window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum

Prasetyo · 9 Sep, 2022 08:04

7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum 01

  • Ada beberapa peraturan lalu lintas aneh di dunia.
  • Tidak boleh membawa kentang dalam mobil di Australia.
  • Kehabisan bensin di Jerman bisa kena denda.

Mungkin Anda pernah mendengar kalimat ejekan "peraturan lalu lintas dibuat untuk dilanggar". Ungkapan ini kerap dilontarkan seseorang karena muak melihat banyaknya pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Tapi itu di Indonesia, karena di negara lain jangan coba-coba melakukan pelanggaran undang-undang lalu lintas yang sudah ditetapkan pemerintah setempat. Sebab denda dan sanksi yang bakal didapat biasanya akan sangat berat.

7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum 02

Sanksi pelanggaran lalu lintas di negara lain cukup berat

Tapi dikutip dari Autofun Thailand, beberapa negara berikut ini justru menerapkan peraturan lalu lintas aneh. Bahkan kalau membacanya saja Anda bisa geleng-geleng kepala. Apa saja peraturan-peraturan yang tak lazim itu? Berikut 7 diantaranya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Siap-siap, Mulai 1 April 2022 Ngebut di Jalan Tol Bakal Kena Tilang Elektronik, Dendanya Rp500 Ribu

1. Jangan Lupa Mengunci Mobil di Australia

Di beberapa negara bagian Australia, seperti New South Wales, ada undang-undang yang menyebutkan jika pengemudi wajib mengunci mobil mereka. Dan ritual tersebut harus dilakukan maksimal jarak 300 centimeter (cm) setelah pengemudi keluar mobil. Pengemudi juga wajib menutup seluruh kaca jendela, atau kalau mau dibiarkan terbuka tidak boleh lebih dari 2 cm.

2. Dilarang Membawa Kentang di Mobil

7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum 01

Dilarang membawa kentang dalam jumlah besar

Masih dari Australia, ada pula larangan mobil mengangkut kentang lebih dari 50 kilogram (kg). Jika melanggar maka ada denda yang sangat tinggi harus dibayarkan. Aturan ini merujuk pada Marketing Act of Potatoes yang sudah ada di negara tersebut sejak 1946.

3. Melanggar Aturan Lalu Lintas Langsung Masuk Penjara

Sebenarnya ancaman masuk penjara ini juga ada di Indonesia. Bedanya di Bahrain, hampir semua kesalahan bisa menimbulkan sanksi masuk penjara. Misalnya berhenti melewati garis batas lampu merah denda sekitar Rp1,9 juta atau penjara 6 bulan. Kemudian jika menabrak properti di sepanjang jalan meski itu hanya goresan, juga kena denda sekitar Rp11 juta atau penjara 1 tahun untuk kerusakan ringan yang ditimbulkan.

Baca juga: Ingat Jangan Kabur Ketika Terlibat Kecelakaan, Bisa Didenda Rp75 Juta atau Penjara 3 Tahun

4. Tak Semua Orang Berhak Punya Mobil di Cina

7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum 02

Kemacetan jalan raya di Cina

Guna bisa memiliki mobil pribadi tentu wajib punya uang untuk membelinya. Tapi itu saja ternyata tidak cukup bagi masyarakat Cina. Pihak otoritas di negara tersebut menggunakan sistem undian untuk menentukan siapa yang berhak membeli mobil. Peluangnya sekitar 1:500. Langkah ini guna mengurangi polusi udara dan kemacetan di negara itu yang sudah sangat parah.

5. Jangan Coba-coba Makan atau Minum di Mobil

Membawa bekal air putih atau air mineral biasanya disarankan jika Anda hendak mengemudi jarak jauh. Gunanya agar tubuh tidak dehidrasi dan konsentrasi berkendara selalu terjaga. Tapi beda dengan di Siprus, karena makan atau bahkan minum di mobil adalah hal ilegal yang bisa kena denda.

6. Wajib Bawa Alat Tes Kadar Alkohol

7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum 03

Di setiap mobil wajib ada alat tes kadar alkohol

Peraturan lalu lintas aneh ada juga nih di Perancis. Karena setiap pengemudi wajib menyimpan alat tes kadar alkohol dalam tubuh di kendaraannya. Peraturan ini mulai berlaku tahun 2013 yang kalau dilanggar dendanya sekitar Rp150.000. Namun kabarnya sejak 2020 peraturan ini dicabut.

7. Kehabisan Bensin Malah Didenda

Aturan unik lainnya ada di Jerman. Yakni sebuah tindakan ilegal jika pengemudi mobil mengalami kehabisan bahan bakar di jalur Autobahn. Sebab kondisi tersebut dinilai berbahaya mengingat di jalanan itu kendaraan dipacu bisa lebih dari 200 km/jam. Kalau melanggar, siap-siap mobil disita dan wajib bayar denda sekitar Rp10 jutaan.

Baca juga: Kelihatannya Sepele Tapi Pelanggaran Lalu Lintas Ini Dendanya Rp1 Juta

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil