window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru

Herdi · 20 Mar, 2023 14:03

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 01

Untuk sebagian orang membeli mobil baru memang sudah jadi hal biasa. Tapi bagi sebagian lainnya, bisa jadi itu merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. 

Pasalnya, untuk membeli mobil baru, tak sedikit dari mereka harus rela menyisihkan dari pendapatannya untuk mengumpulkan dana ratusan juta rupiah dalam beberapa tahun lamanya. Belum lagi, ada juga yang harus rela menyicilnya setiap bulan selama rentang waktu tertentu.

Baca juga: 6 Mitos Seputar Perawatan Mobil yang Bikin Pemilik Jadi Risau, Apa Saja?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah, di luar bagaimana cara membayarnya, ketika pertama kali membeli mobil baru sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal penting, agar jika terjadi masalah pada mobil, maka Anda tidak langsung panik. Berikut ulasannya. 

1. Mengenal Kondisi Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 01

Harus paham mana mobil milik Anda sendiri

Saat pertama kali Anda memiliki mobil, maka sudah seharusnya mengetahui kondisi mobil tersebut, mulai dari mengenali bentuk, warna, hingga pelat nomor kendaraan tersebut. 

Penting juga mengetahui apakah mobil itu punya tanda khusus, seperti ada lecet dibagian tertentu atau lainnya. Kemudian Anda juga wajib mengetahui karakter suara mesin kendaraan itu. Baik ketika dipanaskan atau saat dipacu di jalanan. Sebab, terkadang beberapa masalah mobil bisa diketahui dari suara aneh yang muncul.

Baca juga: Jangan Termakan Mitos, Ini 5 Fakta Soal Cara Perawatan Mobil yang Tepat

2. Perhatikan Tempat Parkir Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 02

Harus punya garasi yang cukup untuk menyimpan kendaraan

Sebelum memutuskan mau memiliki mobil apa, sebaiknya hal yang perlu diketahui adalah bagaimana kondisi tempat parkir atau garasi di rumah Anda. Pastikan mobil bisa masuk secara utuh jangan sampai ada bagian yang masih terlihat dari luar. 

Kemudian ketika mobil sudah ada di garasi, pastikan saat hendak dibawa mengemudi, kondisi garasi tidak meninggalkan jejak, seperti adanya kebocoran oli yang menetes di lantai. Sebab, bukan tak mungkin jika terjadi kebocoran maka bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. 

3. Perhatikan Hal Detail pada Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 03

Wajib pahami seluruh tombol dan logo pada mobil

Hal yang juga perlu diketahui ketika memiliki mobil baru, yaitu paham mengenai tanda-tanda pada mobil tersebut. Seperti indikator lampu di odometer, atau posisi jarum indikator bahan bakar. Anda juga harus mengetahui apakah lampu utama menyala atau tidak, jangan sampai saat mengemudi di malam hari, lampu justru mati. 

Baca juga: Promo Perawatan Mobil Kesayangan Pasca Libur Lebaran, di Sini Tempatnya

4. Selalu Periksa Kondisi Cairan Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 04

Harus rutin ganti oli

Setiap mobil memiliki beberapa cairan, seperti pelumas yang digunakan untuk mesin, rem, dan transmisi. Selain itu, ada juga cairan atau air yang bisa yang digunakan untuk radiator atau wiper.

Pastikan bahwa cairan-cairan tersebut tidak meninggalkan jejak karena ada kebocoran. Kemudian pastikan cairan-cairan tadi diganti secara berkala sesuai anjuran pabrikan.

5. Jaga Jarak Saat Mengemudi

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 05

Jangan mentang-mentang mobil baru gas pol terus...

Ketika pertama kali punya mobil bru, Anda tak perlu sombong saat mengemudi. Seperti halnya kebut-kebutan, bahkan sampai membuntuti mobil yang di depan dengan jarak yang sangat dekat.

Pasalnya menjaga jarak itu sangat penting, karena Anda bisa memanfaatkan momentum untuk menghindar atau melakukan pengereman dengan tepat jika mobil di depan mengalami masalah atau kecelakaan.

6. Pelajari Dasar-dasar Merawat Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 06

Jangan cuma dipakai, mobil juga harus dirawat

Hal yang tak kalah penting adalah mempelajari dasar-dasar cara merawat mobil. Seperti mengetahui berapa tekanan ban, cara membuka dan memasang ban, cara mengisi cairan pada mobil. Untuk lebih lengkap bisa juga membaca buku manual.

7. Ketahui Istilah pada Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 07

Pada brosur atau bukup pemilik biasanya tercantum istilah spesifikasi mobil

Ketika pertama kali membeli mobil baru, setidaknya Anda mengetahui beberapa istilah penting yang familiar dalam dunia otomotif. Nah, beberapa istilah dalam dunia otomotif seperti nama suku cadang contohnya filter udara atau filter oli, lalu juga radiator dan lainnya. 

Kemudian ada juga beberapa nama-nama fitur pada mobil seperti Antilock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan brake assist (BA),  Airbag dan lainnya. Selain itu ada juga istilah seperti viskositas oli, satuan daya pada mobil seperti Horsepower atau daya kuda, dan masih banyak lainnya.

8. Rajin Membersihkan Mobil

8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru 08

Lakukanlah minimal tiap akhir pekan

Hal penting harus dilakukan saat memiliki mobil yaitu mobil harus bersih. Jangan sampai mobil menjadi kotor karena Anda malas membersihkannya. Sebab, jika mobil kotor dan tidak dibersihkan maka bukan tak mungkin untuk bagian eksterior bisa muncul jamur atau karat. 

Sedangkan pada kabin, sebaiknya jangan menyimpan barang-barang yang kemungkinan membawa kotoran, seperti menyimpan sampah makanan, atau lainnya. Sebaiknya kabin mobil juga turut dibersihkan agar tetap segar, nyaman, dan menjaganya sehingga selalu dalam kondisi prima.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil