window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Gak Buang-buang Bensin

Prasetyo · 23 Mei, 2021 08:04

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Gak Buang-buang Bensin 01

Mesin mobil adalah bagian yang sangat membutuhkan perhatian. Satu dari beberapa cara dalam merawat mesin mobil yakni dengan rutin memanaskannya. Apalagi kalau mobil jarang digunakan, maka ritual memanaskan mesin ini harus dilakukan secara berkala.

Tapi memanaskan mesin bukan cuma sekedar membiarkan mesin kendaraan tersebut bekerja di posisi idle lantas Anda tinggal ke dalam rumah. Sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memanaskan mesin kendaraan yang benar.

1. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin Mobil

Panel Instrument Mobil

Mobil modern tak perlu terlalu lama dipanaskan

Setiap mobil memiliki teknologi yang berbeda-beda. Namun umumnya mobil-mobil modern sudah memiliki teknologi mesin yang pintar. Untuk itulah perlu disesuaikan pula durasi saat memanaskan mesin dari mobil tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk mobil keluaran di atas tahun 2000-an yang sudah menggunakan teknologi fuel injection, sebaiknya mesin mobil tidak perlu dipanaskan terlalu lama.

Cukuplah biarkan mesin di posisi idle selama 5-10 menit untuk membuat kondisi mesin mencapai suhu yang optimal demi proses pelumasan yang menyeluruh. Lalu lakukan kegiatan ini setidaknya dua kali sepekan, misalnya di hari Rabu atau Kamis dan di hari Sabtu atau Minggu.

Baca juga : Lebih Bahaya Mana, Knalpot Mobil Keluar Tetesan Air Atau Asap?

2. Tak Perlu Digas Waktu Panaskan Mesin Mobil

Pedal gas mobil

Jangan digas ketika pertama kali hidupkan mesin

Sering kali banyak orang beranggapan saat mesin mobil dipanaskan ketika pagi hari, maka sebaiknya dengan terlebih dulu menginjak pedal gas. Alasannya agar mesin bisa lebih mudah dinyalakan.

Anggapan ini justru salah besar. Sebab ketika mobil pertama kali distarter, maka sirkulasi oli belum sepenuhnya melumasi semua komponen di dalam mesin.

Jadi ketika dipaksakan menginjak pedal gas, maka khawatir mesin yang belum terlumasi sempurna akan dipaksa bekerja lebih keras. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat gesekan di ruang mesin.

3. Jangan Langsung Hidupkan AC

Kisi-kisi AC mobil

Jangan langsung hidupkan AC ketika mesin baru dinyalakan

Hal berikutnya yang patut diperhatikan saat menyalakan mesin pertama kali adalah, jangan langsung mengaktifkan AC. Jika AC langsung dihidupkan sesaat setelah mesin bekerja, maka kondisi tersebut akan menambah beban mesin.

Sebaiknya biarkan dahulu mesin dalam posisi idle sekitar 3-5 menit. Baru Anda boleh hidupkan AC. Karena pada situasi itu, kondisi mesin sudah mencapai suhu optimal dan pelumasan juga sudah berlangsung menyeluruh.

Baca juga : Ketahui Gejala Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Secara Tiba-tiba, Bukan Cuma Dari Freon!

4. Lakukan Pagi Hari di Ruangan Terbuka

Garasi mobil rumah

Sebaiknya panaskan mobil di lokasi terbuka

Waktu yang tepat untuk memanaskan mesin kendaraan kesayangan Anda adalah pagi hari. Sebab di waktu ini, suhu mesin belum terpengaruh kondisi cuaca sekitar yang mungkin saja mempengaruhi kinerja dari mesin tersebut.

Kemudian ketika menghidupkan mesin, sebaiknya lakukan diruangan terbuka. Kalau garasi Anda tertutup pintu rapat, maka bukalah pintu garasi tersebut. Apabila mobil ditutup cover, maka bukalah dulu covernya. Ini supaya ada sirkulasi udara gas buang yang keluar dari knalpot mobil.

5. Lakukan Sambil Memeriksa Kondisi Mobil

Cek Oli Mobil

Sebelum mesin dihidupkan, cek dulu komponen lainnya

Saat memanaskan mesin, sebaiknya juga Anda barengi dengan pemeriksaan kondisi keseluruhan mobil tersebut. Misalnya sebelum mesin di hidupkan cek kondisi oli, air radiator, minyak rem, sampai air wiper.

Kemudian cek juga kondisi keempat ban, lampu-lampu, hingga klakson. Lalu ketika Anda duduk di balik kemudi, perhatikan pula panel-panel instrument. Apakah ada indikator yang menyala yang mengindikasikan ada masalah teknis atau tidak.

Dengan rutin memanaskan mesin mobil, maka kendaraan Anda akan selalu dalam keadaan fit untuk siap digunakan kapan saja.

Baca juga : Jangan Sampai Kejadian, Waspadai 5 Hal yang Bikin Mobil Mogok di Jalan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil