window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 SUV di Bawah Rp100 Juta Buat Mudik Lebaran, Mulai dari Isuzu Panther Touring Sampai Suzuki XL-7

Enda · 13 Apr, 2022 17:30

5 SUV di bawah Rp100 juta

Menjelang lebaran seperti ini tak sedikit masyarakat Indonesia memburu mobil seken dengan harga terjangkau yang akan digunakan untuk mudik sekaligus silahturahmi kekerabat terdekat. Selain MPV, model yang banyak diburu adalah SUV.

Alasan konsumen memilih mobil SUV untuk mudik ternyata cukup sederhana. Karena mobil jenis ini memiliki ground clearence tinggi, kabin lega, sekaligus dapat diandalkan ketika melewati jalan berkontur seperti di pedesaan.

Bicara SUV seken yang reliable untuk mudik lebaran, pilihannya bukan hanya Isuzu Panther Touring. Di luar sana banyak model lainnya yang tak kalah tangguh dan keren untuk dimiliki. Ingin tahu apa saja SUV tangguh dan terjangkau yang cocok digunakan untuk mudik? Berikut pilihannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 5 Mobil Bekas Untuk Mudik Lebaran di Bawah Rp100 Juta, Nggak Cuma Dapat Toyota Avanza

1. Isuzu Panther Touring, Gagah, Tangguh dan Hemat Bahan Bakar

5 SUV di bawah Rp100 juta

Isuzu Panther Touring 2001

Sebagai crossover keluarga, pada dasarnya Isuzu Panther Touring dibangun menggunakan basic dari Panther kapsul dengan segala improvement agar terkesan semakin tangguh dan bisa diandalkan. Bicara harga bekasnya, mobil ini kini dibandrol mulai dari Rp100 juta untuk lansiran 2001.

Secara konfigurasi, Panther Touring sendiri dapat menampung hingga tujuh bahkan delapan orang sekaligus dengan posisi jok menghadap ke depan secara keseluruhan. Untuk memberikan rasa nyaman selama berkendara, antara baris kedua dan ketiganya telah tersematkan double blower yang berfungsi untuk mendinginkan ruang kabin secara merata.

Dibekali mesin diesel turbo berkodekan 4JA1-L 2.499 cc 4 Silinder OHV Direct Injection dengan tingkat durabilitas tinggi, secara data Isuzu Panther Touring mampu memeras tenaga hingga 80 PS @3.900 rpm serta torsi maksimal mencapai 170 Nm @2.300 rpm, yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk membuatnya dapat berjalan, tenaga yang dihasilkan kemudian didistribusikan ke penggerak roda belakang (RWD) yang terbukti sangat cocok digunakan di jalan berkontur.

Sebagai informasi tambahan, konsumsi BBM Panther Touring sendiri dalam kotanya mampu menempuh jarak 12-14 km/liter. Sedangkan luar kota sanggup menorehkan angka hingga 16 km/liter.

2. Chevrolet Tavera, SUV yang Lebih Nyaman dari Isuzu Panther Touring

5 SUV di bawah Rp100 juta

Chevrolet Tavera 2003

Pilihan selanjutnya SUV yang cocok digunakan untuk mudik lebaran adalah Chevrolet Tavera. Mobil ini sebenarnya rebadge dari Isuzu Panther Touring. Jadi jangan heran apabila bentuk fisik, fitur, serta gaya berkendaranya terasa sama.

Tavera sendiri dihadirkan untuk mengisi adanya kekosongan segmen SUV 7-seater bermesin bensin saat itu, dengan melakukan kerjasama bersama Isuzu untuk menghindari proses Research dan Development (R&D) yang terbilang mahal.

Bedanya dengan Panther Touring yang menggunakan mesin diesel, Chevrolet Tavera ini disematkan mesin bensin kepunyaan Blazer Montera. Di atas kertas, jantung pacu 2.2 Liter GM Family II C22NE 4 Silinder Segaris SOHC berteknologi Multi Port Fuel Injection, mampu memeras tenaga 116 PS @5.000 rpm dengan torsi maksimal 180 Nm @3.600 rpm. Sebelum tenaga yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda belakang, maka putaran mesin tersebut diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kelebihan lain dari mobil Chevrolet Tavera ini terletak pada performa atasnya. Dimana pada putaran tinggi terasa lebih ‘ngejambak’ ketika melewati 2.500 rpm hingga 4.000 rpm. Untuk harga bekasnya, produksi tahun 2003 mobil ini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan.

Baca juga: Selain Hyundai Getz, Ini Deretan Mobil Hatchback Rp50 Jutaan Tahun 2000-an ke Atas yang Bisa Kalian Pilih

3. Daihatsu Terios Konde

5 SUV di bawah Rp100 juta

Daihatsu Terios 2007

Daihatsu Terios generasi pertama atau yang biasa disebut Terios Konde harga sekenya kini ditawarkan Rp80 jutaan untuk tahun produksi 2007 dan 2008. Kondisi bekasnya, suksesor Daihatsu Taruna tersebut hingga kini masih terus diminati berkat ketangguhan, kapasitas daya angkut, mudah dalam perawatan, serta hemat bahan bakar.

Didesain untuk dapat mengangkut tujuh penumpang, serta dengan mudah melewati jalan berbukit berkat sistem penggerak roda belakang yang dianutnya, SUV berlogokan D ini sudah dibekali lampu utama berprojector, AC dengan double blower yang dapat memberikan udara segar hingga baris paling belakangnya untuk tipe teratasnya.

Pada sistem infotaimentnya, varian TX sendiri berhasil disematkan head unit layar sentuh 6 speaker 2DIN CD yang mana memiliki format fitur GPS. Tentunya hal ini menjadi nilai lebih bagi mobil ini. Dengan adanya fitur GPS yang ditampilkan melalui sistem infotaimentnya ini, pengguna akan merasa lebih terbantu ketika sedang menetukan lokasi tujuan.

Untuk fitur keselamatannya sendiri, TX juga sudah mendapatkan sistem pengereman ABS yang dapat mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba.

Bicara jantung pacu, Daihatsu Terios generasi pertama disematkan mesin 1.500 cc berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-I Electronic Fuel Injection 4 silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm. Sebagai opsi, mobil ini ditawarkan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis konvensional 4-percepatan.

Menyoal konsumsi BBM-nya, sebagai SUV 7-seater mobil ini bisa dibilang cukup efisien. Seperti yang diketahui penggunaan dalam kotanya mampu meraih jarak 11 km/liter. Berbeda ketika melakukan perjalanan ke luar kota yang notabene sering dipacu dalam kecepatan konstan, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14 km/liter.

4. Toyota Rush Generasi Pertama

5 SUV di bawah Rp100 juta

Toyota Rush 2008

Jika kalian mengingkan sebuah SUV 7-seater untuk mudik dengan fitur yang lebih lengkap dari Daihatsu Terios, Toyota Rush generasi pertama adalah jawabannya. Ditawarkan Rp90 jutaan untuk lansiran 2008 dan 2009, pada dasarnya Rush memiliki kesamaan dari segi bentuk, mesin, serta gaya berkendara.

Di bagian dalam, Toyota Rush juga berhasil disematkan AC double blower, head unit 2-Din yang mendukung format CD, DVD, MP3, AUX, serta support USB. Sedikit berbeda dengan saudara kembarnya, untuk fitur keselamatannya Rush S tak hanya dibekali sistem pengereman ABS guna mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba, tapi juga disematkan dual SRS airbags di bagian depan.

5. Suzuki XL-7 SUV

5 SUV di bawah Rp100 juta

Suzuki XL-7 2003

Suzuki XL-7 merupakan salah satu model SUV yang sangat cocok digunakan untuk mudik. Diperkenalkan pertama kali pada pertengahan 2003, mobil ini bukan cuma tangguh di jalanan berbukit berkat ground clearancenya yang tinggi tapi juga terasa nyaman.

Dibalut menggunakan bahan kulit premium dan empuk pada joknya, secara kapasitas mobil ini mampu dimuati hingga tujuh penumpang sekaligus dengan menawarkan ruang kabin yang luas.

Untuk memberikan kenyamanan lebih terhadap penumpang selama melakukan perjalanan mudik, didalamnya mobil ini sudah dilengkapi AC double blower yang dapat memberikan udara sejuk hingga baris paling belakang. Dari segi keselamatannya, mobil ini telah menganut sistem pengereman ABS serta dual airbags di area kokpit.

Bicara performa, Suzuki XL-7 dibekali mesin 2.5L 6 silinder V6 DOHC yang dapat meletupkan tenaga 158 PS @6.500 rpm serta torsi 213 Nm @3.500 rpm. Untuk transmisinya sendiri menggunakan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda belakang.

Bermodal mesin V engine, mobil ini memiliki tenaga yang responsif sehingga sangat cocok digunakan untuk mudik saat melewati jalan berbukit. Mengetahui harga bekasnya, kini Suzuki XL-7 dibandrol Rp60 jutaan.

Baca juga: Beli Mobil BMW Bekas Harga Rp50 Jutaan, Dapat Apa Aja?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil