window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza

Yongki Sanjaya · 8 Jun, 2023 08:00

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza 01

Sebagai sebuah mobil keluarga, Toyota Kijang dirancang sebagai minibus atau MPV yang nyaman tapi tetap perkasa. Banyak yang tak tahu kalau Kijang juga sudah memiliki opsi transmisi matic pada generasi Kijang Kapsul. Untuk Matic ini hadir pada tipe tertinggi yaitu Toyota Kijang LGX.

Pernah jadi mobil yang cukup mewah pada masanya, kini harga bekas Kijang LGX untuk versi matic sudah relatif murah. Berdasarkan penelusuran kami di marketplace, harga MPV tersebut dijual mulai dari Rp60 jutaan untuk transmisi otomatis.

Tentu ini cukup menggiurkan bagi kalian yang sedang bingung cari mobil matic untuk di kota besar, tapi harganya bersahabat dengan perawatan yang mudah. Sebagai informasi, LGX ini merupakan tipe tertinggi, dan untuk kelengkapan fitur di tipe LGX ini sama antara versi manual atau otomatis.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 

Bagi yang enggan terlihat jadul, bisa memilih Kijang kapsul facelift keluaran tahun 2000. Perbedaannya yang bisa kita ketahui ialah headlamp berukuran besar dengan cover mika, bukan lagi kaca buram. Kemudian pada kaca di pintu belakang model tempel sehingga tidak ada lis karet di sekeliling kaca. 

Lantas apa saja hal penting yang perlu diketahui dari Kijang Kapsul versi matic? berikut ini ulasannya.

1. Transmisi Matic Ada di Kijang Kapsul Varian Bensin 1.800 dan 2.000 CC

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza 01

Pada Kijang Kapsul, transmisi maticnya dikawinkan pada beberapa varian mesin bensin. Adapun mesin bensin di Kijang Kapsul terdiri dari 1.800 cc dengan sistem karburator (7K), dan injeksi atau EFI (7K-E), mesin bensin 2.000 cc (1RZ-FE). Untuk outputnya, 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc EFI bertenaga 80 dk dan 1RZ-E berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 100 dk.

2. Harga Varian Matic Lebih Murah, dengan Transmisi yang Perkasa

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza 02

Kijang Kapsul tipe LGX bertransmisi matik malah harganya lebih murah daripada transmisi manual, Ini karena Kijang yang matic dulu peminatnya masih sepi. 

Berdasarkan penelusuran kami di marketplace jual-beli mobil, Kijang Kapsul dijual dengan harga mulai dari Rp60 juta untuk yang termurah dan harga termahalnya Rp110 juta. Untuk versi manualnya dijual mulai Rp59 juta hingga Rp120 juta.

Meskipun lebih murah, jangan cemas soal durabilitas transmisi Aisin yang dimiliki Kijang Kapsul. Maticnya jelas nggak ringkih, kuat walau transmisi jadul asalkan selalu terawat. Dan karena masih matic konvensional tentu lebih kuat dari CVT.

3. Karakter Transmisi Maticnya Halus

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza 03

Kijang kapsul masih memakai transmisi otomatis konvensional 4-percepatan yang dipasok oleh Aisin. Karakter tenaga yang dihasilkan ini cukup halus dan responsif. Sebagai catatan, karena hanya 4-percepatan maka pengemudi harus lincah untuk jaga putaran mesin saat menghadapi tanjakan panjang bila memakai mode D.

Untuk tanjakan panjang seperti di Cipularang, pengemudi harus pintar jaga ritme mesinnya, rpm sebaiknya dijaga di antara 2500-3000rpm. Agar tetap bertenaga maka OD off dan sesekali perlu matikan ac juga. Dikutip dari forum Serayamotor, gigi 4 tak sampai 3.000 rpm untuk kecepatan 100 km/jam.

Jadi, kalau butuh nanjak santai maka pakai D sudah cukup, dan bisa kita pindahkan ke 2 atau low bila tanjakannya semakin curam. kalau turunan pakai 2 atau low untuk engine brake membantu pengereman.

4. Konsumsi BBM Tidak Terlalu Boros

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza 04

Bicara konsumsi BBM antara 1.800 dan 2.000 cc itu mirip. Kalau mesin dalam kondisi sehat dan normal tidak terlalu boros. Konsumsi bbm di daerah pegunungan itu berkisar 9-10 km/liter. Angka segitu bagi sebagian orang dianggap boros karena tenaga juga pas-pasan kalau dibandingkan mobil baru.

5. Transmisi Matic Agak Bolot

5 Hal Penting di Toyota Kijang Kapsul LGX Matic, Mulai Rp60 Jutaan Lebih Kece Dari Avanza 05

Pindah gigi di Kijang Kapsul matic tergantung dari cara pengemudi menginjak pedal gasnya. Kalau lagi jalan santaim maka  di bawah 2.000 rpm sudah shifting. Tapi kalau kickdown misal di tanjakan, maka transmisinya baru mendekati 3000rpm akan shifting.

Akselerasi matic jadul tentu lebih bolot dibanding manual. masih matik jadul. Kelemahan maticnya, gigi 1 ke 2 itu ada nahan kalau pengemudi langsung kickdown tapi dari 2,3 ke 4 halus. Namun kalau dikendarai santai maka gejala tersebut tidak muncul.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil