window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kelebihan Honda BR-V 2022 Ini Bisa Bikin Toyota Rush Ditinggalkan

Prasetyo · 21 Sep, 2021 17:05

5 Kelebihan Honda BR-V 2022 Ini Bisa Bikin Toyota Rush Ditinggalkan 01

Honda BR-V 2022 akhirnya resmi diumumkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Tentunya ini sebagai tanda jika Honda kembali menabuh genderang perang terhadap penguasa pangsa pasar LSUV di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Toyota Rush.

Toyota Rush selama ini memang seakan berada diatas angin jika harus disandingkan dengan Honda BR-V. Penjualannya meroket jauh meninggalkan BR-V.

Catatan data wholesales dari GAIKINDO per Agustus 2021 menunjukkan kalau penjualan Rush mencapai 4.715 unit sementara BR-V hanya 238 unit. Sedangkan jika membandingkan total wholesales periode Januari-Agustus 2021, untuk Rush 30.606 unit dan BR-V 1.590 unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda BR-V vs Toyota Rush -1

Toyota Rush saat ini jadi LSUV paling laris di Indonesia

Tentunya HPM tak mau membiarkan ini terjadi terlalu lama. Honda BR-V 2022 pun didapuk untuk bisa menerjang laju Toyota Rush di kelas Low SUV tujuh penumpang. Dan berbekal sederet teknologi yang ada di dalamnya, Honda tentu sangat punya potensi untuk bisa mengalahkan Toyota.

Apa saja senjata All New Honda BR-V 2022 untuk melawan Toyota Rush? Berikut poin-poin penting yang patut Anda perhitungkan jika tengah memikirkan pilihan antara Honda BR-V 2022 vs Toyota Rush 2021.

Baca juga : Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Honda BR-V 2021 -5

Versi produksi dari N7X Concept

1. Desain Lebih Fresh Bikin Honda BR-V Lebih Menarik

Perbandingan Dimensi
Dimensi All New Honda BR-V Toyota Rush
Panjang 4.456 mm 4.435 mm
Lebar 1.735 mm 1.695 mm
Tinggi 1.666 mm 1.705 mm
Jarak sumbu roda - 2.685 mm

Sebuah mobil yang baru saja dirilis tentu akan menarik perhatikan manakala lalu lalang di jalan raya. Mengingat mobil tersebut belum banyak yang punya. Itu juga yang akan terjadi pada saat Anda memiliki All New Honda BR-V.

Bermodal tampilan yang benar-benar baru, pastilah BR-V lebih memikat. Sementara Toyota Rush mungkin sudah terlalu sering dijumpai di jalanan. Dengan demikian, Honda bisa lebih unggul untuk menaikkan status sosial seseorang.

Honda BR-V 2022 -6

Tampak belakang All New BR-V

Untuk dimensinya, BRV lebih panjang dan lebih lebar dari Toyota Rush. Selain itu LSUV 7 penumpang ini juga punya jarak ke tanah 220 mm atau lebih tinggi dari BR-V generasi pertama yang memiliki ground clearance 201 mm.

2. BR-V punya Fitur Honda Sensing, Toyota Rush Andalkan 6 Airbags

Honda BR-V vs Toyota Rush -3

Fitur Honda LaneWatch

Sebagai produk anyar pastilah Honda ingin yang terbaik juga buat BR-V. Karena itulah sejumlah fitur unggulan disuntikkan ke dalam mobil ini. Paling menonjol tentunya kebedaraan Honda Sensing. Fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist System, Road Departure Mitigation, dan Collision Mitigation Brake System sudah ada di mobil ini.

Lalu ada juga Honda LaneWatch yang akan membantu pengemudi mendapatkan visibilitas tambahan yang tidak ditangkap spion sebelah kiri. Lantas ada pula Remote Engine Start dimana pemilik bisa menghidupan mesin dan AC otomatis menyala hanya dengan menekan tombol di Smart Key. Sehingga ketika masuk ke dalam mobil, kondisi kabin sudah lebih sejuk. Serta ada fitur Walk Away to Lock, dan soket power outlet di baris jok ketiga.

Honda BR-V vs Toyota Rush -2

Rush sudah dilengkapi 6 airbags untuk seluruh varian

Lalu bagaimana dengan Toyota? Sepertinya mereka harus mengakui kalau BR-V punya fitur jauh lebih lengkap. Meskipun sebenarnya Rush 2021 juga telah melakukan sejumlah improvement dibanding generasi pertamanya. Antara lain adanya 6 buah airbags yang tersebar di sisi pengemudi dan penumpang depan serta melindungi bagian sisi kiri dan kanan sampai penumpang baris ketiga.

Lalu Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah mobil melintir saat menikung terutama di jalan licin. Serta Hill Start Assist (HSA) guna mencegah mobil merosot pada saat start di kondisi jalan menanjak.

Untuk mencegah tubrukan dari belakang Rush juga kini ada Emergency Brake Signal yang memungkinkan lampu hazard menyala apabila pengemudi melakukan hard brake alias pengereman mendadak untuk memberi signal kepada pengemudi di belakang akan situasi darurat.

Baca juga : Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios?

3. Mesin VTEC Honda Lebih Kuat dari Dual VVTi Toyota

Perbandingan Mesin
Spesifikasi mesin All New Honda BR-V Toyota Rush
Tipe 1.5L DOHC i-VTEC+DBW 2NR-VE DOHC Dual VVT-i
Isi silinder 1.498 cc 1.496 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 121 PS @6.600 rpm 104 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 145 Nm @4.500 rpm 136 Nm @4.200 rpm
Transmisi 5-percepatan manual / CVT 5-percepatan manual / 4-percepatan otomatis

Honda memang terkenal akan teknologi mesin VTEC yang mampu memproduksi daya besar tapi tetap hemat bahan bakar. Satu diantaranya diapikasikan pada mesin berkapasitas 1.5-liter. Sedari Honda Jazz generasi pertama sampai Honda City Hatchback RS sudah pakai mesin berteknologi VTEC. Hanya saja ada pembeda dengan mesin Honda BR-V baru.

Honda BR-V vs Toyota Rush -4

Mesin baru lebih bertenaga

LSUV ini dicangkokkan mesin 1.5L dengan teknologi DOHC (Double Overhead Camshaft). BR-V menggunakan mesin berkodekan B15ZF sama dengan yang terpasang di Honda City Hatchback RS. Mesin ini terbukti memiliki tenaga lebih besar dibanding mesin berteknologi SOHC yang sebelumnya terpasang juga pada Honda Jazz dan BR-V generasi pertama.

Untuk Toyota, Rush pun pakai mesin berteknologi camshaft ganda, tapi karena isi silindernya lebih kecil dari BR-V maka letupan tenaganya pun lebih rendah. Jadi di atas kertas, Honda BR-V kembali lebih unggul dari Toyota Rush.

4. Fitur Honda BR-V Terbaru Lebih Lengkap dari Toyota Rush

Honda BR-V 2022 -7

Mulai dijual tahun depan

Selain Honda Sensing All New BR-V juga punya banyak fitur unggulan. Seperti monitor 7 inci yang terlah dilengkapi Smartphone Connection dan juga Hands-Free Telephone. Keyless Entry, Immobilizer, ABS + EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags, sampai interior yang sepenuhnya berlapis kulit.

Untuk Rush, Toyota juga gak mau kalah meskipun tak selengkap BR-V. Antara lain di mobil ini sudah ada headunit 7 inci layar sentuh yang sudah disuntikkan fitur Miracast dan phone connectivity. Sehingga Anda bisa menggunakan monitor di tengah dasbor itu untuk menjelajah isi ponsel termasuk melakukan aktifitas browsing dan menggunakan peta digital.

Honda BR-V vs Toyota Rush -5

Interior Toyota Rush

Kemudian ada juga tombol Start/Stop Engine, AC Auto Climate dengan tombol-tombol digital, tilt steering, dan rear camera. Lantas jangan dilupakan pula kehadiran fitur Idling Stop System (IDS) yang bisa membuat mesin otomatis mati pada saat pedal rem diinjak beberapa saat misalnya ketika kondisi berhenti di lampu merah atau pada saat macet.

5. Harga BR-V Kemahalan?

 
Honda BR-V Toyota Rush
Tipe Harga Tipe Harga
S M/T n/a 1.5 G M/T Rp245.500.000
E M/T n/a 1.5 G A/T Rp255.200.000
E CVT n/a 1.5 S M/T GR Sport Rp256.600.000
Prestige CVT n/a 1.5 S A/T GR Sport Rp266.200.000
Prestige CVT with Honda Sensing n/a    

Punya desain keren dan lebih up to date ternyata harus dibayar dengan banderol yang cukup tinggi dibanding Toyota Rush. Meski Honda Indonesia belum mengumumkan rincian harga All New BR-V namun mobil ini akan dipatok dengan banderol mulaid ari Rp260 jutaan. Itu artinya harga Honda BR-V2022  termurah hampir setara dengan harga Toyota Rush GR Sport yang merupakan varian tertinggi dari Rush saat ini.

Namun sebenarnya tingginya harga itu masih cukup wajar karena Anda akan mendapatkan banyak kelebihan pada tubuh BR-V terbaru. Anda bisa mendapatkan fitur Honda Sensing yang selama ini baru ada di model premium seperti Honda CR-V dan Honda Accord.

Jadi bagaimana, masih mau pilih Toyota Rush setelah ada All New Honda BR-V?

Baca juga : Kepraktisan dan Kelegaan Honda BR-V vs Toyota Rush, Siapa Pemenangnya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil