenalkan produk terbarunya dalam jajaran kelas mobil mahal yang dengan konsisten berfokus pada pelanggannya di pasar mobil Indonesia, membuat generasi ketiga dari Toyota Alphard berubah drastis. Penampilannya lebih futuristik daripada sebelumnya dengan mempertahankan fitur-fitur yang membuatnya menjadi salah satu kendaraan paling nyaman dan mewah di segmennya.

Berikut ini 5 hal yang perlu Anda ketahui mengenai MPV Alphard:

Impressive Styling

5 Hal Mengenai Toyota Alphard MPV 01

Saya telah melihat berbagai komentar mengenainya yang jauh dari kata-kata pujian: Alphard tidak terlalu cantik saat dilihat dari depan. Ia cukup bagus dilihat dari samping, belakang atau berbagai arah pada sudut 45 derajat, tapi menurut saya tampilan depannya tidak terlalu bagus.

Komentar-komentar tersebut bisa dengan mudah saya abaikan karena saya melihat Alphard sebagai paket keseluruhan yang impresif, tetapi Anda mungkin tidak begitu mudah menerimanya. Saya tentu saja harus mengakui bahwa kompetitor Alphard, Nissan Elgrand, memiliki penampilan lebih baik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Alphard menampilkan desain dengan gril tebal di area depan dekat kap yang memberikannya tampilan sporty. Terdapat format jelas untuk plat nomor dan pencahayaan seperti lampu utama, lampu siang hari, dan lampu kabut.

Desain Alphard berbeda dari model lainnya di pasar mobil karena ia memiliki gaya yang tajam di bagian depan dengan gril krom dan lampu utama proyektor memanjang dengan DRL. Rumah lampu kabutnya berdesain vertikal dengan finishing krom. Desain samping polos seperti MPV lainnya dan kaca diletakkan pada pintu, dan Alphard memiliki pintu geser. Bagian belakang memakai lampu belakang LED dengan setrip krom yang tebal di tengahnya dan spoiler yang terintegrasi. Secara keseluruhan, bentuknya yang kotak dengan desain yang agresif akan membuatnya terlihat menonjol.

Interior Premium

5 Hal Mengenai Toyota Alphard MPV 01

Untuk memperkuat tampilan sporty-nya, kursi Alphard dilapisi oleh material kulit dengan finishing yang berkualitas di setiap sudutnya. Anda akan dapatkan 7 sampai 8 kursi penumpang dengan ruang yang luas yang menambah lebih lagi kenyamanan. Terdapat lampu di bagian dalam dengan berbagai nuansa untuk menerangi ruangan sesuai suasana hati Anda.

Alphard memperkenalkan pintu geser (power sliding doors) dan pintu belakang (power back door). Anda juga bisa membaringkan kaki Anda saat berada di kursi pengemudi dan beristirahat.

Ada banyak fleksibilitas pada pengaturan kursi Alphard yang bisa difungsikan menjadi tempat tidur, kafe, meja, 3 baris kursi bisa diratakan, dan ruang bagasi yang cukup luas bahkan bisa untuk meletakkan sebuah chest freezer. Semuanya bisa. Kursi baris tengah memiliki 2 titik ISOFIX dan bisa diputar menghadap ke bagian belakang mobil. 

Mengendarai Alphard

Ada perasaan berkendara yang nyata saat mengendarai Alphard. Menurut saya mesin V6nya yang membuatnya terasa seperti itu.

Sekali Anda berada di balik kemudi, Alphard tidak akan terasa sebesar tampilan luarnya. Mesin V6 3 liter sangat bertenaga dan senyap, halus dan terasa ia tak susah payah mengeluarkan tenaganya. Saat diperlukan, ia bisa tiba-tiba melaju dengan cepat dan tak berisik.

Tidak mengejutkan untuk sebuah kendaraan penggerak 4 roda/4WD yang berbobot 2 ton memiliki beberapa rem cakram di sekeliling. Mereka menarik kendaraan dengan sangat baik, tetapi tidak terasa seperti ada pedal di bawah rem. Saya pikir ini cukup khas untuk kendaraan tipe ini.

Performa menikungnya cukup bagus untuk sebuah mobil dengan ukuran, berat dan fungsi seperti ini. Terasa sedikit memiring saat menikung dan seperti tak siap untuk berubah arah dengan tiba-tiba. Atur TEMS menjadi sport akan cukup membantu. Menurut saya mengharapkan performa menikung yang luar biasa dari sebuah mobil tipe ini adalah kesalahan, kendaraan ini bukan untuk melakukan performa semacam itu!  

5 Hal Mengenai Toyota Alphard MPV 02

Pilihan Mesin dan Sistem Penggerak

Alphard memiliki 2 pilihan mesin, keduanya berbahan bakar bensin: 4 silinder 2.4 liter dan V6 3 liter. Mesin V6 3 liter 1MZ-FE juga dimiliki oleh Lexus RX300 dan Toyota Camry, di antaranya. Semua varian Alphard memiliki transmisi automatik dan kedua pilihan mesin tersedia dengan penggerak 2 roda atau 4 roda.

Konsumsi Bahan bakar

Walaupun harga bahan bakar di Indonesia relatif murah, kebanyakan orang peduli akan konsumsi bahan bakar untuk sebuah mobil seperti Alphard. Jika Anda menganggarkan 25 mpg untuk konsumsi bahan bakar, Anda sudah membuat perhitungan cukup tepat. Konsumsi bahan bakar Alphard bisa kurang dan bisa lebih.

Belum tentu mesin 2.4 liter akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Kecuali Anda benar-benar ringan dengan kaki kanan Anda, mesin ini akan bekerja jauh lebih keras untuk menggerakkan mobil, dan hasilnya lebih banyak bahan bakar yang dikonsumsi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru