window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

All New Daihatsu Terios - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM & Fitur

Kurnia Soemarno · 18 Mar, 2020 13:30

Daihatsu secara resmi telah meluncurkan All New Daihatsu Terios. Model yang baru ini menggantikan model sebelumnya yang sudah berusia lebih dari 11 tahun. Bagaimana perubahan pada Terios baru?

All New Daihatsu Terios - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM & Fitur 01

Daihatsu All New Terios ini mengalami perubahan total dengan adanya peningkatan seluruh kinerjanya yang paling mendasar. Kini tampil dengan desain yang jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya namun tetap mengusung konsep SUV serba guna yang berkapasitas 7 penumpang. 

Tetapi akibat perubahan-perubahan itu, justru kini dia tidak lagi terlihat seperti SUV kompak, malah seperti MPV yang ketinggiannya ditambah dengan velg 17 inci. Walaupun demikian, desain yang diusung All New Daihatsu Terios cukup gagah, lebih futuristik dan tampil menawan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Banyak fitur yang disematkan di mobil ini, baik dari segi fitur eksterior, fitur interior maupun fitur keselamatan. Berikut ini beberapa fitur memanjakan yang ditawarkan oleh All New Daihatsu Terios 2019:

1. Hill-Start Assist (HSA)

Hill-Start Assist (HSA) atau disebut juga Hill-Start Assist Control (HSC) adalah fitur keselamatan pada sistem pengereman yang mempermudah Anda saat mengalami kemacetan lalu lintas. Cara kerjanya adalah dengan menahan mobil supaya tidak mundur setelah pedal rem dilepaskan. 

Sistem HSA akan bekerja selama 2-3 detik agar pengemudi sempat memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa khawatir mobil akan mundur. 

Fitur ini tentu sangat membantu, terutama bagi driver pemula saat macet di tanjakan. Dengan fitur HSA, ketika mobil berhenti di tanjakan dan akan maju kembali, mobil itu akan tertahan selama beberapa saat sehingga tidak mundur ketika digas.

2. Vehicle Stability Control (VSC)

Vehicle Stability Control (VSC) atau Kontrol Stabilitas Kendaraan adalah salah satu fitur keselamatan yang sangat penting karena kemampuannya untuk mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil saat dikemudikan. 

Fitur ini sudah terbukti sangat efektif dalam mengurangi risiko kecelakaan fatal akibat kecelakaan tunggal dan tabrakan fatal. Karena itulah, fitur ini diperlukan di beberapa negara untuk disematkan di setiap mobil.

Fungsi utama VSC adalah untuk mencegah mobil terbalik saat hilang keseimbangan, dan untuk membantu memaksimalkan keseimbangan atau stabilitasnya, terutama ketika berbelok di tikungan ketika jalanan licin. 

Cara kerja dari sistem VSC adalah ketika sistem mendeteksi potensi Berguling, misalnya sewaktu pengemudi menikung dengan kecepatan tinggi atau ketika setir terlalu keras, maka secara otomatis sistem akan mengaktifkan rem dan menyesuaikan bukaan gas sesuai kebutuhan guna membantu menjaga kontrol stabilitas mobil

3. Anti-lock Brake System (ABS)

Anti-Lock Brake System (ABS) atau Sistem Rem Anti-terkunci adalah sistem pengereman pada mobil untuk mencegah agar roda jangan sampai terkunci saat pengemudi mengerem mendadak atau terlalu kuat menginjak pedal rem. 

Pada kendaraan tanpa ABS, ketika mobil direm kuat-kuat, semua roda akan terkunci padahal mobil masih melaju. Akibatnya, mobil kehilangan kontrol dan rawan mengalami risiko tergelincir yang fatal. Pengereman ABS sangat membantu meminimalisir kemungkinan tergelincir, sehingga lebih aman saat mobil direm mendadak di jalan yang licin.

All New Daihatsu Terios - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM & Fitur 01

4. Electronic Brake Force Distribution (EBD)

Fitur ini hanya terdapat pada mobil yang menggunakan fitur ABS. Hal ini karena EBD menggunakan komponen fisik yang sama dengan ABS. Namun tidak semua mobil berfitur ABS dilengkapi fitur ini.

Fungsi utama dari fitur EBD ini adalah untuk mengatur tekanan minyak rem di setiap roda, yang tergantung cengkeraman roda ke permukaan jalan.

Fitur EBD akan sangat berguna ketika kendaraan berada di jalan berbelok-belok. Karena ketika kendaraan sedang berbelok, maka cengkeraman pada setiap roda menjadi tidak merata. EBD akan menghasilkan kinerja pengereman maksimal dengan traksi di setiap roda.

5. Emergency Stop Signal (ESS)

Fitur ini akan secara otomatis mengaktifkan lampu darurat ketika terjadi pengereman mendadak. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan peringatan ke pengemudi di belakang agar dia waspada karena mobil di depannya tengah mengalami situasi darurat akibat pengereman mendadak. Dan lampu darurat akan berhenti berkedip sewaktu mobil maju kembali.

6. Immobilizer & Alarm

Immobilizer adalah sistem keamanan untuk kunci mobil, yang mana mesin hanya bisa dihidupkan dengan kunci asli. Sistem ini merupakan sistem enkripsi elektronik yang berisi komponen-komponen chip transponder yang tertanam di kunci mobil. Sehingga mobil akan lebih aman dari bahaya pencurian.

All New Daihatsu Terios - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM & Fitur 02

7. Tombol Remote

Desain tombol baru yang mengikuti tren terkini.

Seluruh fitur terbaru di atas tentunya bisa Anda pertimbangkan saat akan menginginkan mobil dengan postur yang cukup gagah ini. Apalagi dengan aneka pilihan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

KINERJA

Berikut ini data yang kami peroleh dari beberapa sumber terkait akselerasi, kecepatan tertinggi, dan konsumsi BBM dari All New Daihatsu Terios 2019:

Akselerasi 0-100 km / jam: 13,5 detik (perkiraan)

Kecepatan maksimal / Top Speed: 165 km / jam (perkiraan)

Konsumsi BBM di kota: 11 km / liter (perkiraan)

Konsumsi BBM pada kombinasi rute: 12,5 km / liter (perkiraan)

Konsumsi BBM di luar kota / jalan tol: 14-15 km / liter (perkiraan)

All New Daihatsu Terios - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM & Fitur 03

SPESIFIKASI TEKNIS

Mesin:

●     Tipe: 2NR VE - DOHC Dual VVTi 4-Cylinder Inline, 16 Katup

●     Kapasitas: 1496 cc

●     Bore x Stroke: 72,5 x 90,6 mm

●     Tenaga maksimal: 104/6000 PS / rpm

●     Torsi maksimal: 13,9 / 4200 kgm / rpm

●     Sistem bahan bakar: Electronic Fuel Injection

●     Bahan Bakar: Bensin tanpa timbal

●     Setir: Power Steeering Elektrik

● Transmisi: 5-Percepatan (M / T), 4-Percepatan (A / T)

Dimensi

●     Panjang: 4435 mm

●     Lebar: 1695 mm

●     Tinggi: 1705 mm

●     Jarak sumbu roda: 2685 mm

●     Jarak pijakan depan: 1450 mm

●     Jarak pijakan belakang: 1450 mm

●     Kapasitas tangki bahan bakar: 45 liter

●     Radius Belok: 5,2 m

●     Ground Clearance: 220 mm

All New Daihatsu Terios - Spesifikasi, Performa, Konsumsi BBM & Fitur 04

Pengereman, Roda & Suspensi:

●     Suspensi depan: MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer

●     Suspensi belakang: 5-Link Lateral Rod dengan Coil Spring dan Stabilizer

●     Rem depan: Cakram ukuran 16 "

●     Rem belakang: Tromol

●     Ukuran ban: 215/65 R16 (Seri X), 215/60 R17 (Seri R)

●     Velg: Velg Alloy 16 "(Gun Metal, X Series), Velg Alloy 17" (R Series, Black Polished)

Keamanan:

●     Sistem pengereman: ABS + EBD

●     6 Airbag SRS

●     Secured Hill-Start Assist (HSA)

●     Emergency Brake Signal (EBS)

●     Kamera Parkir

●     Sistem  Vehicle Stability Control (VSC)

●     Sabuk pengaman depan dan belakang

●     Pengingat pemakaian sabuk pengaman

●     Kunci Pengaman Anak

●     Sensor Tabrakan

●     Pelindung benturan depan dan samping

●     Pengingat pintu terbuka

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil