window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal yang Disayangkan dari Toyota Avanza 1.3 E MT, Gagal Jadi Tipe Terlaris?

Enda · 7 Okt, 2022 13:00

Toyota Avanza 1.3 E MT

Sebagai tipe terbawah, Toyota Avanza 1.3 E MT punya harga baru paling terjangkau dibandingkan varian lainnya. Mengetahui harga barunya, per Oktober 2022 Avanza 1.3 E MT ditawarkan Rp233,1 juta. 

Awalnya difokuskan untuk menyasar konsumen fleet, kini Toyota Avanza 1.3 E MT bisa dipesan secara bebas oleh konsumen perorangan. Berbeda dengan varian E pada model sebelumnya, di generasi ketiganya, Avanza 1.3 E MT bukan cuma punya tampilan lebih atraktif tapi juga fitur yang kian lengkap.

Seperti yang terlihat pada bagian luarnya mobil ini sudah dilengkapi dengan velg alloy berukuran 15 inci. Di dalam, untuk sistem hiburannya sendiri sudah menggunakan head unit layar sentuh yang mendukung konektivitas USB dan juga bluetooth.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Punya harga paling murah, berikut hal yang disayangkan dari Toyota Avanza 1.3 E MT.

Baca juga: Toyota Avanza 1.3 E MT Jadi Tipe Terbawah, Layakkah untuk Dipinang Sebagai Mobil Harian?

1. Tidak Adanya Foglamp Membuat Visibilitas Jadi Terbatas

Toyota Avanza 1.3 E MT

Toyota Avanza 1.3 E MT belum dilengkapi foglamp

Terlihat agresif sekaligus atraktif, untuk tampilan depannya Toyota Avanza 1.3 E MT sudah tersematkan lampu utama multi reflektor LED dengan desain pipih. Dengan warna ice blue, cahaya yang dihasilkan dari lampu utamanya terlihat modern ketika digunakan malam hari.

Namun saat berkendara di malam hari dalam kondisi hujan, cahaya yang diperoleh terasa kurang otimal. Hal ini dikarenakan pada tipe terendahnya, pabrikan belum melengkapinya dengan foglamp. Seperti yang diketahui bohlamp foglamp sendiri dapat meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari terlebih saat hujan karena mampu menembus air maupun kabut.

2. Material Plastik Keras, Tampilan Interior Terkesan Sederhana

Toyota Avanza 1.3 E MT

Interior didominasi dengan warna hitam

Trim E Toyota Avanza 2022 didominasi dengan warna hitam tanpa adanya kombinasi warna silver seperti tipe diatasnya. Selan itu, material plastik keras yang digunakan juga tidak dipadukan dengan bahan soft touch.

Melihat bagian lainnya, setirnya juga terlihat polos karena belum tersematkan switch control steering yang biasanya digunakan untuk melakukan penyetingan pada sistem hiburan serta kendaraan melalui panel instrumentnya.

3. Belum Adanya Height Adjuster

Toyota Avanza 1.3 E MT

Pengaturan jok belum dilengkapi height adjuster

Dari segi kenyamanan posisi duduk pengemudi, varian terendah Avanza hanya bisa diatur maju-mundur serta tingkat kerebahannya. Untuk fitur height adjuster, pada mobil ini belum disediakan. Sebagai informasi, height adjuster berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya posisi kursi kemudi menyesuaikan postur tubuh.

Oh iya, untuk lingkar kemudinya Avanza E hanya tersematkan fitur tilt steering guna mengatur tinggi rendahnya setir menyesuaikan keinginan pengemudi.

Baca juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

4. Belum Dilengkapi Keyless Entry dan Sensor Parkir

Toyota Avanza 1.3 E MT

Belum dilengkapi sensor parkir

Hal yang cukup disayangkan dari Toyota Avanza E MT yakni belum dilengkapi dengan keyless entry. Untuk mematikan dan menyalakan mesin, tipe terbawah Avanza masih mengandalkan anak kunci yang dilengkapi remote dan alarm dengan pengoperasian model putar.

Seperti yang diketahui fitur keyless entry memudahkan penggunanya ketika ingin masuk mobil tanpa harus menekan tombol kunci pada remote alarm.

Selain memudahkan serta lebih aman dari tindak pencurian, dengan penggunaan fitur ini pengguna hanya cukup menekan tombol start/stop engine ketika ingin menyalakan atau mematikan mesin.

Dari segi keselamatan berkendara, trim terendahnya juga belum dilengkapi sensor parking yang berfungsi untuk memberikan jarak mobil terhadap objek di belakang melalui visual suara di dalam kabin.

Meski begitu, untuk fitur keselamatan lainnya mobil ini terbilang lengkap. Karenanya pabrikan sudah membekalinya dengan dual airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Tak hanya itu, kalian juga bisa menemukan fitur seperti Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA),seatbelt warning, ISOFIX dan juga APAR.

5. Pengecasan Smartphone Hanya Bisa di Bagian Depan

Toyota Avanza 1.3 E MT

Baris kedua belum dilengkapi port USB 2.1 ampere

Toyota Avanza E 1.3 MT sudah dilengkapi dengan port USB 2.1 ampere di bagian depan pada kotak laci kecil di bawah pengaturan AC digitalnya. Sebagaimana fungsinya, port USB tersebut bisa dimanfaatkan setiap penggunanya untuk menambahkan daya pada gawai. Selain itu, di bawah arm rest nya terdapat colokan lighter 12 volt di samping tuas hand brake yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengecas handphone.

Tidak seperti trim diatasnya yang baris keduanya seudah mendapatkan dua port USB di belakang console box tengah, di Avanza E fitur ini belum bisa kalian temukan. Dengan begitu jika ingin melakukan pengecasan handphone, kalian hanya bisa melakukannya di depan.

Baca juga: Lebih Mahal Rp2 Juta, Fitur Toyota Avanza 1.3 E MT Tak Selengkap Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil