7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting

Prasetyo · 23 Des, 2021 12:02

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 01

  • New Mitsubishi Xpander Cross juga alami perubahan
  • Tambahan komponen dan fitur penunjang kenyamanan di Xpander Cross

New Mitsubishi Xpander Cross 2021 bagi sebagian orang dianggap tak memiliki perbedaan dari model sebelumnya. Padahal ada cukup banyak titik di mobil ini yang tersentuh revisi. Termasuk penambahan fitur dan komponen baru. Penasaran?

Kalau membandingkan dengan "saudaranya" New Xpander, New Xpander Cross memang tak lagi serupa, utamanya di bagian muka. Beberapa pernik baru di Xpander tak ada lagi pada Xpander Cross. Namun bukan berarti New Mitsubishi Xpander Cross tidak mengalami perubahan.

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 02

Tampak samping New Xpander Cross tak berubah

Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menuturkan alasan mengapa desain Xpander Cross tak meniru perubahan yang ada di New Xpander. "Eksterior tetap dipertahankan karena kami melihat desain yang lebih tough dengan bentuk shade dan wheel arc yang besar. Jadi kesan SUV-nya tetap dipertahankan," kata dia.

Walau demikian kami menemukan setidaknya ada 7 titik dari LSUV tujuh penumpang ini yang berubah dari model sebelumnya. Apa saja itu? Mari kita telisik lebih dalam.

1. Gril Depan Mitsubishi Xpander Cross Kini Hitam

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 01

Gril depan New Xpander Cross

Dari fascia depan, Anda akan menemukan Xpander Cross 2021 dengan gril baru. Desainnya memang masih serupa model sebelumnya, namun kini tak lagi berfinishing grey melainkan black metallic. Sementara aksen di tepiannya yang membentuk Dynamic Shield khas produk global Mitsubishi tetap diberi chrome.

Desain LED lamp baik di bawah kap mesin atau yang di kedua sisi bemper depan juga masih dipertahankan. Tak seperti New Xpander dimana bagian ini berubah bentuknya jadi T-Shape. Namun menurut kami ini malah bisa menjadi ciri khas bagi Xpander Cross sehingga tidak sama persis dengan Xpander.

Baca juga : Kenali Perbedaan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021, Serupa Tapi Tak Sama

2. Bisa Tambah Wheel Lock Nut Buat Cegah Pencurian

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 02

Mitsubishi sediakan juga aksesoris pengunci baut roda

Dari samping, profil bodinya memang tak ada yang berubah. Motif lengkung over fender, body cladding dengan side guard, garis bodi yang lurus sejak pintu depan, sampai pemasangan roof rail pun tak berubah.

Namun kalau ingin tampilannya sedikit berbeda, kami sarankan Anda memasang beberapa aksesoris yang sudah disediakan MMKSI. Diantaranya side visor alias talang air. Perangkat ini terlihat sepele padahal sangat berguna untuk mencegah air hujan mudah masuk ke kabin mobil.

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 03

Aksesoris buat New Xpander Cross

Aksesoris berikutnya yang kami sarankan tuk dipasang adalah wheel lock nut. Benda berukuran mungil yang terpasang sebagai baut roda itu akan mencegah Anda dari pencurian ban mobil yang belakangan ini marak terjadi di Indonesia.

3. Dashboard Mitsubishi Xpander Cross Terbaru Sama dengan New Xpander

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 04

Interior New Mitsubishi Xpander serba hitam

Perubahan lainnya yang bisa ditemui dari Xpander Cross baru adalah di ruang kabin. Pertama tentang tata letak dasbor yang terpasang di depan. Desainnya lebih rata dan di bagian tengah terpasang head unit 9 inci dengan model floating.

Selanjutnya desain lingkar kemudi juga baru yang bari beberapa pengguna setia Mitsubishi setir ini mirip dengan kepunyaan Lancer Evolution.

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 05

Electric Parking Brake cuma ada di transmisi otomatis

Piranti anyar berikutnya yang masih diseputaran kokpit adalah model tuas transmisi. Lantas khusus tipe transmisi CVT, model rem tangan juga sudah diganti tombol Electric Parking Brake (EPB) yang posisinya ada di samping kanan transmisi.

4. Jok Mitsubishi Xpander Cross Kini Tahan Panas

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 06

Banyak komponen baru di kabin New Xpander Cross

Kalau dashboard memang terlihat ada perbedaan, sebenarnya ada elemen lain di ruang kabin XPander Xross yang juga baru. Yakni pelapis joknya. Untuk tipe tertinggi (Premium Package), jok ini sudah dilapis material kulit sintetik. Istimewanya, bahan yang dipakai punya kemampuan menolak panas dengan baik. Sehingga permukaan jok akan tetap nyaman meski Anda berpetualang seharian dengan kendaraan tersebut.

Kemudian jok baris kedua juga kini dilengkapi armrest lengkap dengan dua cup holder untuk meletakkan botol minuman. Nah kalau diperhatikan, model trim pintu pada jok baris kedua juga berbeda dibanding Xpander Cross sebelumnya. Karena sekarang pakai aksen silver seperti doortrim di pintu depan.

Baca juga : Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Resmi Dirilis, Pakai Komponen Suspensi Pajero Sport!

5. Fitur Mitsubishi Xpander Cross Makin Lengkap

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 07

Fitur Auto Stop and Go di Xpander Cross

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, New Mitsubishi Xpander Cross 2021 juga mendapat suntikan beberapa fitur baru. Gak percaya? Yuk kita kupas satu per satu.

Pertama penggunaan headunit baru, kemudian EPB, lantas ada juga Brake Auto Hold. Masih dari bagian depan, Anda akan menemukan AC Digital yang juga baru dan dua port USB serta satu soket Power Outlet.

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 08

Perangkat keselamatannya juga cukup lengkap

Oh ya, soket USB ini juga ada untuk penumpang baris kedua yang letaknya di bagian belakang konsol tengah. Serta ada pula di jok baris ketiga yang posisinya ada di bawah jendela sebelah kanan tepatnya dekat cup holder jok belakang.

Lalu soal perangkat keselamatannya ada Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Rear Camera, ABS dan EBD, Speed Sensor Door Lock, Keyless Entry with Immobilizer, dan Dual SRS Airbags. Untuk yang sering bawa balita juga disediakan ISOFIX pada kedua jok tengah.

6. Banyak Bawa Barang Bukan Masalah

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 09

Banyak ruang penyimpanan tersembunyi di kabin New Xpander Cross

Karena diposisikan sebagai LSUV buat menemani berpetualang keluarga, maka Mitsubishi memikirkan pula dengan ruang penyimpanan di Xpander Cross. Karena itulah ada banyak laci-laci yang disediakan untuk menyimpan barang terkecil seperti dompet atau uang koin, hingga tas ukuran besar bahkan sepeda lipat sekalipun.

Misalnya di bagian pengemudi dan penumpang depan, pada setiap trim pintunya disediakan cup holder. Lalu di konsol tengah ada cup holder, console tray, dan side pocket. Bahkan kalau arm rest tengah di angkat pun ada ruang cukup besar untuk meletakkan berbagai barang. Serta di bawah jok penumpang depan ada under seat tray.

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 10

Kapasitas bagasi juga lapang

Kemudian di balik jok depan ini juga disediakan seat back pocket. Di tiap trim pintu dan dinding bodi sampai ke penumpang paling belakang juga ada cup holder. Serta di balik lantai bagasi ada under tray tambahan. 

Nah kalau cuma bawa empat penumpang tapi mau angkut berbagai peralatan camping atau adventure, jok paling belakang tinggal di tekuk rata dengan lantai. Pada posisi ini Anda dapat memasukkan sepeda lipat berikut dua tas ukuran besar. Mungkin satu set peralatan berkemah juga masih muat kalau pintar mengatur tata letak barangnya.

Baca juga : Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

7. Transmisi dan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross Juga Bikin Berkendara Tambah Nyaman

7 Perubahan di New Mitsubishi Xpander Cross yang Tak Terlihat, Kecil Tapi Penting 11

Mesi masih sama tapi kini pakai transmisi CVT

Sama seperti generasi pre-facelift, New Xpander Cross disematkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 141 Nm @4.000 rpm. Uniknya, New Xpander Cross kini ditawarkan dengan pilihan tingkat percepatan CVT walaupun ada juga opsi manual 5-percepatan. 

Transmisi CVT yang digunakan diklaim mampu memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan. Disisi lain, juga bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar, serta perpindahan gigi lebih halus.

Poin penting lainnya adalah soal suspensi yang dipakai. Sama seperti New Xpander, Xpander Cross terbaru juga menggunakan shock bagian belakang dari Mitsubishi Pajero Sport dan di bagian depan juga diseting ulang. Kemudian ada pula tambahan High Performance Bar yang diesainnya meniru dari mobil Eropa. Racikan kaki-kaki ini sukses memberikan rsa nyaman lebih baik ketika berkendara, sekaligus ground clearance naik jadi 220 mm.

Harga New Mitsubishi Xpander Cross 2021 (diskon PPnBM 100%):

  • Xpander Cross MT : Rp268.150.000
  • Xpander Cross CVT : Rp281.000.000
  • Xpander Cross Premium Package CVT : Rp291.410.000

Kesimpulan

Dari luar, New Mitsubishi Xpander memang tak terlihat banyak yang berubah. Padahal ada beberapa komponen dan fitur baru di mobil ini yang semuanya dipasang demi peningkatan kenyamanan pengemudi serta penumpangnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru