window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?

Adit · 12 Agu, 2021 14:30

Toyota Rush GR Sport yang resmi meluncur belum lama ini menggantikan varian Rush TRD Sportivo. Mobil baru itu rupanya tak sekadar membawa sejumlah ubahan sektor eksterior. Dibanding Toyota Rush TRD Sportivo, varian terbaru itu juga dijejali beberapa fitur baru makanya harga Toyota Rush GR Sport naik sekitar Rp 5 jutaan. 

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 01

Perbedaan Toyota Rush GR Limited dan Rush TRD Sportivo.

Khusus tipe bertransmisi manual Rp 5,1 juta sementara yang matik naik Rp 5,4 juta. Harga Toyota Rush GR Sport manual Rp 256,6 juta dan matik Rp 266,2 juta. Banderol tersebut sudah termasuk diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). 

Bagi yang tertarik meminangnya, tapi belum mengetahui secara rinci perbedaan antara versi lama dan baru, berikut ini ulasannya. 

1. Kosmetika Bumper Depan Berbeda

Sekilas bila melihat keduanya seperti tampak tak ada perbedaan. Namun jika diteliti lagi, maka terkuak detail diferensiasinya. Dari depan walaupun desain bumper-nya sama, desainer Toyota mengubah fisiknya biar terlihat beda. Contohnya dari housing lampu kabut, yang dulunya serba hitam kini ditambahkan garis horizontal yang mengikuti warna bodi mobil. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 01

Tampak depan Toyota Rush GR Limited dan Rush TRD Sportivo.

Kemudian desain underguard yang sebelumnya berwarna silver cerah, kini kelirnya lebih gelap dan tanpa tambahan garis merah. Makanya boleh dibilang Toyota Rush GR Sport, gabungan karakter sporty dan elegannya lebih terpancar daripada versi TRD Sportivo. 

Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan

2. Dari Samping Ada Sentuhan yang Juga Beda

Lanjut ke samping lagi-lagi varian GR Sport ini membuat Rush jadi lebih proporsional. Sebab side body moulding yang sebelumnya berada hampir ke tengah pintu samping, kini letaknya makin ke bawah. Bentuknya beda dari TRD Sportivo, kemudian dibubuhi emblem GR sebagai penanda. 

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 02

Tampak samping Toyota Rush GR Limited dan Rush TRD Sportivo.

Bentuk side skirt masih serupa sebelumnya. Pun dengan desain velg tetap palang lima 17 inci yang diselimuti ban dengan profil 215/60. 

Baca juga: 5 Varian Toyota GR Sport Sudah Resmi Meluncur, Ini Model dan Harga Lengkapnya

3. Tampilan Belakang Toyota Rush GR Sport Berubah Sedikit

Ya hanya sedikit, paling kentara ubahannya cuma di desain underguard. Seperti bagian depan tak ada lagi tarikan garis merah khas TRD Sportivo. Sebagai gantinya pada bagian tengah dibubuhi warna yang lebih gelap menyesuaikan tampangnya. 

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 03

Tampak belakang Toyota Rush GR Limited dan Rush TRD Sportivo.

Urusan kelengkapan masih sama. Lampu belakang LED, bumper dengan reflektor, wiper, defogger, spoiler pakai high mount stop lamp, serta sebagai identitas baru disematkan juga emblem GR pada sisi kanan pintu bagasi.

4. Toyota Rush GR Sport Punya Fitur Penghemat Bensin

Lanjut ke dalam mobil semua masih tampak sama. Tapi ada yang berbeda di tombol cluster tombol di dashboard sisi pengemudi. Rupanya pada bagian kiri start/stop button di samping tombol untuk menonaktifkan Vehicle Stability Control (VSC), ada tombol baru yang simbolnya berupa huruf A yang dilingkari dan di bawahnya disertai OFF.  

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 04

Fitur penghemat bensin di Toyota Rush GR Sport.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyebutnya sebagai automatic idling stop system. "Fitur idling stop ini dibutuhkan untuk lebih ramah lingkungan dan fuel economy. Fitur ini tidak dijual terpisah," katanya. 

5. Head Unit Baru Tanpa Pemutar CD

Bagi pengemudi yang suka dengar musik lewat CD, sayangnya tidak akan bisa lagi menerapkan hal tersebut di Toyota Rush GR Sport. Sebab pabrikan telah mengganti head unit layar sentuhnya tanpa pemutar CD, alias semuanya sudah panel layar sentuh.

Dari informasi tenaga penjual Toyota, head unit anyar itu bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay atau Android Auto. Ada juga tambahan fitur pelipat spion, yang digembar-gemborkan Toyota sebagai barang baru, namun dari versi sebelumnya sebenarnya sudah ada. Yang jadi pembeda hanyalah spion bisa menutup saat pintu dikunci, kemudian sebaliknya saat dibuka spion akan terbuka. 

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 05

Head unit baru Toyota Rush GR Sport.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil