6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi

Prasetyo · 1 Mar, 2022 11:30

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 01

  • Suzuki Baleno 2022 dibekali banyak fitur kekinian.
  • Suzuki Baleno terbaru ini juga akan masuk Indonesia.
  • Siap bersaing dengan Honda City Hatchback RS dan Toyota Yaris.

Suzuki Baleno 2022 sudah resmi mendebut di India. Selain tampilannya yang cukup banyak ubahan, soal fitur di hatchback berdarah Jepang ini juga meningkat pesat. Jujur saja kami pun merasa cukup kaget dengan apa yang ditawarkan Maruti Suzuki.

Pasalnya, pabrikan Negeri Bollywood tersebut begitu memperhatikan aspek kelengkapan fitur. Baik fitur keselamatan, keamanan, hingga piranti hiburan seluruh penumpang. Jadi rasanya Suzuki Baleno hatchback terbaru makin kuat menantang kompetitornya sesama Jepang seperti Toyota Yaris atau Honda City Hatchback.

Penasaran seperti apa perubahan fitur antara Suzuki Baleno lama dengan yang baru? Mari kita ulas lebih detil. Siapa tahu semua fitur ini tak ada yang berubah ketika Baleno 2022 diboyong PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ke Tanah Air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sudah Ada 6 Airbags Hampir di Semua Varian

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 01

6 airbags sementara model sebelumnya hanya dual airbags

Perbedaan pertama yang dapat Anda temui dari fitur Suzuki Baleno 2022 adalah ketersediaan kantung udara keselamatan alias airbag. Untuk varian tertinggi dan menengahnya, kini sudah dilengkapi 6 airbags. Sementara tipe terendah juga punya Dual SRS Airbags. Padahal di model terdahulunya untuk unit yang dipasarkan di Indonesia cuma disediakan 2 airbags.

Baca juga : Suzuki Baleno 2022 Resmi Dirilis, Fitur Makin Lengkap Harga Mulai Rp120 Jutaan

ABS+EBD, BA, ESP, dan Hill Hold Control

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 02

Interior Suzuki Baleno 2022

Selain airbags yang lebih banyak sampai ketersediaan side and curtain airbags, sistem pengereman Baleno terbaru juga lebih lengkap teknologinya. Jika pada Baleno yang ada saat ini cuma disediakan ABS (Antilock Braking System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), maka di model terbaru ditambah juga dengan Brake Assist, Hill Hold Control. Fitur terakhir ini akan menjaga mobil tidak merosot ketika hendak start dari posisi jalan tanjakan.

Pakai Head Up Display ala Mobil Eropa

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 03

Fitur head up display

Fitur baru lainnya di Suzuki Baleno facelift terbaru adalah keberadaan head up display. Ini merupakan perangkat menyerupai mika bening yang diposisikan di atas dasbor tepatnya pada sisi pengemudi. Dengan komponen ini, maka indikator yang awalnya ada pada panel speedometer, muncul juga di head up display. Adapun hatchback di Indonesia yang sudah pakai head up display antara lain Mazda 2 dan Mercedes-Benz A Class.

Pakai Kamera 360 Derajat

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 04

Ada kamera mundur dan kamera 360

Fitur selanjutnya yang juga sudah ada pada Baleno 2022 adalah keberadaan kamera 360 derajat. Sehingga total ada empat kamera yang diletakkan pada mobil ini. Pertama di bagain depan yang posisinya ada di gril, kemudian dua kamera di masing-masing spion, dan satu pada bagian belakang mobil. Alhasil visualisasi ke arah depan, samping serta belakang semakin jelas manakala Anda parkir atau hendak melewati jalan dengan ruang terbatas.

Baca juga : Suzuki Baleno 2022 di Afrika Selatan Bakal Pakai Mesin 1.500 cc, Indonesia Segera Menyusul?

Ada Cruise Control Juga

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 05

Tombol audio dan cruise control di setir

Siapa sangka, Baleno terbaru juga kini sudah disiapkan dengan fitur cruise control. Tentunya fitur ini hanya tersedia untuk varian yang bertransmisi otomatis CVT. Dengan cruise control, pengemudi bisa beristirahat sejenak dalam menginjak pedal gas, sementara mobil tetap melaju dengan kecepatan konstan sesuai yang telah ditentukan sebelumnya.

Headunit Makin Besar Fiturnya Lebih Lengkap

6 Fitur Baru Suzuki Baleno 2022 yang Sebelumnya Tidak Ada, Bisa Bikin Honda City Hatchback Tak Menarik Lagi 06

Ada fitur Hi Suzuki

Terakhir Anda akan menemukan keberadaan head unit 9 inci di bagian tengah dasbor Baleno terbaru. Perangkat tersebut juga bisa terkoneksi dengan ponsel menggunakan Android Auto & Apple Carplay, serta dipadukan sistem tata suara dari Arkamys. Kemudian melalui headunit ini juga terhubung dengan sistem voice command "Hi Suzuki". Semua fitur ini tentunya belum terpasang di Baleno yang sekarang dijual SIS.

Nah, makin keren kan Suzuki Baleno 2022... Rasanya gak sabar untuk menanti kedatangan hatchback berlogo "S"ini. Apalagi kalau harganya bisa lebih murah dibanding Honda City Hatchback yang sudah sentuh Rp300 juta.

Baca juga : Suzuki Baleno 2022 Ancang-ancang Buat Dirilis, Fitur Lebih Lengkap dari Honda City Hatchback

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru