5 Mobil Pick Up Terlaris Pilihan Pengusaha di Indonesia, Ada yang Gak Pernah Ganti Model Tapi Tetap Laku!

Prasetyo · 15 Okt, 2021 20:03

mobil pick up terlaris di Indonesia

Segmen kendaraan komersial jenis pick up kadang cuma dipandang sebelah mata. Desainnya yang cenderung biasa saja dengan fitur seadanya memang jelas kalah dibanding kendaraan penumpang (passanger car). Padahal penjualan mobil pick up di Indonesia begitu tinggi. Bahkan volumenya sering kali mengalahkan total penjualan mobil LMPV yang menjadi mobil paling laris di negara ini.

Misalnya beberapa kali kami melaporkan kalau penjualan Suzuki Carry Pick Up yang lebih banyak ketimbang Honda Brio atau bahkan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander sekalipun. Dan di September 2021, GAIKINDO melaporkan bahwa penjualan mobil pick up juga alami kenaikan. Bahkan ada tiga pick up yang masuk 10 besar mobil terlaris di dalam negeri.

Komoditas Naik, Pesanan Pick Up Meningkat

mobilpick up terlaris di Indonesia -1

Pasar kendaraan komersial lagi moncer

Hendrayadi Lastiyoso,  Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menuturkan, permintaan mobil pick up tahun ini alami peningkatan. Hal tersebut akibat adanya peningkatan permintaan di daerah-daerah penghasil komoditas utama seperti kelapa sawit dan batubara.

"Secara Nasional penjualan kendaraan komersial hingga Agustus 2021 mencatat kenaikan permintaan rata-rata 26% per bulannya dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Permintaan ini khususnya datang dari daerah-daerah penghasil komoditas," kata dia.

Menarik untuk menyimak apa saja sih mobil pick up terlaris di Indonesia? Berikut lima diantaranya yang kami ambil dari data wholesales GAIKINDO per September 2021.

Baca juga : Harga Bekas Rp200 Jutaan, Isuzu Panther Pick Up 2020 Masih Layak Dipilih untuk Usaha?

1. Daihatsu Gran Max PU

Daihatsu Gran Max PU 2021

Gran Max PU bulan ini bisa kalahkan Carry Pick Up

Mobil komersial andalan Daihatsu ini tercatat sudah 5.078 unit yang terdistribusi ke dealer di seluruh Indonesia di September 2021. Angka ini naik signifikan dibanding pencapaian bulan sebelumnya yang tercatat hanya 2.296 unit.

Penjualan Daihatsu Gran Max pick up bahkan sanggup menggeser posisi Suzuki Carry Pick Up yang selalu jadi mobil pick up terlaris di Indonesia.

2. Suzuki New Carry Pick Up

Suzuki New Carry Pick Up 2021

Masih rajanya pick up di Indonesia

Kerap menjadi jawaranya pick up di Tanah Air, ternyata pada September 2021, Carry harus rela turun satu peringkat. Penjualannya cuma 4.950 unit berbeda jauh dari pencapaian di bulan sebelumnya yang menyentuh 5.315 unit.

Namun secara total periode Januari-September tahun ini, Suzuki New Carry Pick Up sudah terjual 37.904 unit. Jauh meninggalkan penjualan Gran Max PU yang baru sentuh 29.843 unit untuk periode yang sama.

3. Mitsubishi L300

Mitsubishi L300 2021

L300 terus diminati meski tak pernah berganti model

Tidak pernah berganti generasi selama satu dekade, namun ternyata Mitsubishi L300 tetap dipilih para pengusaha di Indonesia. Kekuatan mesin dieselnya serta kemudahan dalam perwatan, adalah beberapa alasan yang membuat L300 masih menjadi andalan Mitsubishi di segmen pick up.

Dan bulan lalu, penjualan Mitsubishi L300 sebanyak 2.672 unit. Angka ini memang kalah telak dari Gran Max dan Carry pick up, tapi Mitsubishi mencatat kenaikan pernjualan L300 tiap bulannya. Karena di Juli 2021 L300 terjual 1.882 unit, kemudian pada Agustus 2021 mobil ini terjual 2.560 unit.

Baca juga : Selain Mitsubishi L300, Ini Deretan Pick Up Bekas Rp50 Jutaan yang Bisa Kalian Miliki

4. Isuzu Traga

Isuzu Traga 2021

Penjualan Traga juga naik terus

Mobil pick up terlaris di Indonesia berikutnya datang dari merek Isuzu. Pabrikan yang terkenal akan mesin dieselnya ini mampu menjualan Traga sebanayk 1.325 unit di September 2021 lalu. Angka ini kalau diperhatikan naik pesat dibanding penjualan dua bulan sebelumnya yang tercatat 800 unit (Juli) dan 947 unit (Agustus).

5. Toyota Hilux Single Cab

Toyota Hilux Single Cab 2021

Hilux single cab pun memiliki banyak peminat

Penjualan Toyota Hilux pick up kabin tunggal (single cab) ternyata juga cukup baik sepanjang bulan lalu. Mobil ini sanggup terdistribusikan 200 unit atau naik dibanding Agustus 2021 yang hanya tercatat 129 unit.

Baca juga : Pertarungan Single Cab 4x4 Toyota Hilux Vs Isuzu D-Max, Mana yang Paling Bisa Diandalkan?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Gran Max PU 1.3 STD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru