5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Meminang Daihatsu All New Sirion 2020

Yusuf · 22 Okt 2020 12:00

Di tengah masa pandemi covid-19, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap meluncurkan produk terbarunya untuk segmentasi anak muda Indonesia. Daihatsu All New Sirion, menjadi amunisi baru PT ADM untuk merebut hati anak-anak muda yang ingin memiliki mobil dengan nilai kepraktisan yang tinggi serta sarat akan fitur modern di dalamnya.

Generasi kedua ini hadir dengan bentuk yang lebih modern. Hasilnya bisa dilihat berdasarkan dari tampilan keseluruhan mulai dari depan, samping, dan belakang. Nuansa sporty nan modern khas anak muda yang enerjik juga ditampilkan oleh Daihatsu lewat Bahasa desain All New Sirion.

Karena ditujukan untuk anak muda yang memiliki semangat tinggi, tentu PT ADM sudah membekali Daihatsu All New Sirion ini dengan beberapa fitur mumpuni. Selain kepraktisan yang menjadi modal utama, ada beberapa hal lain lagi yang juga menjadi nilai jual dari city car tersebut.

Mengenai harga jualnya, All New Sirion ini dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. Untuk versi paling rendahnya, dipatok seharga Rp 200,1 jutaan sampai yang paling malah dijual dengan harga Rp 211,1 juta.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan mengenai apa saja yang bisa diandalkan dari All New Sirion ini. Simak dalam pemaparan di bawah ini.

Fiturnya Apa Saja?

City car yang ditujukan untuk kalangan anak muda, memang sudah seharusnya memiliki beberapa fitur unggulan. Selain fitur keselamatan yang menjadi poin penting, dari sisi entertainmen juga harus diperhatikan. Daihatsu All New Sirion ini sudah dibekali dengan layar entertainmen yang di tempatkan di tengah dengan dukungan layar sentuh.

Adapun fitur mendukung untuk entertainment antara lain adalah radio FM, Bluetooth, socket USB, pemurat CD, serta speaker depan dan belakang. Kapasitas performanya pun tidak terlalu buruk. Untuk suara yang dihasilkan, dentuman aransemen yang dikeluarkan juga sudah mumpuni untuk menjadi teman sepanjang perjalanan.

Selain itu, fitur lainnya yang juga menjadi penunjang selama berkendara adalah dengan hadirnya Automatic Climate Control, heater, ventilasi AC belakang, engine start stop, adjustable seat, serta spion lipat elektrik.

Sedangkan untuk fitur keselamatan yang menjadi kewajiban, Daihatsu All New Sirion sudah dibekali dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, child safety lock, ABS, Brake Assist, Electronic Brake Distribution (EBD), sabuk pengaman di kursi belakang, kameran belakang, crash sensor, serta adanya kamera belakang yang berfungsi saat memarkirkan kendaraan.

Bagaimana dengan Performa Mesin?

All New Daihatsu Sirion memang dibekali dengan mesin yang ringkas. Secara spesifikasi, mobil ini dipersenjatai dengan mesin bensin 1.3L, 4 Cylinder 16 Valve DOHC yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 94 hp dan torsi maksimal sebesar 120 Nm.

Berbekal mesin yang kompak tersebut, tenaga yang dihasilkan juga sudah lebih dari cukup. Apalagi untuk mobilitas harian, efisiensi bahan bakar juga sangat irit. Hal ini karena ditopang dengan mesin 1.3 L yang sudah disempurnakan sehingga mampu memberikan efisiensi namun tetap nyaman untuk diajak bermanuver.

Bukan hanya untuk perkotaan. Tetapi, Daihatsu All New Sirion ini juga tangguh untuk diajak keluar kota meski medan yang dihadapi bermacam-macam. Untuk menuju daerah pegunungan yang notabene selalu menanjak, mobil ini masih bisa diandalkan.

Kelegaan Interior

Meski mobil ini lahir sebagai city car, namun untuk tingkat kelegaan interiornya jangan diragukan. Untuk sekelas city car, mobil ini masih memiliki kapasitas yang mumpuni untuk dihuni oleh lima orang dewasa. Head room yang disediakan, sangat cukup mengakomodir semua penumpang.

Untuk baris depan, kursinya juga sudah disediakan pengaturan untuk maju dan mundur serta sudah mengusung recling seat.

Sementara itu, leg room yang dihadirkan juga sangat mumpuni. Jika menengok dimensinya, mobil ini dibekali dengan panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.525 mm. Sehingga bentuk kompaknya tetap memberikan kenyaman untuk perjalanan dalam kota.

Selain menawarkan kelegaan interior, pada Daihatsu All New Sirion 2020 juga sudah dibekali dengan beberapa fitur lain seperti multifunctional handle. Fitur ini dipasang di belakang kursi pengemudi yang berupa gantungan. Sehingga, dengan adanya gantungan tersebut, penumpang belakang lebih dimudahkan dalam merapihkan barang-barang mereka.

Di samping itu, pada sisi kiri kursi pengemudi All New Sirion juga sudah dilengkapi dengan port charging. Ini bisa dimanfaatkan oleh penumpang belakang dalam melakukan pengisian ulang gawai mereka. Daihatsu juga sudah menyiapkan sebuah kantung yang berguna untuk menyimpan smartphone ketika sedang diisi ulang.

Bagaimana dengan Kenyamanan Berkendara

Selain ditopang dengan mesin yang responsif, pemilik All New Sirion juga akan mendapatkan feel yang berbeda kala mengemudikan mobil ini. Saluran tenaga yang disalurukan dari mesin mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu, untuk tingkat kebisingannya juga sangat cukup.

Suara ban yang bersentuhan dengan aspal tidak mengganggu konsentrasi kala berada di dalam mobil. Memang hal tersebut juga dipengaruhi oleh penggunaan ban yang berkualitas. Namun, dari sisi peredaman interior, mobil ini layak diadu dengan kompetitornya seperti Toyota Agya, KIA Picanto serta Honda Brio.

Tidak hanya pada jalan aspal, untuk jalan beton di beberapa wilayah di DKI Jakarta, mobil ini tidak menimbulkan suara yang sangat bising. Tentunya, peredaman tersebut sudah diperhatikan oleh Daihatsu. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, generasi ini hadir dengan tingkat peredaman yang jauh lebih baik.

Boros atau Tidak?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Karena dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.3 liter, tingkat konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga sangat efisien. Padahal, untuk tenaga yang dihasilkan bisa diadu dengan kompetitornya. Tapi untuk urusan konsumsi bahan bakar, mobil ini layak diacungi jempol.

Berdasarkan beberapa pengetesan, untuk rute dalam kota konsumsi bahan bakar All New Sirion berada sekitar 12,8 km/L dengan kecepatan rata-rata 22 kpj. Sedangkan saat berada di jalan bebas hambatan, All New Sirion mengemas tingkat konsumsi bahan bakar 20 km/L dengan kecepatan 90 kpj.

Kesimpulan

Akhirnya artikel ini berada pada tahap akhir, yakni kesimpulan mengenai Daihatsu All New Sirion. Bagi kami, untuk dijadikan mobil pertama yang ditujukan bagi anak-anak muda, tentu mobil ini sangat layak dibeli. Terlebih untuk sistem transimisi yang dihadirkan ada manual dan automatic.

Berbekal segudang keunggulan serta fitur yang mumpuni, All New Sirion bisa menjadi alternative Anda yang memang ingin mencari city car dengan banyak kemudahan.

Komentar

Mobil Terbaru