window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan?

Enda · 25 Agu, 2021 08:00

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 01

Keistimewaan Nissan Leaf

Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukung perkembangan serta kemajuan kendaraan elektrifikasi. Sehari setelah memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76, PT Nissan Motor Distributor Indonesia secara resmi memperkenalkan Nissan Leaf. Mobil ini merupakan sedan kompak bertenaga listrik murni atau BEV (Battery Electric Vehicle).

Bagi kalian yang belum tahu, saat ini Nissan Leaf diniagakan mulai dari Rp649 juta untuk opsi one tone dan Rp651 juta untuk opsi dual tone. Baik versi one tone dan dual tone hanya memiliki perbedaan di warnanya saja. Dimana varian dual tone-nya tersebut berhasil dilabur dengan warna hitam pada bagian pilar serta atapnya.

Sebagai mobil baru Nissan dengan tenaga listrik, tentunya Nissan Leaf ini memiliki beberapa keistimewaan. Apa saja keistimewaan yang ada pada mobil ini? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Listrik Rumah Cuma 2.200 VA Apakah Bisa Ngecas Mobil Listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Nissan Leaf Sanggup Menempuh Jarak Perjalanan Jakarta – Pekalongan Sekali Jalan

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 01

Nissan Leaf mampu menempuh jarak hingga 311 km dalam sekali ngecas

Memiliki kapasitas baterai hingga 40 kWh dengan penggunaan motor listrik yang tangguh, berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC), Nissan Leaf dapat menempuh jarak sejauh 311 km per sekali pengisian daya dalam kondisi penuh.

Dalam kondisi daya listrik yang terisi penuh, jika melakukan perjalanan dari Jakarta via tol Trans Jawa, mobil harus kembali melangsungkan pengisian daya listrik di daerah Pekalongan.

2. Melaju 0-100 Km/jam, Nissan Leaf Butuh Waktu 7,9 Detik!

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 02

Nissan Leaf hanya butuh 7,9 detik dari 0-100 km/h

Sebelum resmi melantai di Tanah Air, pengetesan terhadap Nissan Leaf kerap kali dilakukan. Salah satunya di area tertutup di Pantai Samroiyod, Thailand, uji coba terhadap Nissan Leaf dilakukan untuk mengubah persepsi masyarakat yang mengira bahwa mobil listrik kurang dinamis dan kurang menyenangkan.

Pengetesan akselerasi secara cepat dilakukan, tercatat bahwa Nissan Leaf bisa mencapai 100 km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Sebagai informasi, Nissan Leaf ini menggunakan motor listrik yang mampu memperoleh limpahan tenaga maksimal hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

3. Nissan Leaf Tidak Mogok Ketika Melewati Banjir

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 03

Nissan Leaf aman menerjang banjir dan hujan deras

Persepsi masyarakat Indonesia mengenai mobil listrik yang mogok atau konslet disaat hujan deras ataupun banjir kerap kali diucapkan. Perlu kalian ketahui, Nissan Leaf telah menjalani serangkaian pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

Pengisi daya kendaraan listrik pun dapat dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik. Dalam kondisi hujan, pengguna tetap bisa melakukan pengisian daya dengan aman tanpa khawatir konslet maupun tersengat listrik.

Baca juga: Harga Nissan Leaf Setara 4 Buah LCGC, Seberapa Penting Kita Hijrah ke Mobil Listrik?

4. Pengisian DC 50 Kw, Nissan Leaf Hanya Butuh Waktu Satu Jam untuk Mengisi Daya Hingga 100%

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 04

Nissan Leaf paling cepat mengisi daya bisa 1 jam

Mengisi daya listrik pada baterai Nissan Leaf tentunya dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman di rumah. Pemilik mobil ini dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable (3.3 Kw ), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam.

Berbeda apabila menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kw), baterai mobil dapat terisi penuh dalam kurun waktu 5 hingga 7 jam. Jika tidak sempat diisi ulang di rumah, maka pengisiannya dapat dilakukan di SPKLU atau di diler terdekat yang menyediakan charging station. Dengan pengisian cepat DC, 50 Kw, hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk mendapati baterai terisi penuh.

5. Interior Nissan Leaf Terkesan Premium

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 05

Interior Nissan Leaf terkesan premium

Kenyamanan berkendara tentunya menjadi faktor penting mobil ini. Seperti yang bisa kalian lihat, Nissan Leaf mendapatkan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi.

Selain itu juga terdapat panel instrument dengan layar 7 inci serta kursi berlapis Kulit Alcantara yang mewah memberikan suasana ruang kabin yang senyap dan membuat ruang kabin semakin premium. Untuk sistem infotainmentnya, mobil ini mengusung headunit layar sentuh 8 inch, termasuk dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

6. Fitur Unggulan Nissan Leaf Terbilang Canggih

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 06

Demi memberikan kenyamanan, keselamatan serta keamanan berkendara, Nissan Leaf telah dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan yang telah mendapatkan penghargaan peringkat keselamatan bintang 5 maksimum pada JNCAP (Japan New Car Assessment Program), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

Mengenai fitur hiburan dan keselamatan, Nissan Leaf disematkan head unit 5' Display with AM/FM/USB/AUX/Bluetooth Audio Handsfree, Front Airbag X 2, Side Airbag X 2 & Full Length Curtain Airbag X2, Electronic Parking Brake, Intelligent Trace Control, Intelligent Ride Control, Intelligent Driver Alertness, Intelligent Forward Collision Warning with Intelligent Emergency Braking, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection.

Bukan cuma itu, mobil ini juga mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC), MID 7' Information Display, Nissan Intelligent Key with Immobiliser dan Push Start Button.

Selain itu, Nissan Leaf juga berhasil disematkan fitur terbaru Nissan yang diberi nama one-pedal. Teknologi pintar ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal – yaitu pedal gas saja.

Fitur One-Pedal operation ini dapat mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan lebih menyenangkan. One-Pedal operation bahkan memungkinkan berkendara secara sporty di jalan berliku, menjadikan berkendara lebih seru dan juga lebih mudah.

Kelebihan dari One-Pedal operation lainnya, ketika kita tidak menginjaknya maka akan terjadi seperti pengereman halus.

7. Mendapat Garansi Baterai 8 Tahun atau 160 Ribu kilometer

7 Keistimewaan Nissan Leaf, Bisa Bikin Pengguna Mobil Konvensional Pindah Haluan? 07

Baterai Nissan Leaf garansi hingga 8 tahun atau 160 ribu km

Setiap pembelian Nissan Leaf, konsumen akan mendapatkan warranty kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, serta garansi untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, mana yang dicapai lebih dulu. Selain itu, konsumen berhak mendapatkan bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km dan fasilitas home charger berikut instalasinya.

Baca juga: Jangan Takut ke Luar Kota Pakai Mobil Listrik, Ini Daftar Lengkap Tempat Ngecas Baterainya di Seluruh Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Leaf 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil