window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan?

Prasetyo · 1 Mar, 2023 11:08

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 01

Kendaraan baik motor atau mobil favorit pejabat Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) kini tengah jadi sorotan. Pemicunya adalah kasus pemukulan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo anak satu pejabat Dirjen Pajak terhadap David alias Cristalino David Ozora, putra dari pengurus pimpinan pusat GP Ansor.

Mario saat menganiaya David diketahui menggunakan satu unit Jeep Wrangler Rubicon tipe 2-Doors. Namun situasi mulai ramai lantaran mobil tersebut saat kejadian menggunakan pelat nomor palsu. Para warganet pun menjadi semakin geram. Pemetiknya adalah sikap Mario yang kerap memamerkan harta kekayaan keluarganya melalui kendaraan-kendaraan mewah.

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 02

Mario Dandy dengan Jeep Wrangler Rubicon

Melalui beberapa akun sosial media pribadinya, Mario diketahui pernah mengunggah aksi dengan motor besar jenis Harley Davidson. Pria 20 tahun itu juga pernah berfoto bersama Jeep Rubicon yang kemudian dijadikan barang bukti oleh pihak kepolisian.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kerap memamerkan kendaraan mewah sebenarnya bukan cuma Mario. Sebagian besar pejabat pemerintah di Republik Indonesia, termasuk keluarganya juga melakukan aksi serupa.

Baca juga: Hobi Hedon Pejabat Dirjen Pajak Suryo Utomo Jadi Sorotan, Gabung di Klub Moge Punya Jeep Cherokee dan Willys Juga!

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 01

Aksi Mario bergaya dengan Harley Davidson

Menariknya, dari deretan koleksi kendaraan mewah simpanan pejabat itu, ada loh yang ternyata jadi favorit. Bahkan diantaranya seakan jadi "mobil standar" jika mereka sudah punya jabatan di lembaga pemerintahan.

Apa saja itu? Mari kita bahas mobil favorit pejabat pemerintah di Indonesia dari yang paling murah.

1. Toyota Kijang Innova

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 02

Harga bekasnya masih tinggi

Mungkin inilah kendaraan paling murah yang jadi mobil favorit pejabat. Model yang paling banyak diminati adalah Innova Reborn atau Innova Venturer. Kebanyakan warna yang dipilih hitam yang lantas di beri wrapping sticker hitam dof. Sebagian ada juga yang kemudian ditambah lampu strobo di bagian depan, atau bahkan juga di bagian belakang.

Kalau melihat harga Toyota Innova Reborn bekas yang ada di CARSOME, untuk lansiran 2018 ke atas banderolnya saat ini mulai dari Rp280 jutaan. Tapi karena Toyota baru saja merilis Innova Zenix, rasanya koleksi Innova Reborn ini akan diganti jadi Innova Zenix yang harganya sentuh Rp600 jutaan.

Baca juga: Sering Flexing di Sosial Media, Keluarga Mario Dandy Ngaku Cuma Punya Toyota Kijang?

2. Toyota Fortuner

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 03

Sebagian besar dipasangi lampu rotator dan strobo

Sedikit naik kelas dibanding Innova, entah mengapa para pejabat juga begitu suka dengan Toyota Fortuner. Sama seperti Innova, kebanyakan Fortuner milik pejabat juga berwarna hitam atau di selimuti stiker black matte. Adapun tipenya yang banyak dipilih adalah Fortuner Diesel TRD Sportivo atau GR Sport.

Nah harga Toyota Fortuner bekas saat ini untuk yang lansiran 2019 ke atas mulai dari Rp410 jutaan. Tapi kalau harga barunya mulai dari Rp624 jutaan sampai Rp719 jutaan.

3. Mitsubishi Pajero Sport

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 04

Profil konsumennya setipe dengan Toyota Fortuner

Selain Fortuner, Pajero Sport juga banyak dipilih para pejabat atau keluarganya untuk jadi kendaraan sehari-hari. Bermodal cat hitam dof, lampu strobo di bagian bemper depan dan belakang, tak sedikit Pajero Sport model seperti ini seperti penguasa jalan raya.

Untuk tipe yang dipilih umumnya Dakar bertransmisi otomatis (AT) baik yang penggerak 4x2 atau 4x4. Nah untuk harga Pajero Sport bekas juga mirip-mirip Fortuner nih. Yang keluaran 2018 banderolnya mulai dari Rp415 jutaan. Sementara menilik harga Mitsubishi pajro Sport baru, saat ini ditawarkan muali dari Rp562 jutaan sampai Rp730 jutaan.

Baca juga: Jeep Rubicon Mirip Kepunyaan Mario Dandy Laku Keras di IIMS 2023

4. Toyota Camry

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 05

Biasanya warna hitam atau putih yang dipilih

Kalau ini biasanya jadi mobil wajib pejabat untuk kebutuhan formal. Misalnya menghadiri rapat atau bertemu dengan presiden. Karena sebagai sedan menengah, Toyota Camry memang menawarkan kemewahan dan prestisius bagi pemiliknya. Namun lagi-lagi, warna yang dipilih umumnya hitam atau putih.

Masalah harga bekas Toyota Camry, untuk yang keluaran 2019 Rp475 jutaan. Tapi kalau mau unit baru, yang tipe 2.5 V harganya Rp771 jutaan. Sementara banderol Camry hybrid Rp909 jutaan.

5. Toyota Alphard

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 06

Ini juga jadi mobil favorit para pejabat di Indonesia. Umumnya dipakai level direksi ke atas. Peruntukannya pun sering kali buat kebutuhan formal. Seperti ke rapat besar, menghadiri pertemuan di gedung MPR/DPR, atau bertemu dengan presiden.

Untuk harga Toyota Alphard bekas tahun 2018 Rp925 jutaan. Namun kalau harga Alphard terbaru mulai dari Rp1,2 miliar hingga Rp1,6 miliar.

Baca juga: 2 Varian Jeep Rubicon 2023 Masuk Indonesia, Harga Bikin Elus Dada

6. Toyota Land Cruiser VX

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 07

Toyota Land Cruiser 300 VX

Masih dari merek Toyota, mobil favorit pejabat di Indonesia ada Toyota Land Cruiser. Tipe yang paling banyak adalah Land Cruise VX. Baik Land Cruiser klasik atau model terbarunya Land Cruiser 300 semuanya diminati.

Harga untuk harga Toyota Land Cruiser VX lawas tahun 2002, harganya dikisaran Rp600 juta. Sementara yang sudah modern keluaran tahun 2019 ke atas, harganya sudah lebih dari Rp2,2 miliar. Nah kalau yang Land Cruiser 300 kondisi baru, harganya mulai dari Rp2,4 miliar.

7. Jeep Wrangler Rubicon

7 Mobil Favorit Pejabat RI, Mana yang Sering Bikin Resah di Jalan? 08

Jeep Wrangler Rubicon 4 Doors

Ini nih mobil pejabat yang lagi banyak diperbincangkan. Lantaran jadi tunggangan Mario saat menghajar habis-habisan David. Soal ketangguhan dan desain maskulin, pastilah membuat mobil ini diminati siapa saja.

Tapi kalau bicara harga, banderol Jeep Wrangler cukup mengerikan. Bagaimana tidak, untuk kondisi bekas tahun 2010 atau 2011 saja harganya di atas Rp650 juta. Sementara untuk unit baru 2023, yang tipe 2-doors harganya Rp800 jutaan, dan yang 4-doors harganya mulai dari Rp1,8 miliar. Tapi itu harga off the road, yang kalau ditambah pajak bisa mencapai Rp2 miliar.

Nah itu tadi beberapa mobil favorit pejabat di Indonesia. Kalian ada yang suka satu diantaranya?

@autofun.indonesia Opsi SUV Bekas di Bawah Rp 400 Juta! #reviewmobil #mobilbekas #autofact #tipsmobilbekas ♬ Swing Golden Age Style Big Band Jazz - SOUND BANK

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil