window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Fakta Menarik Toyota Rush 2023, Low SUV RWD yang Siap Disiksa Buat Mudik (Part 2)

Yongki Sanjaya · 31 Mar, 2023 20:00

7 Fakta Menarik Toyota Rush 2023, Low SUV RWD yang Siap Disiksa Buat Mudik (Part 2) 01

Memasuki pekan kedua bulan puasa, sebagian masyarakat mulai sibuk hunting mobil yang akan digunakan untuk mudik Lebaran. Salah satu opsi menarik di kisaran harga Rp300 juta kecil ada Toyota Rush tipe GR Sport. Secara fitur dan spesifikasi, Toyota Rush 2023 dinilai lebih mampu melibas kontur jalan khas Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Rush menjadi salah satu dari sedikit low SUV yang mempertahankan konfigurasi penggerak roda belakang. Hal inilah yang lantas membuat Toyota Rush selalu jadi model terlaris di segmennya. Bila harga barunya relatif terjangkau, maka harga bekasnya masih bertahan tinggi.

Apa saja hal menarik yang akan kita dapat bila memilih Rush, terutama tipe GR Sport? Simak ulasannya berikut ini.

4. Fitur di Toyota Rush GR Sport 2023 Kian Lengkap

7 Fakta Menarik Toyota Rush 2023, Low SUV RWD yang Siap Disiksa Buat Mudik (Part 2) 01

Bicara fitur, Toyota melengkapi varian GR Sport dengan berbagai hal yang membuat SUV ini jadi menarik dan layak untuk mudik Lebaran 2023. Pada interiornya, Toyota Rush GR Sport tampil lebih atraktif, khususnya pada bagian speedometer. melalui New Progressive Combination Meter. 

Head unit yang terpasang pada Toyota Rush GR Sport dibekali dengan banyak fitur, yaitu smartphone remote app untuk mengoperasikan head unit. Lalu, terdapat juga Miracast weblink, DVD AVX7", internet, iPod dan iPhone Connectivity, dan Waze Support. Selain itu, Toyota Rush GR Sport juga didukung dengan 8 unit surround sound speaker.

Khusus pada Toyota Rush GR Sport, spionnya sudah dapat melipat secara otomatis alias New Auto Retractable Mirror.  Mobil ini juga memiliki sistem buka pintu smart entry, dimana penggunanya tidak perlu menekan kunci atau remote. 

Rush tipe ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Automatic Idling Stop System (IDS), dengan tombol yang terletak di samping tombol Engine Start Stop. Fitur ini sendiri berguna untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

5. Toyota Rush 2023 Usung Mesin yang Irit dan Responsif

7 Fakta Menarik Toyota Rush 2023, Low SUV RWD yang Siap Disiksa Buat Mudik (Part 2) 02

Dapur pacu yang dibekali Toyota pada Rush generasi kedua ini memang mirip seperti milik Avanza, berkode 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc. Tidak besar tapi sudah cukup untuk mendukung mobilitas sehari-hari. 

Karakter mesin 2NR-VE memang menjadi andalan Toyota Rush terbaru, tenaga 103 ps dan torsi sebesar 136 Nm bisa begitu diandalkan untuk berkendara sehari-hari. Pasalnya, bermodalkan besaran torsi tersebut, tenaga yang dihasilkan senantiasa terisi ketika pedal gas ditekan dalam-dalam.

6. Setia Memakai Penggerak Roda Belakang dan Metik Konvensional

7 Fakta Menarik Toyota Rush 2023, Low SUV RWD yang Siap Disiksa Buat Mudik (Part 2) 03

Toyota Rush 2023 masih mempertahankan penggerak belakang alias rear wheel drive (RWD). Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Hal ini pun seolah menegaskan Toyota New Rush sebagai SUV sejati.

Padahal, sekarang ini kebanyakan SUV ataupun crossover memakai penggerak roda depan. Bicara soal kemampuan off road, maka penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong lebih kuat ketimbang gaya tarik sebagaimana yang ada di penggerak roda depan.

Lantas, pilihan Toyota dengan mempertahankan transmisi otomatis konvensional di Rush juga cukup tepat. Pasalnya, matic jenis ini punya kemampuan yang tak kalah perkasa dibanding manual saat menghadapi medan jalan yang cukup terjal.

7. Fitur Keselamatan Toyota Rush Lengkap

7 Fakta Menarik Toyota Rush 2023, Low SUV RWD yang Siap Disiksa Buat Mudik (Part 2) 04

Keselamatan merupakan aspek lain terkuat dari Toyota Rush. Mobil ini mendapat peringkat bintang 5 dari ASEAN NCAP untuk uji coba kecelakaan. 

Bukan cuma memberi rem berteknologi ABS plus EBD dan emergency brake signal, pada kabin Toyota Rush terbaru juga sudah ada kantung udara berjumlah sampai enam titik. Ada pula vehicle stability Control (VSC) dan hill start assist (HSA) yang otomatis membuat Rush cukup lengkap dari sisi safety di kelasnya.

Hanya agak disayangkan karena Rush belum memiliki fitur keselamatan aktif seperti pada Honda BR-V generasi kedua. Seandainya ada, mungkin Rush bakal makin 'sakti' sebagai sebuah Low SUV. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil