Adu Irit, Inilah Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hiace Vs Hyundai H-1

Sebagai sesama Commercial Vehicle, Toyota Hiace dan Hyundai H-1 terus bersaing ketat. Tak heran, keduanya memang punya harga cukup mirip. Toyota Hiace sendiri hanya punya satu tipe dan dijual dengan harga Rp. 537 jutaan. Sedangkan dari kubu Hyundai H-1 menawarkan tiga tipe yang dijual mulai Rp. 505 jutaan hingga Rp. 618 jutaan.

DAFTAR HARGA TOYOTA HIACE TERBARU
MODEL HARGA
Toyota Hiace Premio 2.8 M/T Rp. 537.500.000
DAFTAR HARGA HYUNDAI H-1 TERBARU
Hyundai H-1 Elegance CRDi A/T Rp. 505.500.000
Hyundai H-1 XG CRDi Rp. 545.000.000
Hyundai H-1 Royale Limited CRDi Rp. 618.500.000

Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Toyota Hiace Premio diluncurkan. Terdapat banyak sekali ubahan ketimbang model sebelumnya, mulai dari eksterior hingga fitur-fiturnya. Tak dipungkiri, mobil satu ini memang dirancang untuk fungsi akomodasi dengan taraf mewah layaknya antar jemput hotel, pariwisata dan kendaraan perusahaan.

Total penjualan Toyota Hiace dari bulan Januari hingga November 2019, sukses mencapai 3.504 unit. Bahkan setelah peluncuran model terbarunya di GIIAS 2019, mobil Toyota Hiace mampu meraup total penjualan sebanyak 524 unit. Tentu hal ini tergolong fantastis dan memperlihatkan antusias masyarakat terhadap pembaruan Toyota Hiace.

Sedangkan dari sisi Hyundai H-1, lebih memprioritaskan tampilan Minibus elegan. Mobil asal Korea Selatan ini memang berubah dari segi eksterior, menggunakan bodi kit lebih sporty daripada model sebelumnya. Tak seperti Hiace, Hyundai H-1 justru menawarkan tiga pilihan tipe yakni Elegance, XG dan Royale. Tentu, konsumen bisa bebas memilih tipenya sesuai kebutuhan berkendara mereka.

Tapi sayangnya, penjualan Hyundai H-1 tidak begitu melejit. Dari periode Januari hingga Oktober 2019, mobil mewah satu ini hanya terjual sebanyak 334 unit saja. Mengaca pada tahun 2018, Hyundai H-1 hanya berhasil terjual sebanyak 393 unit.

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hiace Vs Hyundai H-1

Nah, di kesempatan kali ini, kami dibuat penasaran akan perbandingan konsumsi bahan bakar Toyota Hiace Vs Hyundai H-1. Tentu sebagai mobil komersial, para pebisnis Travel juga memperhitungkan konsumsi bahan bakar. Istilahnya, lebih irit BBM, tentu akan memberikan keuntungan yang berlebih. Maka dari itu, akan dijelaskan lebih lanjut tentang konsumsi BBM kedua mobil komersial ini.

Sebelum beranjak lebih jauh soal BBM, ada baiknya untuk mengamati spesifikasi baik dari Toyota Hiace dan Hyundai H-1. Pasalnya, hasil akhir dari konsumsi BBM dipengaruhi langsung oleh spesifikasi dari tiap-tiap mobil.

SPESIFIKASI TOYOTA HIACE VS HYUNDAI H-1
Kategori Toyota Hiace Hyundai H-1
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi 5.915 mm x 1.950 mm x 2.280mm 5.125 mm x 1.920 mm x 1.925 mm
Wheelbase 3.860 mm 3.200 mm
MESIN
Tipe Mesin 2.755 cc 1GD-FTV 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC dengan VNT Intercooler 2.497 cc A2-2.5 CRDI - VGT
Daya Maksimum 154 HP / 3.600 Rpm 168 HP / 3.800 Rpm
Torsi Maksimum 42,8 Kg.m / 1.600 - 2.200 Rpm 40 Kg.m / 2.000 - 2.500 Rpm
Sistem Transmisi 6 Percepatan Manual 5 Percepatan Otomatis
KAKI-KAKI
Suspensi Depan MacPherson Strut (Coil) MacPherson Strut
Suspensi Belakang Leaf Rigid Axle 5 Link
Rem Depan Disc 16” Ventilated Disc
Rem Belakang Disc 16” Ventilated Disc
Ukuran Ban 235/65 R16C 235/60 R17

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hiace

Berbicara soal konsumsi bahan bakar Toyota Hiace, tersedia dua kategori utama yakni hitungan dalam kota dan luar kota. Dua hal ini memang menjadi pandangan umum sebagai indikator konsumsi BBM. Dalam kota lebih merujuk pada area perkotaan yang padat pengendara. Sedangkan luar kota, lebih ditunjukkan pada jalan bebas hambatan seperti tol.

Berapakah konsumsi bahan bakar Toyota Hiace?

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hiace: Dalam Kota

Untuk daerah padat kendaraan, Toyota Hiace berhasil mencatatkan angka di kisaran 9 Km/Liter. Angka ini tergolong normal menurut kami, mengingat Toyota Hiace memiliki kapasitas penumpang hingga 12 orang. Terlebih lagi, kondisi perkotaan yang seringkali macet, juga menjadi faktor utama mengapa konsumsi bahan bakar Toyota Hiace mencapai angka di atas.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hiace: Luar Kota

Beda ceritanya dengan kondisi luar kota, yang mana jalanan lebih lengang dan bebas hambatan. Sehingga, tidak begitu membebani performa mesin. Sama halnya dengan Toyota Hiace, yang berhasil mencatatkan rekor di angka 12 Km/Liter. Menurut pantauan kami, konsumsi bahan bakar Toyota Hiace luar kota semacam ini, sudah sangat irit dan cocok untuk dijadikan kendaraan Travel.

Konsumsi Bahan Bakar Hyundai H-1

Lantas bagaimana dengan konsumsi bahan bakar Hyundai H-1? Apakah mobil asal Korea Selatan ini punya mesin yang irit? Untuk tahu lebih dalam, mari kita simak informasi selengkapnya.

Inilah tampilan Hyundai H-1

Konsumsi Bahan Bakar Hyundai H-1: Dalam Kota

Ketika melintasi area perkotaan, konsumsi bahan bakar Hyundai H-1 dalam kota berhasil mencatatkan rekor 9,1 Km/Liter. Memang tak dipungkiri, kondisi jalanan yang macet seringkali membuat mesin beroperasi cukup berat. Dengan kata lain, pengendara seringkali melakukan ‘Stop And Go’.

Konsumsi Bahan Bakar Hyundai H-1: Luar Kota

Ketika dicoba untuk melintasi area bebas hambatan, konsumsi bahan bakar Hyundai H-1 luar kota sukses mencapai 14,6 Km/Liter. Angka ini tentu tergolong fantastis, ketimbang hasil dari Toyota Hiace. Hal ini didasari dari berbagai faktor seperti perbedaan spesifikasi mesin, perbedaan dimensi bodi dan lainnya.

Nah, untuk perbandingan konsumsi bahan bakar Toyota Hiace Vs Hyundai H-1, bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

PERBANDINGAN KONSUMSI BAHAN BAKAR TOYOTA HIACE VS HYUNDAI H-1
DALAM KOTA
Toyota Hiace 9 Km/Liter
Hyundai H-1 9,1 Km/Liter
LUAR KOTA
Toyota Hiace 12 Km/Liter
Hyundai H-1 14,6 Km/Liter

Catatan:

  • Hasil di atas hanya bersifat sebagai referensi saja

  • Hasil bisa berbeda-beda tergantung kondisi jalan, gaya berkendara dan berbagai faktor lainnya

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa perbandingan konsumsi bahan bakar Toyota Hiace Vs Hyundai H-1, dimenangkan oleh kubu Hyundai. Baik dari indikator dalam kota dan luar kota, Hyundai menang mutlak. Hyundai H-1 bisa mencapai hasil 9,1 Km/Liter (dalam kota) dan 14,6 Km/Liter (luar kota).

Memang dari segi konsumsi bahan bakar kali ini dimenangkan oleh Hyundai H-1. Tapi bisa saja, dari segi lainnya, hasil bisa dimenangkan oleh kubu Toyota Hiace seperti soal fitur dan biaya perawatan. Setidaknya, artikel kali ini bisa menjadikan referensi tambahan bagi Anda untuk lebih memutuskan pembelian.

Nah, jadi apa pilihan terbaik Anda? Apakah Toyota Hiace yang punya image besar di pasar Indonesia atau Hyundai H-1 yang notabene punya konsumsi BBM lebih irit? Semua pilihan dan keputusan kembali jatuh pada Anda.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik