window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

6 Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Konsentrasi Saat Mengemudi, Biar Gak Gampang Ngantuk!

Herdi · 27 Des, 2022 13:07

6 Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Konsentrasi Saat Mengemudi, Biar Gak Gampang Ngantuk! 01

Ketika hendak bepergian jarak jauh, tidak ada salahnya konsumsi makanan sehat terlebih dahulu. Hanya saja, jangan sampai makanan yang disantap membuat perut terlalu kenyang ya.

Nah, menurut berbagai sumber, ada makanan yang dapat menyebabkan ngantuk saat mengemudi, seperti nasi putih, karena nasi putih memiliki indeks glikemik sangat tinggi. Selain itu, menyantap roti gandung juga bisa menyebabkan ngantuk saat mengemudi karena kandungan glukosa.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Konsentrasi Mengemudi Meski Perjalanan Jauh

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ilustrasi mengemudi

Mengemudi harus tetap berkonsentrasi

Adapun menurut sejumlah sumber, ada beberapa makanan yang bisa menjaga konsentrasi saat mengemudi. Tapi perlu dicatat, jika ingin makan di mobil pastikan ketika kondisi jalan macet, serta tempat pemberhentian aman. Jangan makan sambil mengemudi karena akan sangat berbahaya. 

Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan dan menjaga konsentrasi saat mengemudi. 

1. Kafein

6 Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Konsentrasi Saat Mengemudi, Biar Gak Gampang Ngantuk! 02

Kafein bisa menjaga konsentrasi namun jangan terlalu banyak

Ya, kafein dianggap mampu menjaga konsentrasi seseorang. Kafein yang biasa ditemukan pada kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi. Minuman ini dipercaya dapat mengatasi rasa kantuk. 

Perlu dicatat, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebihan, termasuk dilarang karena jika dilakukan dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan efek berkurangnya cairan dalam tubuh sehingga mudah timbulnya dehidrasi.

Baca juga: 8 Hal Supaya Lancar Belajar Mengemudi Mobil, Jangan Anggap Remeh Walau Terlihat Mudah

2. Pisang

Ilustrasi Pisang

Pisang buah yang sangat bernutrisi

Salah satu buah yang dianggap memiliki kaya nutrisi adalah pisang. Selain itu, buah yang dikenal dengan warna kuning ini juga memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti kalium, serat, hingga vitamin B. Hal ini tentunya, berguna untuk memperlama durasi konsentrasi otak seseorang.

Perlu dicatat, ketika makan buah pisang, Anda tidak boleh terlalu banyak. Karena jika kebanyakan tetap saja akan membuat perut kenyang, yang akhirnya justru timbul rasa ngantuk. 

3. Cokelat Hitam

Ilustrasi Cokelat

Cokelat juga bisa meningkatkan konsentrasi

Makanan yang bisa membuat Anda konsentrasi selanjutnya adalah cokelat, khususnya cokelat hitam. Banyak yang menyebutkan, jika cokelat semakin hitam, dipastikan semakin banyak kandungan kafeinnya.

Mengonsumsi cokelat hitam juga disebut hormon stres dan meningkatkan energi tubuh. Ya, hal ini dikarenakan cokelat hitam memiliki kandungan polifenol.

Baca juga: Merasa Gampang Ngantuk dan Jenuh Saat Mengemudi Jarak Jauh di Tol? Waspadai Gejala Highway Hipnosis

4. Teh Hijau

Ilustrasi Gree Tea

Konsumsi Green Tea lebih baik daripada teh biasa

Selain kopi, minuman lainnya yang juga mampu membuat tubuh terjaga sehingga tetap konsetrasi saat mengemudi yaitu teh hijau. 

Disebutkan, jika teh hijau memiliki banyak kandungan zat antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah inflamasi berlebihan dalam tubuh saat sedang aktif.

5. Telur

Ilustrasi telur

Telur sehat, namun jangan terlalu banyak

Telur yang mengandung nutrisi mengandung protein, vitamin, karbohidrat hingga kalori, sangat cocok untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi telur, maka hal itu bisa meningkatkan konsentrasi dan juga meningkatkan suasana hati. 

6. Blueberry

Blueberry

Konsumsi Blueberry lebih baik daripada anggur

Blueberry, buah mirip anggur dengan warna biru ini dikenal memiliki antioksidan tinggi, dan juga kaya akan vitamin. Dengan memakan buah Blueberry  maka membantu menghilangkan efek stres dan kecemasan, serta meningkatkan konsentrasi. 

Yuk mulai sekarang selektif dalam memilih makanan bergizi ya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil