window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke?

Yongki Sanjaya · 31 Jan, 2023 16:00

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 01

Astra International sebagai perusahaan raksasa cukup sering merilis produk 'kembar' untuk brand Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Salah satu produk ekonomis yang diciptakn secara kembar ialah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Meskipun sama-sama diproduksi oleh Daihatsu, jelas ada beberapa perbedaan spesifikasi di Toyota Agya.

Mundur ke belakang, Toyota dan Daihatsu terakhir merilis facelift Ayla-Agya pada Maret 2020. Setelah tiga tahun, atau nyaris 10n tahun sejak pertama kali meluncur pada 2013 lalu, si kembar ini akan mengalami major facelift di tahun ini. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017?

Dimensi Tubuh Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Bakal Lebih Besar

Tiru Brio RS, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Bakal Punya Varian Non LCGC?

Melihat segmentasinya, Toyota Agya dibuat untuk mengincar kenyamanan bagi konsumen yang ekonominya lebih mapan. Sementara Daihatsu Ayla lebih menargetkan konsumen yang mencari mobil dengan harga murah. 

Sebagai perbandingan harga di tipe tertinggi, Toyota Agya tipe GR Sport AT dijual seharga Rp181.500.000. Sementara itu, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT dijual seharga Rp175.300.000. Selisihnya cuma sekitar Rp6 jutaan, lantas sejauh apa perbedaan fitur dari kedua model ini?

Supaya tidak keliru, mari kita bandingkan kelengkapan spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023.

1. Fitur Kenyamanan di Ayla-Agya Saling Berimbang

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 01

Untuk kelengkapan standar, baik Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya 2023 dibekali  AC digital, dan tombol engine start/stop. Agya juga telah mendukung paket New Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti radio AM / FM, CD player, dan pengatur suara. 

Sementara itu dari sisi multimedia karena sudah dibekali head unit dengan layar touch screen yang didukung fitur Audio Steering Switch. Bicara soal kelengkapan fitur, Ayla perlu mengakui keunggulan Agya pada head unitnya telah diintegrasikan kamera parkir. Fitur ini hadir mulai di varian 1.2R, yang membuat pengendara bisa memarkirkan mobil dengan lebih aman dan nyaman.

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 02

Lebih lanjut, Toyota Agya unggul pada fitur lain seperti memiliki fitur headrest dan isofix. Ayla facelift belum memiliki head rest tengah untuk penumpang belakang. Adapun head rest di Agya sudah lengkap ada lima titik di masing-masing bangku.

 

2. Fitur Keamanan dan Keselamatan di Toyota Agya Sedikit Lebih Lengkap

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 03

Kedua mobil setara dengan menyematkan fitur keselamatan yang proporsional di kelas mobil hatchback. Baik Ayla maupun Agya telah memiliki fitur dual airbag dan side impact beam yang bermanfaat menjaga keselamatan saat tabrakan. Selain itu, ada juga fitur ABS dan stabilizer yang menjaga mobil tetap aman saat pengereman.

Selain itu, Toyota juga sudah menyematkan fitur Start & Stop Button, walau cuma ada di Agya varian tertinggi atau GR Sport. Tidak perlu lagi colok kunci, cukup tekan tombol untuk menghidupkan atau mematikan mesin.  Sementara Ayla masih pakai kunci konvensional yang sudah terintegrasi alarm dan immobilizer untuk keamanan.

3. Tipe Terbawah Daihatsu Ayla Pakai Mesin 1.000 Cc

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 04

Bicara varian mesin, Baik Daihatsu Ayla ataupun Toyota Agya 2023 menggunakan jenis mesin yang sama. Hanya saja pada Daihatsu Ayla yang harganya lebih terjangkau menawarkan opsi mesin yang lebih kecil di tipe terbawah. Sebagai informasi, Toyota kini tak lagi menyediakan opsi mesin 1.000 cc untuk tipe terbawah di Agya.

Untuk mesin 1.200 cc, di Ayla-Agya berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-i. Tenaga yang dihasilkan sebesar 88 ps/6.000 rpm dengan torsi 108 Nm @4.200 rpm. Transmisi yang tersedia yaitu otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. 

Khusus untuk Daihatsu Ayla tipe terbawah didukung mesin tiga silinder 1.000 cc yang memiliki tenaga hingga 67 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi mencapai 89 Nm @4.400 rpm. Tingkat percepatannya diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

4. Beda Desain di Grill dan Velg

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 05

Perbedaan lain yang perlu kamu ketahui yaitu pada desainnya. Meskipun dijuluki kembar namun desain dua model ini jelas ada beberapa perbedaan sesuai dengan gaya bahasa dari masing-masing pabrikan. Sama-sama bergaya trapezoidal, untuk Daihatsu Ayla bentuk trapesiumnya terbalik, semakin ke bawah desainnya seolah semakin menyempit.

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 06

Sementara Agya pakai gaya trapesium yang semakin ke bawah, semakin besar seperti huruf A. Aksen corak velg juga ada perbedaan, dimana Daihatsu Ayla tersedia pilihan velg alloy berwarna hitam sepenuhnya. 

5. Toyota Agya GR Sport 2023 Dipercantik Garnish dan Body Kit Sporty

5 Perbedaan Spesifikasi di Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023, Harga Mahal Apakah Lebih Oke? 07

Kalau kita perhatikan di masing-masing tipe tertinggi, maka tiap model punya karakteristik tersendiri. Untuk Daihatsu Ayla cenderung elegan dan mature tanpa banyak kombinasi warna yang kontras dengan body kit minimalis. 

Sementara itu untuk Toyota Agya tipe GR Sport punya penampilan yang sporty dengan aksen body kit yang tegas. Selanjutnya, di beberapa bagian mobil memakai kombinasi corak warna hitam-silver-merah. 

Aksen tersebut terdapat di panel instrumen pengemudi seperti speedometer, menggunakan perpaduan warna hitam, silver dan juga ornamen aksen berwarna merah. Pada sisi luar, aksen hitam digunakan untuk bagian spoiler belakang. Agya dipercantik dengan body kit meliputi  front bumper spoiler, rear roof spoiler, rear bumper spoiler, dan logo GR di pintu bagasi. 

Kesimpulan

Melihat perbedaan d atas, bisa dilihat kalau Daihatsu Ayla hanya kalah tipis soal kelengkapan fitur dibandingkan Toyota Agya. Secara varian mesin malah Ayla lebih beragam karena ada opsi 1.000 cc untuk tipe terbawah. 

Pada Bagi kalian yang bukan sekedar cari merek maka Ayla lebih value for money untuk tipe tertinggi. Namun bila suka dengan gaya sporty dengan body kit yang agresif maka Toyota Agya tipe GR Sport.


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil