window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Yang Perlu Diperiksa Saat Cek Unit dan Test Drive Mobil Bekas, Biar Makin Kelihatan Minusnya (Part 2)

Yongki Sanjaya · 18 Okt, 2022 20:00

5 Hal Yang Perlu Diperiksa Saat Cek Unit dan Test Drive Mobil Bekas, Biar Makin Kelihatan Minusnya (Part 2) 01

Membeli mobil bekas memang perlu ketelitian saat inspeksi lebih untuk mendapatkan unit yang bagus. Untuk itu kita juga perlu melakukan test drive untuk memastikan bahwa kondisi mobil bekas benar-benar sesuai seperti yang diharapkan. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalian juga bisa meminta bantuan teman yang mengerti mobil atau mekanik kepercayaan saat melakukan test drive. Jika inspeksi dan test drive berjalan dengan lancar tanpa ada hal yang mencurigakan, kamu bisa melanjutkan proses transaksi jual beli. 

3. Mencoba Akselerasi Mobil di Jalan Menanjak

5 Hal Yang Perlu Diperiksa Saat Cek Unit dan Test Drive Mobil Bekas, Biar Makin Kelihatan Minusnya (Part 2) 01

Cara menguji coba mobil di jalan menanjak ini bisa digunakan untuk mengetahui beberapa kekurangan, mulai dari mesin sampai kampas kopling. Untuk mobil matic, mencoba mobil di jalan menanjak ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apakah mesinnya masih sehat atau tidak. Jangan sampai terlanjur dibeli, ternyata mobil sudah loyo dan tidak ada tenaga.

Selain itu, saat menanjak bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan kopling di transmisi manual ini masih baik atau tidak. Kita cukup melakukan setengah kopling beberapa detik, kemudian akselerasi secara perlahan. Bila mobil melorot mundur saat setengah kopling maka kampas kopling perlu diganti.  =Jika akselerasi masih bagus, kemungkinan ada masalah pada kampas sangat kecil.

4. Mencoba Mobil di Jalan yang Kurang Mulus

5 Hal Yang Perlu Diperiksa Saat Cek Unit dan Test Drive Mobil Bekas, Biar Makin Kelihatan Minusnya (Part 2) 02

Jika keadaan memungkinkan, sebaiknya uji kendaraan di jalan yang kurang mulus. Saat melakukan pengujian, buka kaca dan dengarkan apakah ada suara kaki-kaki yang mengganggu. Jika ada suara gluduk-gluduk biasanya akan terdengar ketika melaju di jalan bergelombang atau tidak rata.

Kemudian, coba terjang polisi tidur dengan kecepatan sedang, jika ada masalah pada kaki-kaki biasanya ada suara hentakan karena shockbreaker sudah mati. Masih seputar kaki-kaki, kita pun bisa melakukan pengecekan kondisi racksteer saat mobil melaju. Jika ada masalah, biasanya setir bisa belok meski berada di jalan yang mulus.

5. Cek Kebocoran dengan Parkir di Tempat yang Bersih

5 Hal Yang Perlu Diperiksa Saat Cek Unit dan Test Drive Mobil Bekas, Biar Makin Kelihatan Minusnya (Part 2) 03

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, kita juga perlu melakukan pengecekan soal kebocoran dari bagian mesin. Kita bisa mengeceknya dengan beberapa cara, mulai dari melihat sambungan selang di kap mesin hingga melihat ke kolong apakah ada rembes dan bocor atau tidak.

Untuk cara kedua ini bisa kita lakukan dengan parkir sementara di tempat yang bersih. Setelah itu pindahkan mobil apakah ada tetesan yang mencurigakan. Kadang, ada tetesan air yang biasanya merupakan air AC dengan catatan memang kondisi air radiator di reservoir tidak berkurang.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil