window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik Lebaran

Herdi · 12 Apr, 2023 18:04

8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik Lebaran 01

Musim mudik Lebaran 2023 tinggal menghitung hari. Itu Artinya Anda yang ingin merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah di kampung halaman, maka sudah waktunya melakukan berbagai persiapan dengan matang, termasuk pemeriksaan mobil.

Ya, Anda yang ingin mudik dengan menggunakan mobil pribadi, maka melakukan berbagai pengecekan sejumlah komponen adalah wajib. Agar saat mobil digunakan nanti terhindar dari masalah, seperti halnya mogok dan lain sebagainya. 

Baca juga: 7 Keuntungan Beli Mobil Bekas Jelang Musim Mudik Lebaran

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pastikan mobil sudah dicek agar tidak mogok di tengah jalan

Pastikan mobil sudah dicek agar tidak mogok di jalan

"Jangan sampai perjalanan mudik dan silaturahmi bersama keluarga menjadi terganggu," ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023).

Untuk melakukan pengecekan tidak ada salahnya untuk datang ke bengkel resmi. Bahkan Nur Imansyah menyatakan, untuk pemilik mobil Toyota bisa juga melakukan booking servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS - Auto2000 Home Service agar mobil Toyota siap performanya saat diajak mudik. 

Baca juga: Tekanan Angin Ban Buat Mudik 2023, Apakah Lebih Aman dengan Kelebihan Angin?

"Manfaatkan juga promo spesial hanya di Auto2000,” ucapnya. Dia juga menyebutkan, promo di Auto2000 mulai dari diskon jasa sampai 20 persen, part 5 persen sampai gratis oli, hingga Program Service Mobil Tiap 6 Bulan, bisa mendapatkan 6x manfaatnya. 

Adapun kata Nur Imansyah, beberapa komponen mobil yang wajib dibawa yaitu: 

Bagian ban mobil juga wajib dicek

Pastikan tekanan angin ban sesuai tidak kurang atau tidak lebih

1. Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan sehingga wajib diperhatikan kondisinya. Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.

2. Filter Mobil

Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan. Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu. Dampak buruk filter tidak diganti seperti oli, bensin, dan udara yang terkontaminasi kotoran sehingga mengganggu kerja mesin.

Cairan oli

Oli jadi bagian penting yang juga harus dicek

Baca juga: 7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik

3. Oli Mobil

Periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

4. Sistem Suspensi

Ada 3 bagian pada kaki-kaki mobil, yakni penerus daya, kemudi, dan peredam guncangan atau shock absorber. Saat perjalanan mudik, seluruh bagian kaki-kaki bekerja keras karena beban muatan yang penuh dan kondisi jalan yang dinamis. Risiko kerusakan mudah timbul, seperti ketika menabrak lubang yang dalam di kecepatan tinggi.

Pengecekan aki

Pengecekan aki juga wajib dicek saat hendak mudik karena jadi sumber suplai daya listrik

5. Aki Mobil

Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga, pun ada risiko masalah seperti korsleting listrik kalau sampai abai dirawat. AutoFamily tentu tidak ingin kehilangan daya listrik dalam perjalanan yang membuat mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Termasuk memeriksa kinerja alternator karena tugasnya semakin berat ketika hujan turun, seperti harus menyalakan AC, wiper, dan lampu secara bersamaan.

6. Rem Mobil

Ini yang juga tak kalah penting. Lakukan pengecekan mulai dari minyak rem dan segera ditambah kalau berkurang. Termasuk, tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem. Pastikan tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai adanya rembesan di sambungan atau lekukan.

Radiator harus diisi carian

Radiator harus diisi carian baru

7. Cairan Mobil

Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil, terlebih saat perjalanan jauh. Pastikan air pada tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya. Sedangkan air washer membantu wiper untuk membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Sekaligus, periksa dan pastikan wiper dalam kondisi layak pakai. Untuk pengguna mobil manual, pastikan minyak kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.

8. Lampu Mobil

Kondisi perjalanan kadang tak bisa diprediksi, sehingga penting untuk mengecek semua komponen pendukung seperti lampu. Mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan juga lampu sein, apakah masih bagus atau sudah mulai redup. Cek soket lampu dan segera ganti lampu yang mulai bermasalah.

@autofun.indonesia Tonton sampai habis buat yang mau mudik gratis! #MudikFunBersamaHyundai #tipsmobil #mobilbaru #stargazer #hyundai #DiantarSangBintang ♬ 80s synth pop retro scale feeling(951304) - Hanadayama Music Lab

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil