window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan

Prasetyo · 29 Des, 2022 10:03

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 01

Mobil listrik dipakai jarak jauh memang bisa? Mungkin pertanyaan ini yang sering kali dilontarkan seseorang ketika hendak beralih ke kendaraan electric (EV). Pasalnya selama ini ia hanya menggunakan kendaraan bermesin bakar internal (ICE).

Namun seiring populasi kendaraan listrik yang semakin masif di Indonesia, tentunya terus meningkat pula minat seseorang untuk switching ke EV. Tapi balik lagi ke pertanyaan pertama tadi, apakah mobil listrik dipakai jarak jauh bisa aman dan sekuat mobil mesin bensin atau diesel?

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 02

Mobil listrik Toyota bZ4x

Untuk menjewab pertanyaan ini, pihak PLN (perusahaan Listrik Negara) membagikan tips jika ingin mobil listrik dipakai jarak jauh, termasuk ketika hendak liburan ke luar kota.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Presiden Jokowi Anggap Insentif Mobil Listrik Harus Diterapkan, Negara Lain Sudah Lebih Dulu

1. Pastikan Fisik Kondisi Kendaraan

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 01

Cek kondisi lampu dan kaki-kaki

Sama seperti kendaraan konvensional lainnya, sebelum melakukan perjalanan jauh maka hendaknya periksa kondisi kendaraan tersebut. Seperti lampu-lampu jangan sampai ada yang padam baik lampu utama, lampu stop belakang, atau lampu sein.

@autofun.indonesia #mobil #learnontiktok ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Kemudian periksa juga bagian kaki-kaki seperti suspensi dan ban. Seperti tekanan angin ban, dan ketebalan tapak ban. Baiknya periksa juga komponen pengereman, jangan sampai berkarat atau ada bunyi-bunyi aneh.

2. Cek Keberadaan Jaringan Bengkel Resmi

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 02

Dealer resmi biasanya juga punya charging station

Hal yang penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan EV murni adalah jaringan bengkel resmi. Hal ini untuk persiapan jika mobil Anda alami kendala di perjalanan.

Pasalnya untuk mobil listrik, mungkin belum semua bengkel umum bisa menangani. Sehingga tentu akan lebih aman jika terjadi masalah ditangani oleh tim mekanik dari bengkel resmi.

Baca juga: Segini Harga Mobil Listrik dan Hybrid Jika Dapat Insentif, Wuling Air ev Bisa Rp150 Jutaan!

3. Petakan Rute Perjalanan

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 03

Menentukan rute perjalanan penting guna mempersingkat waktu tempuh

Setelah mengetahui dimana saja lokasi bengkel resmi, maka Anda bisa melakukan manajemen perjalanan. Mulai dari jadwal keberangkatan, kapan harus beristirahat, hingga jadwal kepulangan.

Selain itu petakan juga rute perjalanan dengan memperhatikan lokasi bengkel resmi tadi. Sehingga perjalanan Anda bisa lebih aman dan nyaman.

4. Ketahui Lokasi Pengisian Baterai Listrik (SPKLU)

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 04

SPKLU milik PLN kini makin banyak di Tol Trans Jawa

Persiapan bawa mobil listrik dipakai jalan jauh yang juga tak kalah penting adalah mengetahui dimana lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Untuk rute luar kota, sebenarnya Anda tak perlu khawatri lagi. Sebab PLN kini sudah memiliki jaringan SPKLU di sepanjang Tol Trans Jawa. "SPKLU sudah tersebar di sejumlah titik rest area. Jadi para pengguna kendaraan listrik tak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian jauh," tutur Ketua Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi), Arwani Hidayat.

Baca juga: Tips Mengemudi Saat Cuaca Ekstrem Agar Tetap Aman, Jangan Maksa Kalau Kondisi Makin Parah

5. Pastikan Membawa Ponsel yang Terkoneksi Internet

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 05

Ponsel bis ajuga dipakai untuk peta digital

Ponsel saat perjalanan jauh penting untuk dibawa. Bukan sekedar alat untuk menghabiskan waktu dengan beragam hiburan. Tapi ponsel juga berguna sebagai alat komunikasi ketika dalam keadaan darurat.

Selain itu dengan ponsel yang terhubung koneski internet, Anda juga bisa memantau lokasi SPKLU terdekat atau membuka peta digital selama perjalanan. Jadi jangan lupa juga, pastikan membawa kabel charger agar baterai ponsel bisa tetap dalam kondisi full.

6. Bawa Toolkit

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 06

Peralatan obat-obatan juga jangan lupa

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah jangan lupa membawa toolkit kendaraan. Seperti kunci roda, dongkrak, dan segitiga emergency.

Jangan lupa juga peralatan pendukung lainnya, seperti kartu tol dengan saldo yang cukup sampai ke lokasi tujuan. Kemudian membawa obat-obatan seperti obat pusing, mual, dan peralatan P3K juga penting.

7. Sediakan Makanan dan Minuman

7 Hal yang Wajib Diperhatikan Kalau Mobil Listrik Dipakai Jarak Jauh Buat Liburan 07

Lebih baik konsumsi air mineral daripada minuman ringan bersoda

Terakhir, sebelum menggunakan mobil listrik dipakai jarak jauh juga penting untuk mempersiapkan makanan dan minuman. Makanan disini jangan yang terlalu berat namun untuk makanan ringan saja. 

Makanan-makanan ini bisa untuk dikonsumsi selama perjalanan. Sementara untuk minumannya, sebaiknya dipilih air mineral bukan minuman ringan bersoda. Supaya konsentrasi dan kondisi tubuh baik penumpang maupun pengemudi tetap bugar selama perjalanan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia