window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara

Prasetyo · 1 Jan, 2023 10:01

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 01

Penyakit ringan seperti pusing atau perut mulas sering disepelekan oleh sebagain orang. Anggapannya penyakit tersebut muncul akibat kurang tidur, atau belum makan.

Padahal jangan pernah sepelekan penyakit ringan ini. Karena bisa jadi itu adalah gejawa awal munculnya penyakit yang lebih serius. Dan penyakit yang sering dianggap ringan ini juga berbahaya loh ketika Anda berkendara, khususnya bagi pengemudi mobil.

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 02

Jangan sampai konsentrasi mengemudi terganggu

Karena ketika merasakan gejala-gejalan penyakit tersebut, maka bisa mengganggu konsentrasi mengemudi. Pada akhirnya ada risiko kecelakaan di jalan raya akibat penyakit ringan tersebut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah berikut ini tips dari Auto2000 mengenai penyakit ringan yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara.

Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Konsentrasi Saat Mengemudi, Biar Gak Gampang Ngantuk!

1. Perut Mulas atau Nyeri

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 01

Sebaiknya jangan berkendara ketika dirasa nyeri perut

Penyakit ringan di bagian perut seperti melilit, perih atau nyeri, sebaiknya jangan dianggap remeh. Lakukan periksakan dan sebaiknya disembuhkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berangkat berkendara. Dan bila kondisi perut nyeri baru dirasakan ketika dalam perjalanan, jangan ragu untuk segera menepi.

2. Sakit Kepala

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 02

Sakit kepala bisa ganggu konsentrasi berkendara

Jangan sepelekan sakit kepala, karena meskipun dianggap ringan, tapi berpotensi menjadi lebih parah. Apalagi ketika pengemudi kelelahan saat mengemudikan kendaraan. Ini bisa menjadi pemicu kecelakaan lantaran konsentrasi berkendara terganggu. Segera hentikan mobil dan minum obat sakit kepala, serta beristirahat sejenak secukupnya.

3. Kram Otot dan Nyeri Sendi

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 03

Sebaiknya berhenti sejenak untuk meredakan otot yang nyeri

Kram otot bisa berlangsung selama beberapa detik hingga menit. Sering kali kondisi ini terjadi pada bagian kaki atau pinggang. Sementara nyeri sendi bisa terjadi di pergelangan tangan. Diantara sebabnya adalah posisi mengemudi yang kurang ergonomis sehingga menyebabkan cidera atau aktivitas fisik yang tinggi saat itu. 

Segera menepi, hentikan aktivitas mengemudi, dan stretching untuk melemaskan otot. Jika belum kunjung reda, berikan pijatan halus pada bagian otot yang kram, dan berikan obat oles penghilang rasa nyeri. Jangan minum obat untuk mengatasi rasanyeri, karena biasanya akan menyebabkan kantuk.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Konsentrasi Mengemudi Meski Perjalanan Jauh

4. Iritasi Mata

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 04

Mata iritasi, pandangan jadi terganggu

Meskipun di dalam mobil, bukan berarti Anda terhindar dari terpaan debu dan angin. Tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan obat tetes mata di mobil sebagai pertolongan pertama setelah menepikan mobil. Kalau belum tersedia, manfaatkan air bersih untuk membasuh mata dan melunturkan debu.

5. Flu

5 Penyakit Ringan Ini Sering Disepelekan, Padahal Ganggu Konsentrasi Berkendara 05

Ketika nyetir dan bersin-bersin pasti merepotkan

Penyakit flu dipicu oleh virus dan mudah menular di ruang tertutup seperti kabin mobil. Penyakit ini juga merepotkan dan mengganggu saat harus bersin padahal sedang mengemudi mobil. Langkah terbaik adalah menepi dan beristirahat sejenak untuk meredakan gejalanya.

Baca juga: 8 Hal Supaya Lancar Belajar Mengemudi Mobil, Jangan Anggap Remeh Walau Terlihat Mudah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil