window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

9 Hal Menarik Daihatsu Ayla 2023, LCGC yang Semakin Sporty

Herdi · 13 Mar, 2023 20:02

9 Hal Menarik Daihatsu Ayla 2023, LCGC yang Semakin Sporty 01

Memanfaatkan gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2023, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya mengumbar seluk beluk All New Daihatsu Ayla 2023.

Ya, mobil yang masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) tersebut secara resmi diluncurkan dan boleh dilihat atau di review dari jarak dekat. Pasalnya, saat pertama kali diperkenalkan pada pertengahan Februari 2023, Daihatsu Ayla belum bisa dilihat secara menyeluruh termasuk mengintipo interior atau diumukan harganya.

Baca juga: Sah Dijual, Harga Daihatsu Ayla 2023 Jauh Lebih Murah dari Agya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

All new Daihatsu Ayla

All new Daihatsu Ayla

Namun kini, tepat di ajang GJAW 2023, tidak hanya eksterior, bagian interior, fitur, mesin, dan harganya diumumkan. Nah, mau tahu apa saja fakta menarik Daihatsu Ayla 2023, berikut ulasannya:

1. Desain Daihatsu Ayla 2023 Sporty Tanpa Chrome

Hal yang paling terlihat pada Ayla terbaru ini adalah desain yang sporty. Hal ini bisa dilihat dari lekukan body mobil yang lebih aerodinamis dan terkesan modern. Tentunya dengan masuk segmen LCGC, tampilan menarik jadi sangat penting.

Tampak depan Daihatsu Ayla

Tampak depan Daihatsu Ayla

Belum lagi pada generasi kedua ini jadi terasa naik kelas berkat banyak perubahan di beberapa bagian mobil tersebut. Bahkan Daihatsu mengklaim Ayla terbaru adalah Valuable. Hal ini dikarenakan dari desain eksterior mobil ini sangat berubah, seperti halnya penggunaan LED Headlamp, dan DRL (Daytime Running Light). 

Daihatsu juga menghilangkan ornament chrome, alhasil tampilannya jadi lebih sporty berkat balutan warna hitam baik di grill hingga cangkang lampu foglamp. Kemudian mobil ini juga dilengkapi aksen karbon (khusus tipe tertinggi) pada bagian depan. 

Baca juga: Resmi Dijual, Harga Toyota Agya 2023 Tembus Seperempat Miliar

2. Bodi Lebih Aerodinamis dan Terkesan Kekar

Tampak samping Daihatsu Ayla terbaru

Tampak samping Daihatsu Ayla terbaru

Daihatsu Ayla terbaru pada bagian body samping terlihat lekukan yang menarik jadi semakin aerodinamis. Terlebih lagi pada bagian samping, mobil ini memiliki garis memanjang hingga ke buritan, sehingga terlihat lebih kekar. 

Tak hanya itu, bagian menarik lainnya juga terlihat velg berukuran 14 inci berbahan alloy yang dibalut dengan kelir hitam sehingga jadi lebih ciamik dan sporty. 

Oia, pada bagian samping, kaca spion mobil ini juga sudah elektrik, dan kemudian ada juga grip outer door handle, serta pada bagian tertinggi sudah dilengkapi smart keyless entry, jadi tak perlu anak kunci, namun mobil akan terbuka. 

Baca juga: Gak Sampai Rp150 Juta, Daihatsu Ayla 2023 Tipe 1.0 M Dapat Apa Saja?

3. Gunakan Platform DNGA

Tampak belakang Daihatsu Ayla

Resmi meluncur di GJAW 2023

Hal menarik lain dari Daihatsu Ayla terbaru adalah sudah menggunakan  platform berbasis Daihatsu New Global Architecture (DGNA), sehingga memiliki berbagai keunggulan seperti desain yang modern dan stylish, teknologi terkini, performa prima, fitur keselamatan dan kenyamanan lebih lengkap, efisiensi bahan bakar lebih baik, sekaligus dengan harga tetap value for money di kelasnya.

DNGA merupakan sebuah platform yang dikembangkan oleh Daihatsu, dimana memiliki beberapa konsep untuk diaplikasikan, yaitu produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dan teknologi terkini. Dalam konsep DNGA Daihatsu, efisiensi kendaraan sangatlah diperhatikan bahkan hingga ke detail terkecil. 

Berat, ukuran, waktu, dan juga harga menjadi komponen-komponen yang sangat diperhatikan sehingga menghasilkan mobil yang lebih efisien. Konsep yang diusung oleh Daihatsu dalam menggunakan platform DNGA adalah 1-1-1-1. 

Konsep tersebut tidak sekedar konsep, namun memiliki filosofi 1 gram, 1 millimeter, 1 sen, dan 1 detik. Filosofi tersebut menunjukkan bahwa Daihatsu sangat memperhatikan setiap aspek pembuatan mobil dengan teknologi DNGA hingga ke detail terkecil. 

4. Dimensi Lebih Besar

Tampak belakang Daihatsu Ayla

Tampak belakang Daihatsu Ayla

All New Daihatsu Ayla jadi lebih melar, hal ini terlihat dari panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.515 mm. Dengan bentuk yang lebih lebar mobil ini jadi terasa lega.Bahkan kapasitas bagasi Ayla terbaru ini jadi lebih luas menjadi 265 liter. 

Selain itu, mobil ini juga memiliki ground clearance setinggi 160 mm, radius putar 4,4 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering), membuat Ayla cocok menemani aktivitas harian, serta bisa melewati jalanan sempit di area perkotaan. 

5. Kabin Lebih Modern

Interior All New Daihatsu Ayla tipe X Manual

Interior All New Ayla tipe X Manual

Ubahan pada Daihatsu Ayla juga terjadi pada bagian interior yang lebih atraktif. Pada bagian cockpit dashboard, Daihatsu mengklaim bahwa mobil ini tampil modern dan sporty dengan nuansa advance feeling, ditambah pengaturan AC digital, sehingga pengaturan suhu kabin menjadi lebih mudah, pengisian daya 12 Volt, serta tak kalah penting adanya cup holder yang cukup banyak.

Untuk desain meter cluster dibuat baru, meski masih analog namun cukup informatif, karena menampilkan kecepatan, beberapa lampu indikator, sampai rata-rata konsumsi bahan bakar. 

Mobil ini juga sudah dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Menariknya, head unit ini dapat menampilkan tanggal ganjil genap. Alhasil mobil ini bisa mengingatkan kita saat ketika akan melewati beberapa ruas jalan Gage di Jakarta. Head unit ini juga sudah terkoneksi dengan Apple Carplay dan Android Auto. 

Interior All New Daihatsu Ayla tipe R

Interior All New Ayla tipe R 

Hal yang menarik dari interior mobil ini juga untuk pengaturan lingkar kemudi, dimana Ayla terbaru sudah dilengkapi Tilt Steering, sehingga pengemudi dapat menyesuaikan posisi setirnya. 

Meski masuk kelas LCGC, Daihatsu rupanya ingin sedikit merubah imej mobil murah. Hal ini terlihat dari tuas transmisinya yang lebih terkesan agak mahal. Karena tidak hanya terlihat bonggolan besi yang dibalut plastik, tapi ada juga unsur kulit sintetis yang membungkus tuas transmisi. Untuk tipe teratas, karena menggunakan keyless maka untuk menyalakan mesin menggunakan Push Start-Stop button.

6. Punya Banyak Fitur Keselamatan

Beberapa pilihan fitur keselamatan All New Daihatsu Ayla

Beberapa pilihan fitur keselamatan All New Daihatsu Ayla

Walau masuk mobil LCGC, namun mobil ini sudah cukup banyak fitur keselamatan yang disematkan. Seperti halnya Dual SRS Airbag pada seluruh varian, dan Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan penumpang. 

Untuk varian tertinggi, fitur keselamatan lebih lengkapi seperti HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu, VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama melaju; serta ABS (Anti Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman kendaraan agar lebih aman.

Dalam hal kenyamanan berkendara (Comfort), All New Ayla memiliki tingkat stabilitas yang lebih handal dan lebih senyap berkat penyematan platform DNGA, dan teknologi suspensi yang baru. Sedangkan pada fitur kenyamanan lainnya, All New Ayla telah dilengkapi Engine Push Start-Stop button, ditambah Tilt Steering untuk mempermudah pengaturan posisi stir kemudi ketika akan berkendara, Touchscreen Audio 7’ inch yang modern yang dapat terkoneksi dengan smartphone yang dapat menambah hiburan selama berkendara, serta E-latch Backdoor yang memudahkan ketika membuka dan menutup bagasi.

7. Ada Mesin 1.0-liter dan 1.2-liter sama seperti Rocky 

Mesin 1.0 liter dan 1.2 liter

All New Ayla dilengkapi dua pilihan mesin

All New Astra Daihatsu Ayla tersedia dengan dua pilihan mesin baru, yaitu 1.2L, WA-VE, 3 silinder, DOHC Dual VVT-i, dan 1.0L, KR-VE, 3 silinder. Adapun untuk mesin 1.2 liter menghasilkan daya hanya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

Nah, kedua mesin ini dilengkapi dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission), sehingga membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan bahan bakar yang lebih efisien.

8. Ayla Tersedia dalam 3 Varian Tipe

Pilihan All New Daihatsu

Pilihan All New Daihatsu

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, Daihatsu menghilangkan tipe D. Namun begitu, karena Ayla saat ini naik kelas, maka mereka menawarkan tiga pilihan varian yaitu M, X, dan R. Untuk tipe M ada satu yaitu ada 1.0 liter M/T, kemudian tipe X ada 1.0 liter M/T, dan 1.0 liter CVT. Sedangkan untuk R ada 1.2 liter M/T dan 1.2 liter R CVT). 

Adapun untuk tipe X dan R tersedia tambahan varian aksesoris berupa Astra Daihatsu Styling (ADS) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera pelanggan yang ingin tampil lebih stylish. 

Agar memberikan pilihan kepada konsumen, Alya terbaru terdapat delapan pilihan warna, diantaranya terdapat tiga warna terbaru seperti, Ruby Red Metallic, Compagno Red, dan Metallic Orange. 

9. Harga Daihatsu Ayla 2023

Booth Daihatsu di Gaikindo Jakarta Auto Week

Booth Daihatsu di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023

Dengan sederet perubahan, All New Astra Daihatsu Ayla dibanderol Rp134.000.000 - Rp189.900.000 untuk harga OTR (On The Road) DKI Jakarta. Adapun untuk detail harganya sebagai berikut:

  • Ayla 1.0 M MT: Rp134 juta 
  • Ayla 1.0 X MT: Rp146,9 juta 
  • Ayla 1.0 X CVT: Rp166,9 juta 
  • Ayla 1.0 X MT ADS: Rp152,8 juta 
  • Ayla 1.0 X CVT ADS: Rp172,8 juta 
  • Ayla 1.2 R MT: Rp164 juta 
  • Ayla 1.2 R CTV: Rp184 juta 
  • Ayla 1.2 R MT ADS: Rp169,9 juta 
  • Ayla 1.2 R CVT ADS: Rp189,9 juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil