Adu Spesifikasi Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar

Toyota Land Cruiser adalah Sport Utility Vehicle (SUV) yang paling lama yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini pertama kali muncul pada tahun 1954 dan langsung menjadi kendaraan favorit banyak tokoh dunia.

Di Indonesia sendiri, Toyota Land Cruiser dikenal sebagai SUV tangguh yang memancarkan kesan mewah dan gagah. Kemampuan off road yang dimilikinya juga membuat mobil ini sangat digemari para pecinta off road. Banyak yang belum tahu kalau SUV bermesin diesel ini merupakan pengembangan dari blue print Jeep Willys yang dikenal sebagai kendaraan perang pada Perang Dunia II.

Dalam segmen SUV off road premium, Toyota Land Cruiser bersaing langsung dengan Land Rover Range Rover Velar. Kali ini, kita akan adu spesifikasi dari kedua model mobil ini untuk mencari tahu mana yang lebih unggul.

Dimensi

Dari segi dimensinya, jika dilihat secara sekilas, Toyota Land Cruiser tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dibandingkan dengan Land Rover Range Rover Velar. Agar lebih jelas, mari kita lihat tabel perbandingannya berikut ini.

Keterangan Dimensi Toyota Land Cruiser Dimensi Range Rover Velar

Panjang

4.950 mm

4.803 mm

Lebar

1.970 mm

2.145 mm

Tinggi

1.905 mm

1.665 mm

Wheelbase

2.850 mm

2.874 mm

Ground Clearance

220 mm

251 mm

Berat

2.725 kg

1.884 kg

Kapasitas Bagasi

456 liter

632 liter

Toyota Land Cruiser memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih tinggi dibandingkan dengan Land Rover Range Rover Velar, tetapi pesaingnya ini memiliki bodi yang lebih lebar. Untuk wheelbasenya sendiri, kedua mobil ini tidak berbeda jauh, hanya selisih 24 mm.

Kemudian untuk ground clearance-nya, Land Rover Range Rover Velar memiliki ground clearance yang lebih tinggi sehingga dapat lebih mudah melewati jalan yang tidak rata atau berbatu. Sedangkan untuk bobotnya, Toyota Land Cruiser memiliki bobot yang jauh lebih berat dibandingkan pesaingnya tersebut.

Lalu bicara soal kapasitas bagasi, Land Rover Range Rover Velar jauh mengungguli Toyota Land Cruiser. Land Rover Range Rover Velar memiliki kapasitas bagasi 632 liter, sementara Toyota Land Cruiser hanya memiliki kapasitas bagasi 456 liter.

Mesin

Saat ini di Indonesia, Toyota Land Cruiser dipasarkan dalam dua varian berbeda, yakni Toyota Land Cruiser 200 STD Spec A/T Diesel dan Toyota Land Cruiser 200 Full Spec A/T Diesel yang juga dikenal dengan sebutan Toyota Land Cruiser VX dan Toyota Land Cruiser VXR.

Sama seperti Toyota Land Cruiser, ada dua varian Land Rover Range Rover Velar yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Land Rover Range Rover 2.0 Dynamic SE atau 3.0 Dynamic SE.

Kedua varian Toyota Land Cruiser mengandalkan mesin Land Cruiser USP bertipe 1VD-FTV, V8, 32 katup, DOHC, Diesel Commonrail dengan kapasitas mesin 4,4 liter. Sementara pesaingnya, Land Rover Range Rover Velar, mengandalkan mesin I4 M id DOHC A J200 4 silinder dengan kapasitas 2,0 liter atau 3,0 liter.

Untuk membandingkan performa mesin dari kedua model mobil ini, mari kita lihat tabel berikut.

Keterangan Dimensi Toyota Land Cruiser Dimensi Range Rover Velar

Mesin

1VD-FTV 32 katup, DOHC, Diesel Commonrail

I4 M id DOHC A J200, 16/24 katup

Jumlah Silinder

8 Silinder

4 Silinder

Kapasitas Mesin

4,4 liter

2,0 liter/3,0 liter

Power Output

231 HP @ 3.200 rpm

246 HP @ 5.500 rpm

Torsi

616 Nm @ 1.800-2.200 rpm

365 Nm @ 1.200-4.500 rpm

Berdasarkan tabel di atas, meskipun mesin yang dimiliki Toyota Land Cruiser merupakan mesin delapan silinder yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, tetapi tenaga yang dihasilkan mobil ini kalah dengan tenaga Land Rover Range Rover Velar. Kendati demikian, Toyota Land Cruiser masih unggul dalam urusan torsi.

Fitur

Bicara soal fitur keselamatan, Toyota Land Cruiser memiliki beberapa fitur canggih, di antaranya Blind Spot Monitor (BSM), 4 kamera wide angle di bagian depan, belakang, dan samping, Rear Cross Traffic Allert (RCTA), serta 10 buah Airbags. Ada pula fitur Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, serta Isofix.

Untuk fitur hiburan dan kenyamanan, Toyota Land Cruiser dilengkapi dengan heater switch, transfer switch, driving mode switch, wireless charger, dan juga Multi Information Display (MID) Rear-Seat DVD Entertainment System. Tidak hanya itu, pada mobil ini juga disematkan fitur four zone automatic climate control, jok dengan pemanas dan ventilasi, satellite radio, port USB, Siri, layar sentuh 9 inci, layar TFT Multi Information Display, dan juga speaker JBL.

Sementara itu, pada Land Rover Range Rover Velar juga disematkan beragam fitur canggih dan fungsional. Untuk fitur keselamatan dasarnya, ada sistem pengereman EBD, AEB dan ABS. Mobil ini juga dibekali 6 Airbags.

Sedangkan untuk fitur kenyamanan dan hiburannya, Land Rover Range Rover Velar ini memiliki mirip Sistem Infotainment Touch Pro Dual Display di bagian dashboard yang bisa memberikan hiburan. Mulai dari audio, navigasi, hotspot dan lain sebagainya.

Sistem ini juga bisa terhubung dengan smartphone melalui Power Socket Pack 1 dan Bluetooth. Untuk pengemudi, diberikan layar MID High Definition Analogue Dial with Central TFT Display selebar 12,3 inci. Layar MID berteknologi Interactive Driver Display ini akan memberikan informasi seputar kondisi mobil.

Toyota Land Cruiser dipasarkan dengan kisaran harga Rp2,18 miliar hingga Rp2,51 miliar. Sedangkan Land Rover Range Rover Velar dipasarkan dengan kisaran harga Rp2,17 miliar hingga Rp2,5 miliar. Mengingat perbedaan harga yang sangat tipis di antara kedua model mobil ini, Toyota Land Cruiser tentu lebih unggul karena memiliki lebih banyak fitur keselamatan dan hiburan.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik