window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda

Franky · 27 Mei, 2020 19:00

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 01

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 02

Permintaan akan City Car terus meroket naik sejak beberapa tahun ini. Body yang ramping dan elegan serta segala kemampuannya yang mampu memenuhi permintaan pasar kerap menjadi sorotan mengapa city car banyak digandrungi akhir-akhir ini. Keberadaan City Car mampu menutup gap market yang menginginkan mobil kecil, praktis dan lincah yang mampu melahap medan perkotaan yang sudah penuh oleh lalu lalang kendaraan yang lain. Tentu saja, faktor kepraktisan dari sebuah City Car menjadi nomor 1 para calon pembeli mobil tersebut.

Suzuki meluncurkan model mobil Suzuki Ignis untuk menjawab keinginan pasar City Car. Tentu saja Honda tak ingin kalah dengan meluncurkan model Honda Brio baru. Kedua mobil ini menjadi City Car pilihan masyarakat Indonesia. Keduanya bersaing dalam mendapatkan hati pembelinya. Suzuki Ignis yang dinobatkan sebagai juara City Car pada tahun 2018 harus kalah pada Honda Brio di tahun 2019. Namun keduanya masih menjadi pilihan utama untuk model City Car di pasar Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Honda Brio terbaru memiliki 5 macam varian, dimana Honda Brio RS baru merupakan varian yang terbaru. Sedangkan mobil Suzuki Ignis memiliki 4 varian, dimana Suzuki GX AGS merupakan varian tertinggi dari mobil Ignis.

Terkait harga, harga mobil Honda Brio terbaru berkisar dari Rp 148 juta hingga Rp 202 jutaan. Sedangkan harga mobil Suzuki Ignis baru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 jutaan. Ini merupakan harga Ignis dan Brio baru tahun 2020.

Perbandingan Kepraktisan Suzuki Ignis Vs Honda Brio

Tak bisa dipungkiri kata praktis dan City Car tidak bisa dipisahkan. Model mobil City Car memang dituntut untuk menjadi mobil yang praktis guna memenuhi kebutuhan pengendaranya. Lalu apa saja faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk menilai kepraktisan suatu mobil pada segmen City Car? Berikut daftar yang menurut kami sangatlah berpengaruh pada kepraktisan City Car.

  1. Ukuran Bagasi

  2. Interior yang fleksibel

  3. Dimensi kabin

  4. Port USB dan multimedia pada dashboard

  5. Konsumsi BBM

Dari kelima daftar di atas, akan diulas tingkat kepraktisan dari masing-masing mobil Suzuki Ignis dan Honda Brio terbaru. Siapakah yang akan keluar sebagai City Car paling praktis? Langsung kita ulas bersama.

Tingkat Kepraktisan Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia guna menjawab tantangan setiap City Car. Dinobatkan sebagai Best City Car of the Year pada tahun 2018 tentu menjadikan Suzuki Ignis salah satu mobil praktis dan lincah yang mampu diandalkan. Ukuran Suzuki Ignis memang kecil dengan panjang yang hanya 3.700 mm dan lebar 1.660 mm, tetapi relatif tinggi dengan ukuran 1.595 mm.

1. Ukuran Bagasi Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis Indonesia hadir dengan kapasitas bagasi yang  lega dan besar. Untuk ukuran mobil mungil, ukuran bagasi Suzuki Ignis sangatlah mencengangkan. Dengan ukuran bagasi  sebesar 267 liter mampu memuat banyak barang berukuran sedang. Kursi belakang yang mampu dilipat dapat menambah daya tampung mobil Ignis Suzuki Indonesia secara signifikan.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 01

Bagasi Suzuki Ignis dengan kursi belakang yang terlipat

2. Dimensi Interior Suzuki Ignis

Dengan tinggi sekitar 1,6 meter, mobil Suzuki Ignis memberikan ruang kepala yang sangat luas. Ruang kaki mobil Ignis yang diberikan juga terbilang nyaman, walaupun memang tidak bisa untuk meregangkan kaki tetapi cukup untuk membuat penumpang tidak merasa sesak.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 02

Tampilan Interior Suzuki Ignis

3. Dimensi Kabin Sopir Suzuki Ignis

Kenyamanan berkendara yang ditawarkan mobil Suzuki Ignis diberikan melalui setir kemudi yang mampu diatur. Selain memberikan kenyamanan, hal ini mampu menambah ruang gerak sopir. Selain itu, tombol-tombol untuk kontrol banyak terdapat pada setir kemudi, sehingga sopir tidak perlu menggerakkan tangan cukup jauh dan tangan tetap pada setir kemudi.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 03

Bisa dilihat bersama dimensi kabin Suzuki Ignis yang tampil ergonomis

4. Port USB dan Multimedia Dashboard Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis memberikan kenyamanan multimedia dengan menyediakan Port USB dan Aux. Multi Information Display (MID) yang besar dan tepat berada di tengah-tengah dashboard juga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman. Tersedianya cup holder menjadi nilai tambahan untuk mobil Suzuki Ignis.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 04

Tampilan Kabin Elegan Sopir Suzuki Ignis

5. Konsumsi BBM Suzuki Ignis

Tak usah diragukan lagi bagi mobil Suzuki Ignis tingkat konsumsi BBM sangatlah diperhatikan. Beberapa pengendara mobil Ignis mengabarkan bahwa tingkat konsumsi BBM sangatlah irit di kisaran 20 - 27 Km/ Liter.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 05

Ilustrasi konsumsi bahan bakar Suzuki Ignis

Tingkat Kepraktisan Honda Brio

Setelah puas mengulas Suzuki Ignis, kini kita beralih pada rivalnya yaitu Honda Brio. Honda Brio memang terbagi menjadi dua segmen, yaitu Honda Brio Satya yang bermain pada Low Cost Green Car (LCGC) dan yang satu lagi Honda Brio RS yang bermain pada non LCGC. Kali ini akan diulas Honda Brio RS baru karena mobil Suzuki Ignis juga merupakan mobil yang non LCGC. Dengan penjualan 2019 mencapai 15.580 unit menjadikan Honda Brio RS kompetitor yang tangguh di segmen City Car. Ukuran Honda Brio RS terbilang lebih kecil daripada Suzuki Ignis dengan panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.

1. Ukuran Bagasi Honda Brio

Honda Brio baru menawarkan ukuran bagasi 175 Liter, terpaut jauh dari mobil Suzuki Ignis. Hal ini dikarenakan panjang mobil  Honda Brio RS yang memang lebih pendek dari pada mobil Suzuki Ignis. Kursi belakang yang tidak dapat dilipat juga menjadikan daya tampung bagasi Honda Brio baru sangatlah terbatas.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 06

Ilustrasi tampilan bagasi Honda Brio

2. Dimensi Interior Honda Brio

Pengorbanan ukuran bagasi yang kecil justru terbayar dengan ruang gerak penumpang dan sopir yang sangat lega dan luas. Honda Brio RS baru mampu memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang dan sopir karena tidak akan merasa sesak. Ruang kaki yang cukup juga memberi kesan lega bagi seluruh penumpang.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 07

Bisa diamati bersama bahwa ruang kaki dirancang cukup lega baik pada deret depan dan belakang

3. Dimensi Kabin Sopir Honda Brio

Bagi ukuran orang dewasa, kabin sopir sangatlah luas dan nyaman. Letak tombol multimedia yang tersedia di kemudi stir juga memberikan kenyamanan ekstra karena tangan sopir tidak perlu lepas dari kemudi stir apabila hendak mengubah multimedia.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 08

Tampilan Dashboard Honda Brio RS

4. Port USB dan Multimedia Dashboard Honda Brio

Tampilan multimedia dashboard pada Honda Brio RS terbilang standar. Banyak orang berpendapat bahwa MID berukuran sedang membuat sopir kesulitan dalam membaca, namun dengan adanya tombol yang cukup besar mampu mempermudah dalam menavigasi MID.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 09

Head Unit-nya punya banyak fitur modern

5. Konsumsi BBM Honda Brio

Honda Brio RS mampu menorehkan hasil yang baik. Rata-rata konsumsi BBM yang dicatat oleh Honda Brio RS berada pada kisaran 17 - 20 Km/ Liter. Memang tidaklah terlalu menonjol apabila dibandingkan dengan Suzuki Ignis, namun dengan angka yg demikian, performa Honda Brio RS di bidang tingkat konsumsi BBM sudah cukup bagus.

Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda 10

Ilustrasi konsumsi bahan bakar Honda Brio

Kesimpulan

Dari ulasan diatas mobil Suzuki Ignis mampu mengungguli Honda Brio RS di beberapa bidang. Namun Honda Brio RS juga tetap tidak mau kalah di bidang yang lain. Mobil Suzuki Ignis menang dalam kapasitas bagasi, fasilitas multimedia dan konsumsi BBM. Dalam bidang luas dimensi kabin sopir dan penumpang, bisa dibilang Honda Brio yang lebih unggul.

Seluruh ulasan di atas tidaklah bersifat mutlak. Banyak faktor yang masih belum diulas yang mungkin saja menjadi faktor kunci dalam menilai kepraktisan suatu mobil. Kesimpulan terakhir kembali pada pembaca. Menurut anda, lebih praktis mana apakah mobil Suzuki Ignis atau Honda Brio baru?

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil