window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja? (Part 1)

Yongki Sanjaya · 15 Nov, 2022 16:30

5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja? (Part 1) 01

Pihak Toyota dalam hal ini PT Toyota Astra Motor akhirnya memberi isyarat untuk peluncuran Kijang Innova Zenix melalui undangan media yang tertanggal pada Senin 21 November mendatang. Dalam teaser undangannya kepada pihak media, terlihat kalau MPV dengan teknologi hybrid ini nantinya mendapat fitur sunroof.

Karena harga Kijang Innova Zenix disinyalir cukup mahal, kami pun mencarikan alternatif MPV mewah baik baru atau bekas di bawah Rp500 juta yang juga memiliki fitur tersebut.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Voxy 2022 Lebih Mahal Rp40 Jutaan dari Nissan Serena, Apakah Lebih Pantas Dipilih?

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Wuling Cortez, Fitur MPV 'Premium' Harga Low MPV

Toyota Kijang Innova Zenix Dipastikan Punya Fitur Panoramic Sunroof

Pada teaser ini yang paling ditonjolkan adalah keberadaan panoramic sunroof yang tampak berukuran cukup besar. Ini bakal menjadi selling point utama sepanjang sejarah Kijang karena akhirnya mendapat fitur sunroof. Tidak tanggung-tanggung, sunroof yang terpasang dalam mobil ini berjenis panoramic.  Keberadaan fitur baru ini pula membuat AC double blower yang sebelumnya berada di tengah-tengah plafon, kini diletakkan di sisi samping.

5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja? (Part 1) 01

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang bisa meningkatkan kesan mewah pada sebuah mobil. Bisa dibilang, Toyota Kijang ini agak terlambat untuk mendapat fitur kaca jendela di bagian atap tersebut. 

Pasalnya, untuk MPV medium merek lain semisal Wuling Cortez atau bahkan Kia Carens sudah memilikinya sebagai fitur standar. Bahkan dengan platform baru tersebut, kabarnya Kijang Innova Zenix juga bertransformasi menjadi MPV dengan penggerak roda depan. 

Menurut bocoran, harga Toyota Kijang Innova Zenix nantinya bakal di atas Rp500 juta. Dengan budget segitu sebenarnya kita bisa memilih begitu banyak alternatif model lain yang tak kalah mewah, entah itu unit bekas atau baru. 

Apa saja opsi mobil lain yang bisa kita pertimbangkan selain Toyota Kijang Innova Zenix? Berikut ini ulasannya.

1. Toyota Voxy 2020 Bekas, MPV Selain Innova Zenix Dengan Aksen Mewah

5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja? (Part 1) 02

Dengan budget di bawah Rp500 juta, kalian bisa mengincar Toyota Voxy bekas keluaran 2020 ketimbang beli Kijang Innova Zenix. Toyota Voxy resmi dijual oleh PT Toyota Astra Motor sejak 2017. Saat itu Voxy meluncur sebagai pengganti Nav1 yang kurang sukses di pasaran. MPV ini juga jadi pesaing serius Nissan Serena, kemudian juga Mazda Biante, hingga Mitsubishi Delica.

MPV ini punya kesan premium yang kuat, dan bahkan oleh pihak Toyota sempat dijuluki sebagai Baby Alphard. Voxy memiliki dimensi panjang 4,71 m, lebar 1,735 m, dan tinggi 1,835 m, dengan arak sumbu roda 2,85 m, serta ground clearance 16,5 cm. Interiornya berkonfigurasi tiga baris kursi yang bisa menampung hingga 7 orang penumpang, dimana baris kedua juga bisa menggunakan captain seat. 

Desain yang boxy pada Toyota Voxy memberi keuntungan pada ruang kaki dan kepala di dalam cukup lega dengan kapasitas bagasi yang mumpuni. Tak cuma memiliki fitur double moonroof dan captain seat, Toyota Voxy juga dibekali dengan  layar infotainment 10 inci, pengisi daya nirkabel, kamera parkir belakang, serta delapan speaker. Fitur lainnya dynamic rear parking camera, vehicle stability control, hill start assist, dan 7 airbag.

Voxy menggunakan mesin 3ZR-FAE 4-silinder 16 katup DOHC, yang menghasilkan 152 PS atau setara 150 tk dan torsi puncak 194 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

2. Honda Odyssey 2018 Bekas, Opsi Bekas Dengan Kelas Setara Alphard

5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja? (Part 1) 03

Untuk kisaran harga yang serupa di range Rp500 juta, ada Honda Odyssey bekas 2019 yang kastanya lebih mewah. PT Honda Prospect Motor meluncurkan model Honda Odyssey tersebut pada 1 Maret 2018. Mobil ini dibangun dari Ultra Low Floor Platform memberikan kemudahan akses keluar masuk kabin, yang ditunjang Power Sliding Door untuk menegaskan kesan premium. 

MPV ini tampil makin elegan dengan desain baru pada bumper depan, gril depan, dan pelek berukuran 17 inci. Pencahayaannya telah didukung  LED Projector Headlight yang dilengkapi LED Day Time Running Light untuk penerangan yang maksimal.

Kenyamanan juga ditawarkan oleh New Honda Odyssey. Dalam kabinnya dilengkapi Premium Cradle Seat + Ottoman yang pertama di dunia dan 2nd Row Slide terpanjang di kelasnya di Indonesia. Sementara baris ketiga dapat dilipat dengan mudah berkat fitur 3-Steps Reclining Magical Storage untuk menambah ruang penyimpanan.

5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja? (Part 1) 04

Honda CR-V dibekali mesin 2,4 liter i-VTEC dan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, yang menghasilkan menghasilkan tenaga maksimal 175 PS/6.200 rpm dan torsi maksimum 225 Nm/4.000 rpm, serta emisi bersih yang sesuai standar EURO 4.

Rival dari Toyota Alphard ini juga telah memiliki beragam fitur keselamatan canggih.  Honda Odyssey serta dilengkapi 6 Airbag pada sisi depan dan samping. MPV ini juga dilengkapi sistem pengereman ABS + EBD + BA, Brake Override System, Motion Adaptive EPS & VSA, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS) dan Active Cornering Lights.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil