window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Mobil Cina Tiruan Mobil Mewah Eropa, Ada yang Mirip Rolls Royce dan Audi R8!

Prasetyo · 2 Jul, 2021 17:00

Mobil Cina Tiruan Mobil Eropa

Lagi-lagi kita akan membahas mengenai mobil Cina. Layaknya di industri teknologi informasi (IT), para produsen asal Tiongkok memang begitu agresif masuk ke pasar-pasar global. Tawarannya pun menggiurkan, yakni fitur seabreg tapi dengan harga murah. Meskipun tak jarang desainnya kerap begitu amat menyerupai pabrikan dari negara lain.

Untuk pembahasan di artikel ini, Autofun pun menemukan beberapa mobil Cina yang ternyata banyak meniru gaya desain mobil-mobil mewah Eropa. Walaupun sebagian besar sudah tak lagi diproduksi atau berganti model dengan cita rasa yang diklaim racikan sendiri, namun sangat menarik untuk melihat bagaimana mobil Cina tiruan ini sempat menggetarkan dunia.

Gak perlu berlama-lama, berikut ini kami sajikan setidaknya lima mobil Cina tiruan mobil mewah Eropa yang tentunya sebagian besar hanya diedarkan di negara asalnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : 3 Mobil Cina Ini Mirip Banget Toyota Alphard, Harganya Ada yang Setara Avanza

Mobil Cina Tiruan Audi A6

Desainnya kombinsai Audi A6 dan VW Passat

1. Zotye Z700 Mirip Audi A6

Zotye merupakan produsen mobil asal Cina yang terkenal banyak melakukan copycat mobil-mobil Eropa. Yang paling terkenal adalah saat muncul Zotye SR9 yang meniru penampilan Porsche Macan. Selain itu pernah juga muncul Zotye Z700 yang merupakan sedan Cina mirip Audi A6.

Sosoknya sebenarnya perpaduan antara VW Passat dan Audi A6. Namun pihak produsen mengklaim kalau itu adalah ciri desain khas dari mereka. Walaupun dari sisi interiornya sangat identik dengan Audi A6 cuma setirnya saja yang berbeda. Untuk harganya, Zotye membanderol di kisaran Rp333 juta - Rp363 juta.

Mobil Cina Tiruan Mercedes G Class

Bahkan sampai ada varian 6x6 layaknya G 63 AMG 6x6

2. BAIC BJ80 kembaran Mercedes-Benz G Class

Anda penyuka SUV mewah Eropa mungkin akan menjadikan Mercedes-Benz G Class sebagai wishlist mobil idaman yang suatu saat wajib dimiliki. Namun karena harganya yang terlampau tinggi, banyak yang menjadikan mobil ini sekedar mobil impian. Disinilah BAIC mencoba mewujudkan mimpi mereka yang gemar G Class dengan sebuah SUV berharga murah.

BAIC menamakannya BJ80. Bahkan hadir juga varian BJ80 6x6 yang meniru G 63 AMG 6x6. Mesinnya ada dua pilihan, yakni 2.4-liter 4 silinder dan 4.0-liter 6 silinder. Diperkenalkan pertama kali di Beijing Auto Show 2014, kabarnya Daimler sampai rela membeli 12% saham BAIC agar BJ80 tidak lagi diproduksi. Namun akhirnya kondisinya berbalik, BAIC malah menghadirkan BJ80C dengan persetujuan Daimler.

Baca juga : Hengrun HRS1, Mobil Cina Murah yang Terinspirasi dari Suzuki Jimny

Mobil Cina Tiruan Ferrari

Apakah ini Porsche atau Ferrari?

3. Suzhou Eagle Carrie Mobil Cina Paduan Ferrari dan Porsche

Eagle Carrie merupakan mobil Cina tiruan mobil Eropa yang menggabungkan antara dua desain menjadi satu. Yaitu kombiasi antara Ferrari FF dan juga Porsche Cayman.

Tidak pernah jelas apakah mobil ini benar-benar diproduksi massal, namun dikutip dari Hotcars, Carrie pernah menampilkannya di Shanghai Motor Show 2015.

Mobil Cina Tiruan Audi R8

Manakah yang Audi R8 sesungguhnya?

4. CH-Auto Lithia Kembaran Audi R8

CH-Auto sebuah studio desain di Beijing, Cina pernah menampilkan CH-Auto Lithia di tahun 2012. Ini merupakan mobil konsep yang secara visual mengingatkan kita pada Audi R8. Namun mobil ini tidak pernah diproduksi, karena saat itu perusahaan hanya menampilkan bagaimana teknik mendesain sebuah mobil.

Selain tiruan Audi R8, CH-Auto ternyata juga pernah membuat mobil copycat lain. Yaitu Aculeus yang mirip Ferrari 599 GTO dan Aston martin. Kemudian CH-Auto juga pernah memamerkan Event Concept, mobil yang penampilannya mirip Bugatti Veyron.

Mobil Cina Tiruan Rolls-Royce

Kini berganti nama jadi Geely Emgrand GE

5. Geely GE Si Kembaran Rolls Royce Phantom

Geely, produsen otomotif asal Tiongkok yang sukses hingga saat ini pernah menampilkan Geely GE di tahun 2009. Kala itu Geely menyebut jika mereka berhasil menawarkan sedan mewah dengan sentuhan klasik.

Namun jika melihat sosoknya, mobil ini banyak mengambil inspirasi dari Rolls-Royce Phantom. Rasanya sulit kalau Anda mengatakan mobil ini berbeda dengan mobil ultra mewah dari Inggris tersebut. Kala itu, Rolls-Royce pun sempat mengajukan gugatan atas hadirnya mobil yang dibanderol seperempat dari harga Phantom itu. Sayangnya tidak jelas kelanjutan kasusnya.

Baca juga : Produsen Mobil Cina yang Sering Jiplak Mobil Eropa Ini Akhirnya Bangkrut, Lika Liku Bisnisnya Menarik

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Rolls Royce Phantom 6.7 L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil