window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik

Prasetyo · 11 Apr, 2023 20:06

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 01

Seiring berakhirnya bulan Ramadan, masyarakat Indonesia pun sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik. Tujuannya tentu saja ke kampung halaman guna bertemu seluruh anggota keluarga tercinta.

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastinya ada beberapa hal yang wajib Anda persiapkan. Termasuk melakukan pengecekan dan perawataan berkala dahulu untuk kendaraan yang bakal digunakan. Itu demi memastikan semua komponen dalam keadaan siap dipakai menempuh perjalanan jauh dengan waktu relatif lama. 

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 02

Sebaiknya lakukan perawatan di bengkel sebelum memulai perjalanan mudik

Tak boleh ditinggalkan pula barang-barang di mobil untuk kebutuhan selama perjalanan. Ban cadangan, segitiga pengaman, kotak obat-obatan, hingga dongkrak dan kunci roda juga jangan tertinggal. Serta jangan lupakan beberapa barang kecil yang sebenarnya dibutuhkan namun sering diabaikan. Apakah barang-barang di mobil itu?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Asik! Tarif Tol Jakarta-Cikampek Ada Promo Diskon 20 Persen Buat Pemudik

1. Lampu Cadangan

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 01

Bawa lampu sein atau lampu rem cadangan

Mungkin kondisi lampu-lampu mobil Anda masih menyala semua. Tapi kita tidak tahu akan seperti apa kondisi di perjalanan. Untuk menghindari ada lampu yang tiba-tiba putus atau mati, sebaiknya bawa beberapa lampu cadangan. Seperti satu buah lampu rem, satu buah lampu sein, satu buah lampu senja.

2. Sekring

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 02

Kalau ada sekring putus bisa membut fitur mobil tak berfungsi

Ini juga komponen kecil yang sering diabaikan. Padahal peranananya cukup penting. Saat ada sekring putus, maka bisa saja ada fitur di mobil yang tak berfungsi. Atau muncul tanda notifikasi pada panel instrument. Nah sebaiknya ada bawa juga beberapa sekring cadangan dengan ukuran berbeda seperti ukuran 7,5 ampere, 10 ampere, 15 ampere, atau 20 ampere.

3. Senter Baterai

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 03

Diperlukan saat berkendara malam hari

Ini juga jadi list barang-barang di mobil yang wajib dibawa selama mudik, terutama ketika Anda melakukan perjalanan malam hari. Senter bakal berguna untuk membantu penerangan saat kendaraan terjadi maalah di jalan. Atau bisa juga ketika hendak mencari barang-barang yang terselip di antara kompartemen kabin.

Baca juga: Toyota Kijang Innova 2004 Cocok Dipakai Buat Mudik, Harga Bekas Lebih Murah dari Terios Konde

4. Lap Kering yang Bersih

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 04

Bawa setidaknya 1-2 lap microfiber

Mungkin Anda berpendapat kalau di dalam mobil sudah ada tisu untuk mengelap sesuatu. Padahal membawa beberapa lap kering yang bersih seperti kain microfiber juga penting. Siapkan setidaknya 1-2 lap di bagasi belakang. Nantinya alat ini bisa membantu untuk membersihkan beberapa komponen, bahkan dapat digunakan untuk mencuci mobil saat sudah tiba di tujuan.

5. Tali

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 05

Cukup bawa tali sepanjang 5 meter

Ini juga alat yang sring dilupakan atau sengaja diabaikan. Lantaran terlalu yakin jika kondisi kendaraan dalam keadaan sudah prima dan tak mungkin mogok sehingga membutuhkan derek, maka tali tak pernah dibawa. Padahal alat kecil yang panjang ini bisa juga berguna untuk hal lain, seperti mengikat barang-barang bawaan agar tidak mudah jatuh.

6. Payung

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 06

Sangat berguna ketika hujan

Di tengah cuaca yang serba tak menentu, sebaiknya siapkan minimal satu payung ukuran sedang di dalam mobil sebelum berangkat mudik. Pastinya Anda tidak mau bukan ketika turun dari mobil harus basah-basahan akibat hujan lebat.

Baca juga: 9 Hal Jadi Biang Kerok Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Wajib Diwaspadai!

7. Air Mineral Botol Besar

7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik 07

Bisa untuk membasuh kaca depan jika terkena lumpur atau kotoran yang sulit disapu karet wiper

Anda merasa melakukan perjalanan mudik saat berpuasa sehingga tak butuh persiapkan minum? Sebenarnya salah. Air mineral tetap harus dibawa jika hendak melakukan perjalanan jauh. Anda tidak tahu apakah nantinya harus berbuka puasa diperjalanan. Selain itu sebaiknya bawa air mineral ukuran botol 1 liter. Boleh bawa 2-3 botol. Karena air ini bisa juga dipakai untuk keadaan darurat, speerti membersihkan kaca mobil jika terkena lumpur, atau mengisi air radiator jika terjadi overheat pada mesin.

Gimana, jangan lupakan barang-barang di mobil yang sudah kami sebutkan tadi ya. Biar tampak sepele, alat-alat itu bisa sangat berguna ketika dalam keadaan darurat diperjalanan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil