window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian?

Adit · 9 Nov, 2021 12:01

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian?

Pasar Low MPV terbaik di Indonesia semakin memanas. Bukannya tanpa sebab, hampir seluruh modelnya kompak mengalami penyegaran. Itu semua sebagai upaya menggairahkan pasar yang sempat lesu terdampak pandemi. Selain itu juga karena sudah waktunya mendapat pembaruan dan MPV murah merupakan segmen gemuk. 

Sayangnya dari 7 model yang tersedia di pasaran, cuma 2 yang belum ada tanda-tanda bakal disegarkan. Keduanya adalah Honda Mobilio yang kabarnya bakal diskontinu beberapa variannya, juga Nissan Livina yang sejak pertama kali meluncur pada Februari 2019 belum sekalipun dapat model facelift. 

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian? 02

Cuma Mobilio dan Livina yang tidak bersolek tahun ini

Baca Juga: Teaser Mobil Baru Honda yang Meluncur 11 November, Pakai Nama ZR-V atau WR-V?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selebihnya 5 model Low MPV terbaik mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero bersatu padu pada tahun ini mendapat ubahan bentuk dan salah satunya ketambahan varian baru. Lalu dari 5 model ini, mana yang paling memikat hati untuk dibeli? Mari kita ulas. 

1. Wuling Confero 2021

Model pertama yang disegarkan sejatinya adalah Wuling Confero. Mobil ini 'diangkat muka' pada awal tahun ini. Pabrikan merasa bahwa 2021 adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan jagoan pertamanya itu, yang melakoni debutnya di Indonesia pada 2017 lalu. 

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian? 01

Wuling Confero facelift 2021

Ubahannya tampak dari mukanya yang punya fascia anyar. Lampu baru dengan aksen hitam, grille, bumper, dan ada penyematan daytime running light (DRL) baru. Low MPV tersebut sayangnya belum dilengkapi opsi transmisi full otomatis, melainkan masih mengandalkan ACT alias Automatic Clutch Transmission. 

2. Mitsubishi Xpander 2022

Sejak peluncuran Wuling Confero facelift, tak ada lagi MPV murah yang meluncur. Namun pada November ini, beberapa pabrikan merencanakan untuk merilis model anyar. Apalagi bertepatan dengan pembukaan pameran otomotif GIIAS yang akan dihelat pada 11 November nanti. 

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian? 02

Mitsubishi Xpander 2022.

Namun begitu ada satu model Low MPV yang coba curi start duluan. Dia adalah Mitsubishi Xpander 2022 yang pada 8 November ini dikenalkan. Tampilan depannya berubah, fokusnya pada desain lampu utama yang kini menggunakan proyektor LED dan bentuknya semakin futuristik. 

Desain lampu belakang juga diubah sedikit membentuk huruf T. Kemudian dashboard ikutan berubah. Yang satu ini lebih elegan, simpel, dan berkelas. Oh iya transmisi matic dari semula AT juga menjadi CVT yang diklaim lebih menjanjikan konsumsi BBM yang lebih irit. Adapun untuk harganya dirilis di GIIAS 2021.

Baca Juga: Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Resmi Dirilis, Pakai Komponen Suspensi Pajero Sport!

3. Suzuki Ertiga Limited Edition

Suzuki tak ketinggalan momentum GIIAS 2021 buat meluncurkan produk Low MPV terbaiknya, Suzuki Ertiga Limited Edition. Ini merupakan realisasi pabrikan yang menyatakan bahwa tiap tahunnya ada yang baru dari Ertiga. Bicara model anyar tersebut, dibangun dari basis model Ertiga Sport yang diubah sedikit.

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian? 03

Suzuki Ertiga Limited Edition

Semua body kit masih terpasang, namun ditambahkan sentuhan baru meliputi atap dan spion hitam, ornamen meraj pada lis pintu belakang, side skirt, dan spoiler mobil. Urusan interior bakal dilapisi kulit dan tambah fitur Smart E-Mirror seperti yang ada di Suzuki XL7. 

Selebihnya tak ada yang berubah baik mesin maupun transmisi matic tetap 4AT, tak seperti model sebelumnya. Oh iya karena punya embel-embel terbatas, kabarnya Low MPV Suzuki Ertiga Limited Edition hanya tersedia 125 unit. Siapa cepat dia dapat nih!

4. Toyota Avanza 2022

Bintang berikutnya yang sudah sejak lama dinantikan kehadirannya adalah Toyota Avanza 2022. Model yang satu ini belakangan sudah tertangkap kamera tengah didistribusi ke jaringan penjualan. Sayangnya pabrikan dengan jelas mengekspos mobil tersebut tanpa selubung atau penutup supaya tidak ketahuan.

Sehingga akhirnya banyak warganet yang mengabadikannya dalam unggahan di media sosial. Bahkan lengkap hingga detail interior dan spesifikasi mesinnya. Entah Toyota sengaja menyingkap Low MPV anyarnya tersebut sebagai strategi pemasaran atau bukan, yang jelas cara ini telah diterapkan sebelumnya. 

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian? 04

Toyota Avanza 2022

Beberapa detail ubahan memperlihatkan Toyota Avanza berubah total dari bentuknya semakin mengotak, wajah lebih dinamis, interior makin elegan, fitur electric parking brake (EPB), dimensi membesar, menggunakan mesin baru, transmisi CVT, berpenggerak roda depan, juga fitur keselamatan Toyota Safety Sense atau TSS. 

Waktu peluncurannya dalam tajuk world premiere atau debut global dijadwalkan pada 10 November 2021 mendatang, termasuk model Toyota Veloz terbaru. Lalu dengan bocoran yang sudah ada sejak jauh hari sebelum hari peluncurannya tiba, apakah tetap membuat Low MPV Toyota Avanza 2022 istimewa?

5. Daihatsu Xenia 2022

Saudara kembarnya juga tak absen. Daihatsu Xenia 2022 juga akan melenggang meramaikan peta persaingan MPV dengan harga terjangkau di Indonesia. Tapi khusus model ini sedikit yang mengungkap bocorannya. Yang jelas sebelas dua belas Toyota Avanza 2022. 

5 Low MPV Terbaik di Indonesia Kompak Berias Diri, Mana yang Paling Menarik Perhatian? 05

Daihatsu Xenia 2022.

Bentuknya tampil lebih sporty karena menggunakan grille dan desain air dam model jaring. Fascianya seperti Daihatsu Rocky yang terlebih dahulu meluncur. Selebihnya bisa terungkap di waktu peluncurannya pada 11 November 2021, beda sehari dari Toyota Avanza. Nah dari kelima model Low MPV tadi, mana yang paling memikat hati dan menarik diboyong ke rumah? 

Baca Juga: Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil