window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Pilihan SUV Kecil di Indonesia, Ini Perbedaan Mesin dan Harga Terbarunya

Herdi · 30 Jan, 2023 11:04

7 Pilihan SUV Kecil di Indonesia, Ini Perbedaan Mesin dan Harga Terbarunya 01

Tren mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) kini semakin ramai. Ya, penjualan mobil SUV memang semakin meningkat, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia.

Kenaikan penjualan SUV disebut karena mobil ini memiliki desain gagah, apalagi ground clearance atau jarak mobil ke tanah lebih jangkung, ketimbang sedan atau Multi Purpose Vehicle (MPV).

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Rocky dan Raize, SUV kecil kembar dari Daihatsu dan Toyota

Alhasil, SUV dianggap sanggup melewati berbagai kondisi medan jalan di Indonesia yang masih banyak ditemui aspal bergelombang, maupun tanah bebatuan. Mobil-mobil SUV juga disebut memiliki daya tampung cukup besar. Sama seperti mobil MPV, SUV juga memiliki kapasitas besar bahkan ada yang memiliki kapasitas tujuh penumpang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Belum sampai disitu, mobil SUV juga dianggap memiliki kenyamanan dari sebuah mobil sedan. Tak kalah penting, saat ini mobil SUV banyak dihadirkan oleh pabrikan otomotif dengan dimensi lebih kecil dan harganya lebih terjangkau sehingga mampu menjadi daya tarik konsumen di Tanah Air.

Baca juga: Rebut Mahkota SUV Medium Terlaris di 2022, Toyota Fortuner Pecundangi Pajero Sport

Nah, Anda yang ingin punya SUV kecil, AutoFun telah merangkumnya pilihan yang terbaik.

1. Citreon C3

Citroen C3

Citroen C3

Citroen C3 juga sudah dilengkapi beberapa fitur tak kalah hebat, seperti pengereman menggunakan Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Selain itu saat parkir juga dibantu dengan adanya Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera.

Mobil juga sudah dilengkapi dual Airbags yang terdapat di bagian depan sopir dan penumpang. Selain itu, mobil ini juga sudah ada Immobilizer, Alarm, Central Lock, Auto Door Locking, serta Automatic locking of the vehicle.

Untuk urusan jantung pacu, Citroen C3 ini dibekali dengan 1.198 cc, yang mampu memuntahkan daya 81 hp pada 5.750 rpm dan torsi maksimum 115 Nm pada 3.750 rpm.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Si Mungil Citroen C3, Seberapa Nyaman Dibanding Raize-Rocky?

2. Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky sebenarnya kembaran dari Toyota Raize, tapi ada beberapa hal yang disebut berbeda, termasuk platform mobil ini disebut Daihatsu New Global Architecture  dan fiturnya unggulannya disebut Advanced Safety Assist (ASA). 

Ya, fitur ASA merupakan fitur keselamatan aktif canggih, dimana ada enam fungsi bagian yang menarik seperti Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Mobil ini juga sudah dibekali rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur, SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, Anti-Lock Brake System (ABS), dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA) tergantung varian dan tipe transmisi yang dipilih.

Untuk jantung pacu Daihatsu Rocky mengusung mesin 1KR-VET 3-silinder, berkapasitas 1.0-liter plus turbo yang menghasilkan daya 96 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 rpm. Sementara itu untuk pilihan mesin WA-VE, berkapasitas 1.2-liter, 12 katup, DOHC, Dual VVT-i menghasilkan 86 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 4.500 rpm.

3. Honda WR-V

7 Pilihan SUV Kecil di Indonesia, Ini Perbedaan Mesin dan Harga Terbarunya 03

Honda WR-V

Honda WR-V yang memiliki nama Winsome Roundabout Vehicle, banyak dilengkapi fitur mumpuni seperti dilengkapi dengan ABS + EBD + BA, 6 airbag (dual front SRS, side & side curtain), Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist (VSA). 

Selian itu ada juga Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & tether, pretensioner with load limiter seat belt dan parking sensor di bagian belakang mobil, smart key, remote engine start, keyless entry, auto lock system by speed, immobilizer serta alarm system. Pengguna juga diberi sistem auto A/C, rear seat reminder dan walk away auto lock. Varian teratas memiliki teknologi ADAS canggih, Honda Sensing.

Untuk jantung pacu, mobil ini sudah dibenamkan mesin berkapasitas 1,5 liter i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup tertanam di balik bonet. Tenaga maksimum terbuncah 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan CVT berpadu teknologi G-design shift.

Baca juga: Mau Beli Mobil SUV? Ini Rekomendasi Model yang Banyak Dibeli Sepanjang 2022

4. KIA Sonet

KIA Sonet

KIA Sonet

KIA Sonet juga masuk SUV kecil, dimana mobil ini sudah dilengkapi lengkapi seperti Head Unit dengan layar sentuh LCD 10,25 inci, yang mampu terkoneksi dengan ponsel pintar melalui multiple Bluetooth connection, Android Auto, Apple CarPlay, USB & AUX termasuk kemampuan beroperasi via voice recognition. 

KIA Sonet juga punya fungsi Remote Engine Start yang dapat menyalakan mesin serta AC dengan mobil masih dalam keadaan terkunci, lalu ada juga Wireless Smartphone Charger, Tire Pressure Monitor System, Drive Mode dan Traction Control. Mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan seperti 6 airbag, VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide.

Untuk jantung pacu, KIA Sonet dibekali mesin 4 silinder berkubikasi 1.497 cc DOHC dual CVVT dan Fuel Injection, yang memiliki tenaga puncak 114 tk pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm.

5. Nissan Magnite

Nissan Magnite

Nissan Magnite

Nissan Magnite pada bagian kabin dijejali head unit layar sentuh 8 inci yang dapat terhubung ke ponsel pintar. Selain itu ada juga fitur smart keyless, sementara menyalakan mesin bisa melalui tombol Start-Stop.

Terdapat juga sejumlah fitur pendukung mengemudi dan keselamatan di antaranya Tire Pressure Monitoring System, Around View Monitor (AVM), Hill Start Assist, ABS, EBD, Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), hingga airbag ganda SRS dengan sabuk pengaman pretensioner dan load limiter untuk pengemudi dan penumpang.

Mobil SUV kecil ini dilengkapi mesin HRAO berkapasitas 1,0 liter, konfigurasi 3 silinder plus Turbocharger, yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 98 hp pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 160 Nm pada 2.800-3.600 rpm.

6. Suzuki Ignis

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis

Ada yang menyebutkan bahwa Suzuki Ignis termasuk SUV kecil. Maka tidak ada salahnya kita ulas mobil yang pertama meluncur pada tahun 2017 tersebut. 

Selain desainnya unik, SUV kecil ini sudah dibekali keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control dan bluetooth phone connection, AC auto climate with heater, 60:40 rear seat fold down, sporty look speedometer, serta kapasitas bagasi luas hingga 260 liter.  

Sedangkan untuk sektor keamanan dan keselamatan, Suzuki Ignis dibekali fitur Anti-Lock Brake System (ABS), dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt, dan new generation platform HEARTECT. 

Suzuki Ignis mengadopsi mesin berkode K12M empat silinder berkapasitas 1.197 cc, multipoint injection, yang menghasilkan daya 81,8 tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. 

7. Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso juga disebut-sebut masuk segmen SUV kecil karen terlihat tinggi bentuknya.. Maka dari itu, tidak ada salahnya kita cari tahu apa saja keunggulannya mobil yang diluncurkan pada tahun 2022. 

Hal yang paling unik dari mobil bergaya Jaipur Domestic Market ini hanya dibekali power window di bagian depan saja, sementara belakangnya masih menggunakan manual dengan model engkol. Dari aspek multimedia untungnya tidak buruk. Untuk memberikan kenyamanan, maka fitur head unit memakai layar sentuh 6,8 inch with Smartphone Mirroring. 

Kemudian, mobil ini telah dilengkapi dengan ABS, HEARTECT platform, rear parking sensor, dual SRS airbag di depan, childproof rear door locks, 3 points assist grip dan terakhir Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Suzuki S-Presso sudah dibenamkan mesin K108, DOHC, 3 silinder, berkapasitas 998 cc, menghasilkan tenaga sebesar 68 ps pada 5.500 rpm, serta torsi 90 Nm pada 3.500 rpm.

8. Toyota Raize

Toyota Raize

Toyota Raize

Toyota Raize memiliki banyak fitur satu diantaranya fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS), yang dapat membantu pengemudi berkendara lebih aman berkat hadirnya pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert with steering control, rear cross traffic alert, blind spot monitor, dan pedal misoperation control.

Setiap fungsi memiliki tugasnya masing-masing. Salah satu yang paling canggih adalah lane departure alert yang berfungsi memberi peringatan saat mobil keluar lajur, dan komputer akan mengoreksi arah kemudi pada situasi-situasi tertentu.

Dari segi keamanan, fitur-fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Untuk performa, Toyota Raize dijejali  mesin b1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i berkapasitas 1.0 liter ditambah turbo yang mampu menghasilkan daya 96,6 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Daftar Harga SUV Kecil di Indonesia

Citroen C3

  • C3 Rp223.000.000

Daihatsu Rocky 

  • Rocky 1.2 M MT: Rp206.450.000
  • Rocky 1.2 X MT: Rp 220.550.000
  • Rocky 1.2 X MT SC Rp222.050.000
  • Rocky 1.2 M CVT: Rp224.350.000
  • Rocky 1.2 X MT ADS: Rp228.650.000
  • Rocky 1.2 X MT ADS SC: Rp230.950.000
  • Rocky 1.2 X CVT: Rp238.450.000
  • Rocky 1.2 X CVT SC: Rp 238.700.000
  • Rocky 1.2 X CVT ADS: Rp246.550.000
  • Rocky 1.2 X CVT ADS SC: Rp248.050.000
  • Rocky 1.0 R TC MT: Rp246.450.000
  • Rocky 1.0 R TC MT SC: Rp247.950.000
  • Rocky 1.0 TC MT Two Tone: Rp248.950.000
  • Rocky 1.0 TC MT Two Tone SC: Rp249.950.000
  • Rocky 1.0 TC MT ADS: Rp254.550.000
  • Rocky 1.0 R TC MT ADS SC: Rp256.050.000
  • Rocky 1.0 R TC MT ADS Two Tone: Rp257.050.000
  • Rocky 1.0 R TC MT ADS Two Tone SC: Rp258.050.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT: Rp261.450.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT SC: Rp262.950.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT Two Tone: Rp263.950.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT Two Tone SC Rp264.950.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ADS: Rp269.550.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ADS SC: Rp271.050.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ADS two Tone: Rp272.050.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ADS Two Tone SC: Rp273.050.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ASA: Rp271.350.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ASA SC: Rp272.850.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone Rp273.850.000
  • Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone SC: Rp274.850.000.

KIA Sonet

  • Sonet Smart M/T Rp 277.800.000.

Honda WR-V

  • WR-V 1.5L E Rp271.900.000
  • WR-V 1.5L RS Rp289.900.000.

Nissan Magnite

  • Magnite Upper 1.0L Turbo MT: Rp265.100.000
  • Magnite Upper 1.0L Turbo CVT: Rp285.000.000
  • Magnite Premium 1.0L Turbo MT: Rp281.000.000
  • Magnite Premium 1.0L Turbo CVT: Rp293.000.000.

Suzuki Ignis

  • Ignis GX MT: Rp207.200.000
  • Ignis GX AGS: Rp217.500.000.

Suzuki S-Presso

  • S-Presso MT: Rp155.000.000
  • S-Presso AT: Rp164.000.000.

Toyota Raize

  • Raize 1.0T G M/T ONE TONE Rp251.900.000
  • Raize 1.0T G M/T TWO TONE Rp254.500.000
  • Raize 1.0T G CVT ONE TONE Rp266.900.000
  • Raize 1.0T G CVT TWO TONE Rp269.500.000
  • Raize 1.0T GR CVT ONE TONE Rp280.800.000
  • Raize 1.0T GR CVT TWO TONE Rp283.400.000
  • Raize 1.0T GR CVT TSS ONE TONE Rp302.500.000
  • Raize 1.0T GR CVT TSS TWO TONE Rp305.100.000
  • Raize 1.2 G M/T ONE TONE Rp232.400.000
  • Raize 1.2 G CVT ONE TONE Rp247.300.000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil