window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

6 Fitur yang Bisa Membuat Mobil Jadi Lebih Irit BBM, Jangan Sampai Gak Terpakai Ya!

Herdi · 6 Jan, 2023 15:01

6 Fitur yang Bisa Membuat Mobil Jadi Lebih Irit BBM, Jangan Sampai Gak Terpakai Ya! 01

Mobil irit BBM (Bahan Bakar Minyak) mungkin saat ini jadi pertimbangan utama selain harga ketika seseorang hendak membeli kendaraan. Alasannya apalagi kalau bukan harga BBM di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia selalu mengalami fluktuasi.

Saat ini mungkina harganya menjadi lebih murah, tapi kita jangan terlena untuk jadi lebih boros ketika berkendara. Karena tentu akan lebih baik jika kita tetap mengemudi dengan menerapkan teknik berkendara yang lebih ekonomis dalam pemakaian bahan bakar.

6 Fitur yang Bisa Membuat Mobil Jadi Lebih Irit BBM, Jangan Sampai Gak Terpakai Ya! 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, tidak ada salahnya ketika mengemudi, Anda memanfaatkan fitur-fitur pada mobil yang mampu mengoptimalkan konsumsi bahan bakar. Pasalnya mobil-mobil saat ini sudah banyak dilengkapi fitur yang menunjang agar agar mobil irit BBM.

Apa saja sih fitur yang bisa membuat mobil Anda jadi lebih irit bahan bakar. Berikut rangkumannya dari Autofun.

Baca juga: Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya

1. Eco Mode

Ilustrasi ECO Mode

Tmbol ECO Mode

ECO Mode adalah fitur yang kini banyak diterapkan pada kendaraan baru. Keberadaaan fitur ECO Mode biasanya berbentuk tombol khusus dekat dengan pengemudi, berupa tulisan ECO, ECON, atau lainnya, yang umumnya berwarna hijau.

ECO Mode ini aktif, karena ada bantuan dari sistem mobil yaitu Electronic Control Unit (ECU), sehingga memberikan penyesuaian sistem kerja mesin mobil tersebut. Dengan mengaktifkan fitur ECO Mode, maka perpindahan gigi dapat diatur oleh komputer di rpm rendah, akselerasi juga dibuat smooth, bahkan suhu AC juga disesuaikan supaya tidak membebani kinerja kompresor. 

Tujuannya cuma satu, yakni membuat efisiensi bahan bakar lebih baik, tanpa mengubah gaya berkendara dari pengemudinya.

2. Eco Indikator

Ilustrasi ECO Indikator

Ilustrasi ECO Indikator

ECO Indicator, fitur ini hanya sekedar asisten pengingat pada mobil agar pengemudi dapat berkendara dengan lebih hemat bahan bakar. Supaya ECO Indicator aktif, perlu dipencet tombol yang biasanya menyatu dengan pengaturan MID pada sisi pengemudi.

Ketika Eco Indicator di posisi On, maka bukan berarti mesin "ditahan" oleh sistem agar lebih irit BBM. Tapi fitur ini bekerja mengandalkan sensor pada pedal gas. Jika pedal gas diinjak secara agresif, lampu indikator yang umumnya berwarna hijau akan mati. 

Namun jika pedal gas injakannya halus, lampu ECO akan terus nyala. Tapi perlu diingat, karena sensornya ada di pedal gas, maka pada saat kaki kanan pindah ke pedal rem, atau mobil posisi berhenti, lampu ECO juga akan mati.

Baca juga: Jangan Cuma Ikutin Tren, Kenali Jenis BBM yang Sesuai Kompresi Mesin

3. Auto Start Stop atau Idling Stop

Ilustrasi logo Auto Start Stop

Logo Auto Start Stop

Auto Start Stop jadi fitur yang dianggap bisa menjadi teknik berkendara untuk membuat mobil irit BBM. Fitur yang juga disebut Idling Stop ini akan aktif jika mobil berhenti sesaat, sehingga secara otomatis mesin juga akan mati. 

Biasanya dengan adanya Auto Start Stop atau Idling Stop pada mobil-mobil keluaran terbaru, maka fitur ini akan aktif saat kondisi macet atau lampu yang dipercaya tetap menyemburkan bahan bakar meski kendaraan diam ditempat. 

Nah, dengan adanya fitur ini, maka saat mobil berhenti, komputer akan memerintahkan ikut mesin mati. Dengan fitur ini pula, konsumsi bahan bakar bisa lebih irit sampai belasan persen.

4. Cruise Control

Ilustrasi Cruise Control

Tombol Cruise Control

Cruise control termasuk fitur ini dianggap mampu membuat efisiensi bahan bakar. Hal tersebut karena fitur Cruise Control dapat membuat laju mobil dipacu dengan kecepatan konstan, sehingga kaki pengemudi tidak harus selalu menginjak dan melepas pedal secara terus menerus. Perlu dicatat, fitur ini akan lebih tepat digunakan saat kondisi jalan lengang seperti di tol. 

Biasanya, fitur ini bisa aktif hanya dengan menekan tombol yang letaknya di sekitar lingkar kemudi. Adapun untuk mengaktifkan Cruise Control biasanya mobil perlu melaju di kecepatan tertentu (40, 60, atau 80 km per jam).

Nah, ketika Cruise Control aktif, maka pengemudi dapat melepas pedal gas, dan mobil akan melaju dengan mempertahankan kecepatan. Hal ini dikarenakan ECU akan mengontrol kecepatan terlebih dibantu juga dengan sensor radar. Perlu dicatat, Cruise Control ini bukan fitur autopilot. Maka dari itu Anda harus tetap siaga dan memperhatikan kondisi jalan.

Baca juga: Apa Iya Cruise Control Bisa Bikin Mobil Lebih Irit BBM? Ini Faktanya

5. Drive By Wire

Ilustrasi simulasi Drive by Wire

Sistem Drive by Wire

Drive By Wire termasuk fitur yang diciptakan pabrikan yang dianggap dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Hal ini disebabkan karena teknologi ini tidak lagi mengaplikasikan komponen-komponen lama seperti kolom setir, pompa power steering, selang, minyak rem, booster, dan master rem.

Semua komponen-komponen lama tersebut telah diganti dengan motor servo yang berfungsi sebagai penggerak dan akan bekerja sesuai dengan instruksi komputer. Sistem komputer akan bekerja dengan memasukkan input data yang diterima oleh sensor yang terhubung ke pedal gas. Dengan begitu, keakuratan pengoperasian sistem dapat berjalan dengan lebih presisi dan mengurangi energi gerak yang terbuang sia-sia.

6. Transmisi CVT

Ilustrasi tuas transmisi

Transmisi otomatis kini menggunakan CVT

Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) salah satu jenis transmisi mobil yang bersifat otomatis dan dianggap dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Transmisi CVT dianggap dapat membuat bahan bakar mobil lebih irit karena mesin tidak perlu melakukan putaran tinggi untuk menerima kekuatan besar. Sehingga hal tersebut meminimalisir gaya gesek serta sejumlah teknologi pada transmisi CVT. 

Bahkan dengan adanya CVT, maka terjadi penurunan RPM saat perpindahan gigi, alhasil semburan bahan bakar pada saat proses pembakaran jadi berkurang. Namun begitu, mobil tetap melaju dengan lebih nyaman karena minim hentakan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil