window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Serah Terima Mobil Baru, Kalau Ada Cacat Langsung Minta Ganti Unit

Prasetyo · 29 Sep, 2021 14:07

Serah terima mobil baru

Proses serah terima mobil baru memang terkadang jadi momen yang sangat menyenangkan. Pasalnya ketika itulah mobil idaman akhirnya tiba di rumah dan bisa langsung digunakan.

Ups, tapi hati-hati saat proses serah terima mobil baru yang dikirim pihak dealer ya. Jangan langsung tanda-tangan berkas serah terima dari pihak dealer. Karena ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan lebih dulu secara teliti dan menyeluruh. Supaya nantinya jika terjadi hal tidak menyenangkan dari kondisi kendaraan itu, Anda tidak menyeal kemudian.

Checklist serah terima mobil baru -1

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat mobil baru tiba

Sebab meskipun mobil baru bukan berarti bebas dari masalah. Selama barang tersebut adalah produksi massal, maka bukan tidak mungkin ada saja sesuatu yang kurang presisi atau tidak sesuai ekspektasi Anda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah supaya tidak menyesal dikemudian hari, berikut 7 hal yang harus diperhatikan saat serah terima mobil baru di rumah.

Baca juga : Timing Belt Ditinggalkan Oleh Mobil Baru Seperti di Toyota Avanza, Apa Sebabnya?

1. Mintalah Mobil Dikirim Siang Hari

Checklist serah terima mobil baru -7

Saat siang, pengecekan bisa lebih jelas

Ketika pihak dealer melalui sales mengkonfirmasi akan mengirimkan unit mobil yang sudah Anda beli, maka sebaiknya lakukan pengiriman sesuai waktu luang Anda. Sebisa mungkin saat itu Anda sedang ada di rumah dan tidak dalam waktu yang terburu-buru, misalnya di hari libur. Dan mintalah kepada pihak dealer untuk mengirim siang hari supaya pengecekan bisa lebih terlihat jelas.

2. Cek Kondisi Bodi dan Seluruh Eksterior

Checklist serah terima mobil baru -2

Kondisi bodi harus sama sekali bebas cacat

Checklist saat serah terima mobil baru yang pertama harus Anda lakukan pengecekan adalah bagian eksteriornya. Secara visual, bodi mobil harus bebas dari cacat sedikit pun. Periksa pula kondisi ban, velg, kaca, sampai karet-karet kaca dan bagian atap.

Kalau menemukan baret atau ada bagian bodi yang terlalu renggang, Anda berhak komplain dan minta di ganti unit lain. Jangan terima nego dari dealer untuk diberikan kompensasi perbaikan bodi, karena itu berarti kondisi mobil sudah tak original lagi.

3. Periksa dengan Teliti Bagian Kabin

Checklist serah terima mobil baru -3

Mintalah pihak dealer yang membuka plastik di kabin

Dari bagian luar, maka selanjutnya lakukan pengecekan ke ruang kabin. Umumnya mobil baru pada beberapa bagian kabin masih diberi lapisan plastik pelindung.

Mintalah pihak dealer untuk membuka plastik-plastik ini, dan kalau bisa Anda merekam atau memfotonya. Supaya kalau ternyata ada kerusakan ada bukti kalau itu bukan karena Anda. Pastikan juga tak ada bagian interior cacat, termasuk mungkin renggang. Kalau ada, jangan sungkan buat minta ganti unit lain.

Baca juga : Perbedaan Kredit Konvensional dan Syariah, Wajib Tahu Bagi Kamu yang Ingin Beli Mobil Baru

4. Ukur Toleransi Jarak Tempuhnya

Checklist serah terima mobil baru -3

Kalau jarak rumah Anda terlalu jauh, minta mobil dikirim pakai towing

Membeli mobil baru maka sejatinya kendaraan tersebut memiliki jarak tempuh 0 km (kilometer). Tapi rasanya hal itu mustahil terjadi karena ada proses pengetesan dan keluar masuk pabrik.

Toleransi jarak tempuh yang harus Anda perhatikan ketika proses serah terima mobil baru di rumah adalah maksimal 50 km. Karena kalau ternyata jarak rumah Anda dari dealer terlalu jauh, seharusnya pihak dealer mengirimkan menggunakan car carrier atau mobil towing.

5. Tes Semua Fitur dan Kelistrikan

Checklist serah terima mobil baru -4

Jangan sampai ada lampu indikator yang terus menyala

Mumpung masih di ruang kabin, sekalian deh Anda cek juga semua fitur yang ada di mobil ini. Coba nyalakan mesin kemudian hidupkan AC.

Perhatikan semua indikator di meter clsuter apakah ada yang menyala terus menerus. Jangan lupa aktifkan juga lampu utama, foglamp, sampai lampu sein. Jika ada yang tak berfungsi semestinya, Anda berhak tanyakan hal tersebut ke pihak pengirim.

6. Periksa Kelengkapan Toolkit dan Ban Cadangan

Checklist serah terima mobil baru -5

Ban wajib dalam kondisi belum pernah dipakai

Baca juga : Daftar Lengkap Mobil Baru yang Dapat Diskon PPnBM 100 Persen, Kijang Innova dan Fortuner Gak Kebagian

Pengecekan selanjutnya jangan lupakan juga tentang ban cadangan. Posisinya yang ada di belakang kadang meang terlewat dari perhatian.

Pastikan ban cadangan ini kondisinya benar-benar belum digunakan. Kemudian pastikan juga ada toolkit berupa kunci roda, dongkrak, segitiga pengaman, dan lainnya. Karena perlengkapan ini sangat dibutuhkan ketika terjadi masalah di jalan nantinya.

7. Semua Dokumen Harus Lengkap

Checklist serah terima mobil baru -6

Selain STNK dan BPKB, buku pedoman pemilik juga penting

Apabila kondisi fisik mobil semua sudah terlihat oke, maka langkah terakhir adalah memastikan setiap dokumen kendarana itu lengkap dan benar. Mulai dari kelengkapan Buku Manual dan Buku Servis Berkala, STNK, serta BPKB jika Anda membeli secara tunai.

Cek juga kesesuaian antara nomor rangka dan nomor mesin yang ada di STNK dan BPKB dengan kondisi di mobil. Pastikan nama serta alamat Anda yang tercetak di dokumen itu tidak salah ketik.

Kalau semuanya sudah aman, baru Anda bisa tanda-tangan dokumen serah terima mobil baru dari pihak pengirim. Mobil pun dapat langsung digunakan.

Baca juga : Begini Jurus Jitu Dapatkan Diskon PPnBM Mobil Baru, Nomor 3 Paling Menentukan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil