Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya!

Suzuki Ertiga adalah salah satu model mobil yang meramaikan segmen Low MPV di Indonesia. Generasi terbarunya memiliki tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Mobil ini sendiri dibanderol dengan kisaran harga Rp205 jutaan hingga Rp260,5 jutaan.

Mobil andalan Suzuki ini pertama kali mengaspal di Tanah Air pada tahun 2012 lalu. Hingga saat ini, nama Suzuki Ertiga terus eksis dan mobil bekasnya pun banyak dicari. Mobil Suzuki Ertiga bekas sendiri dibanderol dengan kisaran harga Rp125 jutaan hingga Rp190 jutaan.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil Suzuki Ertiga baru atau bekas, ada baiknya kita cari tahu tentang kelebihan dan kekurangannya masing-masing terlebih dahulu. Kali ini, kita akan membandingkan Suzuki Ertiga generasi terbaru dengan Suzuki Ertiga 2018, serta Suzuki Ertiga Dreza. Langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Suzuki Ertiga Baru

1. Desain Eksterior Lebih Agresif dan Sporty

Pada bagian eksteriornya, Suzuki Ertiga generasi terbaru memang terlihat berbeda. Desain yang baru memberikan kesan yang lebih agresif sekaligus sporty.

Pada generasi barunya, Suzuki Ertiga dilengkapi dengan Upper and Lower Front Grille, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler di bagian kanan dan kiri, Rear Upper Spoiler dan Rear Under Spoiler. Emblem Suzuki Sport di bagian depan juga semakin menambah kesan sporty yang dipancarkan mobil ini.

2. Memiliki Fitur-fitur Terbaru

Ada beberapa fitur termutakhir yang tidak bisa kita temukan pada Suzuki Ertiga generasi sebelumnya. Untuk menambah keamanan dan kenyamanan ketika berkendara, pada Suzuki Ertiga generasi terbaru telah disemtkan Daytime Running Light (DRL) LED Lamp dan defogger untuk membantu penglihatan pengendara saat cuaca buruk. Fitur Rear-view Camera Parking juga disematkan untuk mempermudah proses parkir.

Untuk fitur hiburannya, Suzuki Ertiga terbaru mengandalkan head unit touch screen 6,8 inci dengan garnish I/P center. Head unit ini terintegrasi dengan fitur-fitur yang ada pada smartphone, seperti seperti Web Link, Radio AM/FM, MP3, WMA, USB, aplikasi navigasi dan musik, Bluetooth Audio, dan Bluetooth phone call.

3. Bobot Lebih Ringan

Suzuki Ertiga lama diketahui memiliki bobot yang sedikit lebih berat. Suzuki Ertiga varian GX M/T memiliki berat 1.175 kg dan varian GX A/T memiliki berat 1.185 kg. Sedangkan pada Suzuki Ertiga baru, bobotnya berkurang 50 kg, menjadi 1.125 kg untuk varian GX MT dan 1.135 kg untuk varian GX A/T.

4. Dimensi Lebih Lebar

Suzuki Ertiga baru memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan pendahulunya. Suzuki Ertiga yang lama memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Sedangkan Suzuki Ertiga baru memiliki panjang 4.395, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Hal ini tentu akan menjamin adanya kabin yang lebih besar.

5. Mesin dan Tenaga Lebih Besar

Suzuki memberikan beberapa perubahan pada generasi terbaru Suzuki Ertiga pada sektor jantung mekanisnya. Jika pada model lamanya mobil ini menggunakan mesin K14B dengan kapasitas mesin 1.373 cc, maka pada Suzuki Ertiga baru dibekali mesin K15B dengan kapasitas mesin 1.462 cc.

Kemudian, tenaga yang dihasilkan juga mengalami kenaikan. Suzuki Ertiga generasi sebelumnya memiliki tenaga sebesar 92,4 HP pada putaran 6.000 rpm, sedangkan Suzuki Ertiga baru bisa menghasilkan tenaga sebesar 104,7 HP pada putaran 6.000 rpm. Torsinya juga meningkat dari 130 Nm pada putaran 4.000 rpm menjadi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

6. Kondisi Masih Prima

Kondisi mobil menjadi salah satu bahan pertimbangan para konsumen sebelum membeli sebuah mobil. Demikian halnya dengan Suzuki Ertiga. Kondisi Suzuki Ertiga baru dijamin masih dalam keadaan prima, sehingga pemilik mobil tidak perlu mengkhawatirkan keadaan mobil saat berkendara.

Kekurangan Suzuki Ertiga Baru

1. Harga yang Masih Mahal

Harga Suzuki Ertiga baru masih berada di atas angka Rp200 jutaan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang kemudian memilih untuk membeli Suzuki Ertiga bekas.

Kelebihan Suzuki Ertiga Bekas

1. Harga Lebih Terjangkau

Harga Suzuki Ertiga bekas yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Suzuki Ertiga baru memang menjadi daya tarik tersendiri. Bagi para konsumen yang tidak mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli mobil baru, Suzuki Ertiga bekas ini tentu bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.

2. Ada Beberapa Fitur yang Tidak Dimiliki Generasi Baru

Selain karena harganya yang lebih terjangkau, Suzuki Ertiga bekas juga memiliki beberapa fitur yang tidak lagi ditemukan pada generasi terbarunya. Mobil barunya tidak memiliki sandaran tangan di bagian tengah untuk penumpang di kursi baris kedua. Selain itu, pengatur ketinggian sabuk pengaman pun tidak lagi disematkan pada Suzuki Ertiga baru.

Di Suzuki Ertiga yang lama ini juga terdapat pegangan tangan atau handgrip di dekat jendela yang bisa terlipat secara otomatis. Sementara pada Suzuki Ertiga baru, handgrip ini bersifat paten dan tidak bisa dilipat.

3. Eksterior Suzuki Ertiga Dreza Yang Unik

Berbeda dengan generasi barunya yang terlihat sporty dan agresif, para penggemar Suzuki Ertiga pasti masih belum bisa melupakan betapa elegan dan mewahnya tampilan Suzuki Ertiga Dreza. Mobil Suzuki Ertiga yang satu ini memang memiliki wajah yang berbeda dengan Suzuki Ertiga 2018, maupun generasi terbarunya.

Grill radiator yang dimiliki model ini lebih lebar dari Suzuki Ertiga 2018. Mobil ini juga memiliki banyak aksen krom pada bagian wajahnya sehingga kesan mewah pun semakin terasa. Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki bentuk bumper dan fog lamp yang unik.

Kekurangan Suzuki Ertiga Bekas

1. Dimensi Lebih Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Suzuki Ertiga yang lama ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan Suzuki Ertiga baru. Hal ini tentu akan berpengaruh dengan luas kabin Suzuki Ertiga lama yang lebih kecil.

2. Bobot Lebih Berat

Bobot Suzuki Ertiga lama memang tidak jauh berbeda dengan yang baru yang hanya lebih ringan 50 kg. Tetapi bobotnya yang lebih berat ini tentu akan menghambat proses akselerasi mobil ini.

3. Kondisi Tidak Sebaik Mobil Baru

Ketika akan membeli Suzuki Ertiga dalam keadaan bekas, tentu saja para konsumen harus lebih jeli. Kondisi Suzuki Ertiga bekas tidak akan sebaik kondisi mobil barunya, dan konsumen juga harus lebih teliti untuk menemukan mobil yang masih bagus.

Selain itu, kondisi Suzuki Ertiga bekas yang tidak sebaik mobil barunya membuat konsumen perlu hati-hati dan sering mengecek komponen-komponen yang ada di dalam mobil. Komponen yang sudah lama pasti harus diganti agar tidak menghambat kinerja mobil.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik