8 Alasan Mobil Honda WR-V Layak Dibeli, Crossover Bergaya Unik

Franky · 19 Agu 2020 20:00

Kabar mengenai kehadiran Honda WR-V, terus santer terdengar. Kemungkinan Honda WR-V akan hadir di Tanah Air pada tahun 2020 hingga 2021 mendatang. Meski belum sepenuhnya hadir di Indonesia, tak ada salahnya bagi kami untuk memberikan 5 alasan mengapa Honda WR-V layak dibeli.

Dari catatan sejarahnya, mobil bongsor satu ini dulunya diperkenalkan pertama kali di Sao Paulo International Motor Show 2016. Awalnya, Honda WR-V mengincar pasar otomotif Amerika Selatan serta India, yang kemudian rencananya akan mulai merambah Asia Tenggara.

Jika berbicara soal desain, Honda WR-V adalah hasil kolaborasi desain Honda Research & Development Centre Jepang dan Brazil. Keduanya bersanding untuk menciptakan tatanan mobil untuk pasar internasional. Menerapkan tampilan perkotaan ala muda-mudi Brazil dipadu kebutuhan berkendara dari masyarakat India. Tak heran, keseluruhan bodi serta desainnya terkesan unik dan segar.

Tampilan Honda WR-V memang terkesan anggun dan menawan

Jika melihat dimensi bodi serta spesifikasinya, Honda WR-V akan menduduki kelas di bawah model HR-V. Sosoknya masih terkesan mirip mobil keluarga tapi dikemas dengan perawakan kekar ala Crossover serta bergaya perkotaan. Jika dibandingkan dengan Honda Jazz, dimensi bodi WR-V tampil lebih besar, sehingga sukses memberi kesan lega.

Alasan Mengapa Honda WR-V Layak Dibeli

Di segmen pertama ini, akan dijelaskan lebih lanjut akan alasan mengapa Honda WR-V layak dibeli, apabila nanti sudah rilis di Indonesia.

1. Desain Uniknya Bisa Menjadi Trendsetter

Seperti yang dibahas soal desain, Honda WR-V punya racikan desain khas Jepang dan Brazil. Jika dibawa ke Tanah Air, bisa dibilang sosoknya berpotensi untuk menjadi Trendsetter baru. Setidaknya mampu memberi warna baru di setiap jalanan-jalanan kota.

Di sisi yang lain, perlu diakui bahwa Honda WR-V punya desain bodi bongsor yang bisa diamati pada sisi belakang, mengingatkan kami pada model Honda Jazz. Di sisi yang lain, dimensi bodi secara keseluruhan juga tergolong mirip mobil keluarga layaknya Honda Mobilio.

2. Penuh Fitur Mumpuni

Untuk sekelas mobil Crossover, Honda WR-V dibekali dengan fitur-fitur berkelas. Pada panel Head Unit misalnya, sudah dibenamkan format audio lengkap seperti Android Auto dan Apple CarPlay. Sehingga, Anda nantinya bisa mendengarkan musik favorit langsung dari Handphone.

Tema yang digunakan pada dashboard-nya adalah Driver's Oriented

Hal menarik lainnya adalah lewat kehadiran Sunroof, Cruise Control, Dual SRS Airbags, kamera parkir, Seat Belt Reminder, fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Tentunya, fitur tersebut bisa menjadikan Honda WR-V tampil lebih aman dan kompatibel untuk jalanan di Indonesia.

3. Punya Dua Pilihan Mesin

Dari kabar resminya di India, Honda WR-V menyediakan dua pilihan mesin yakni 1.200 cc bensin i-VTEC dan 1.500 cc diesel i-DTEC. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memilih performa berkendara yang dihendaki.

Performa mesinnya ditawarkan dalam dua pilihan yakni bensin dan diesel

Pada mesin bertenaga bensin, mampu menyemburkan daya hingga 89 PS dipadu torsi puncak sebesar 110 Nm. Beda halnya dengan mesin diesel, performanya mampu dipacu hingga mencapai 99 PS serta punya kemampuan torsi maksimum sebesar 200 Nm.

4. Dimensi Honda WR-V Tergolong Lega

Mobil Honda terbaru ini nyatanya mampu menampung hingga 5 orang sekaligus. Dari spesifikasi resminya, dimensi Honda WR-V punya panjang 3.999 mm, lebar 1.734 serta tinggi 1.601 mm. Begitu pula soal Wheelbase, yang punya ukuran 2.555 mm, menjadikannya tampil lega sebagai mobil Crossover 5-Seater.

Ruang interior-nya juga dikemas cukup elegan dan punya tata ruang lega

Dari lini keluarga Honda, dimensi bodi WR-V akan berdiri di atas Honda Jazz. Keberadaannya juga berada di bawah kakaknya, Honda HR-V. Sebagai sesama model 5-Seater, tentu hal ini cukuplah logis apabila Honda WR-V mengisi kekosongan tersebut.

5. Harga Honda WR-V Diprediksi Bakal Ramah Dikantong

Di India, Honda WR-V sudah dijual dalam dua pilihan tipe yakni SV dan VX. Harga Honda WR-V di India dijual di kisaran Rs 8.50 Lakh hingga Rs 11 Lakh. Jika dikonversikan, harga Honda WR-V Indonesia bisa dijual di kisaran Rp. 180 jutaan sampai Rp. 240 jutaan. Cukup murah, bukan?

Tapi perlu diketahui pula bahwa harga tersebut masih mengacu pada harga jual Honda WR-V di India. Mari berharap saja, semoga harganya akan menjadi terjangkau jika nantinya sudah dirilis secara resmi di Indonesia.

Alasan Mengapa Honda WR-V Tidak Layak Dibeli

Di sisi lain, kami juga hendak menyampaikan kritikan terhadap mobil satu ini. Beberapa hal akan disampaikan dengan judul “alasan mengapa Honda WR-V tidak layak dibeli”.

1. Bisa Saja Desainnya Tidak Cocok Dengan Selera Indonesia

Seperti yang dibahas sebelumnya, Honda WR-V bisa saja menjadi Trendsetter dengan racikan desain ala Brazil dan India. Tapi di sisi berbeda, desain tersebut justru berpotensi untuk memberi dampak buruk. Potensi paling utama adalah perbedaan selera masyarakat Tanah Air dengan desain bodi Honda WR-V yang berbau India serta Brazil.

Tampilan bodinya memang unik, tapi masih dipertanyakan apakah sesuai dengan selera masyarakat Indonesia atau tidak

Tapi kembali lagi, soal selera desain mobil itu adalah hak dari masing-masing konsumen. Honda WR-V setidaknya menjadi salah satu model Crossover yang unik, jarang ditemui pada kompetitor lainnya. Bagi Anda yang ingin tampil beda, tentu WR-V menjadi pilihan yang sangat tepat.

2. Fitur-Fitur Yang Berpotensi Dipangkas

Honda WR-V yang memang dirancang untuk masyarakat internasional, seringkali punya kebutuhan berbeda dengan masyarakat Tanah Air. Hal ini salah satunya diakibatkan oleh perbedaan kondisi jalan, infrastruktur tiap negara dan faktor lainnya. Tak heran, di beberapa kasus di Indonesia, fitur mobil seringkali dipangkas sehingga bisa tetap aplikatif digunakan di jalanan negeri.

Ilustrasi fitur Honda WR-V

Faktor pemangkasan fitur berikutnya adalah soal harga. Ya, tingkat daya beli masyarakat tentu berbeda-beda di setiap negara. Maka dari itu, fitur pada mobil seringkali dipangkas, agar harganya menjadi lebih murah dan adaptif mengikuti daya beli masyarakat.

3. Kehadirannya Di Indonesia Masih Belum Dirilis Secara Resmi

Honda WR-V masih belum hadir secara resmi di Indonesia. Tapi diprediksi, sosoknya bakal diperkenalkan pada tahun 2020 hingga 2021 ini. Faktor pandemi COVID-19 juga menjadi hambatan utama, itulah mengapa kehadirannya masih belum muncul di Indonesia.

Bagi Anda yang mungkin merasa tertarik dengan Honda WR-V, tak ada salahnya untuk tetap menunggu semua kembali normal. Di satu sisi yang lain, informasi kali ini diharapkan bisa menjadikan pertimbangan tersendiri tentang Honda WR-V yang santer belakangan ini.

Kesimpulan

Honda WR-V adalah mobil Honda terbaru yang sudah dijual lebih dulu di pasar India. Santer terdengar kabar bahwa WR-V akan dipasarkan di Asia Tenggara seperti halnya Indonesia. Sosoknya sendiri tampil menarik, hasil kerjasama rancangan desain Honda Jepang dan India.

Apakah Honda WR-V kelak akan menjadi Trendsetter baru atau malah tidak cocok dengan selera konsumen Tanah Air? Meski begitu, mobil ini terasa lebih cocok bagi mereka yang ingin tampil beda dan unik. Tentu ada perasaan bangga, bukan?

Di satu sisi lain, ada potensi pula bahwa Honda WR-V bisa dipangkas fiturnya karena alasan perbedaan kondisi jalan, infrastruktur serta agar membuat harganya bisa tampil terjangkau. Tapi saran kami, mari kita sama-sama menunggu Honda WR-V agar tiba di Indonesia ya.

Komentar

Mobil Terbaru