Bagaimana Efisiensi Konsumsi BBM Toyota C-HR Hybrid dan Mesin Bensin?

Butuh SUV premium dengan tampilan nan futuristik? Ada Toyota C-HR yang bisa menjadi pilihan Anda. Dibanderol mulai dari Rp509 jutaan, ada pilihan mesin bensin biasa dan mesin hybrid. Mari kita lihat bagaimana konsumsi BBM Toyota C-HR mesin bensin dan hybrid.

Pilihan Mesin Toyota C-HR

Awalnya Toyota C-HR bermesin bensin pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2017 silam. Baru dilanjutkan dengan C-HR bertenaga hybrid yang meluncur tahun 2019 lalu. Tak banyak perubahan pada bagian eksterior dan interior, namun mesin yang digunakan sangat berbeda.

C-HR pertama kali menggendong mesin 2ZR-FBE 1.8L 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesinnya bertenaga dengan keluaran maksimal mencapai 139 hp pada putaran 6.400 rpm serta torsi puncak 170 Nm pada 4.000 rpm. Disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis.

Pada April 2019, Toyota C-HR Hybrid diperkenalkan dengan berbagai peningkatan fitur. Dan tentu saja mesin yang berbeda dibandingkan C-HR standar. Mesin 2ZR-FBE diganti menjadi mesin 2ZR-FXE dengan kapasitas silinder yang sama.

Tenaga yang dikeluarkan memang lebih kecil dibandingkan C-HR, yaitu hanya 98 hp dan torsi 142 Nm pada putaran mesin yang sama. Tapi ada tambahan motor listrik berteknologi Hybrid Synergy Drive 4th Generation milik Toyota.

Tambahan motor listrik meningkatkan efisiensi berkendara dan mengurangi zat karbon yang dibuang sehingga membuat C-HR Hybrid lebih ramah lingkungan. Meski harganya lebih mahal, pengguna C-HR Hybrid akan terbantu efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan C-HR biasa.

Model C-HR 1.8A/T C-HR 1.8 HV A/T

Tipe Mesin

2ZR-FBE 4-silinder segaris 16 katup DOHC with VVT-i

2ZR-FXE 4-silinder segaris 16 katup DOHC with VVT-i + Hybrid Synergy Drive 4th Generation

Kapasitas Silinder

1,798 cc

1,798 cc

Tenaga Maksimal

139 hp/6,400 rpm

98 hp/6,400 rpm + 35 hp (motor listrik)

Torsi Maksimal

170 Nm/4,000 rpm

142 Nm/4,000 rpm

Diameter x Langkah

80.5 mm x 88.3 mm

80.5 mm x 88.3 mm

Transmisi

CVT

CVT

Konsumsi BBM Toyota C-HR

Toyota C-HR memiliki tiga mode berkendara; Normal, Sport, dan Eco. Untuk pengendaraan perkotaan, mode Normal bisa digunakan. Mode Sport bagi yang ingin mendapatkan pengendaraan yang bertenaga. Sedangkan mode Eco akan memaksimalkan efisiensi berkendara.

Toyota mengimpor secara utuh C-HR dari Thailand. Karena itu mesin 2ZR-FBE yang digunakan sama dengan yang dipakai pada Toyota Corolla Altis. Walau 2ZR-FBE versi Thailand bisa menggunakan etanol dan mengurangi budget untuk bahan bakar.

Namun bagi C-HR bermesin konvensional, konsumsi bahan bakarnya hampir sama dengan SUV lainnya yang menjadi pesaingnya, seperti Mazda CX-5. Melalui beberapa pengujian, konsumsi bahan bakar rata-rata C-HR berada pada catatan 12-13 km/L.

Sedangkan varian bermesin hybrid dipandu dengan teknologi Hybrid Synergy Drive. Ketika pertama kali diperkenalkan, Toyota mengklaim bahwa konsumsi BBM Toyota C-HR Hybrid lebih efisien 62% dibandingkan mesin konvensional. sedangkan emisi CO2-nya lebih rendah 60%.

Sedikit mengulas performa, varian hybrid menawarkan respons akselerasi yang menawan oleh motor listrik, dan akhirnya dimaksimalkan oleh mesin bensin. Efisiensinya turut meningkat ketika energi yang terbuang pada saat deselerasi digunakan untuk mengisi daya baterai dengan optimal.

Bahkan ketika pengujian yang dilakukan media pada akhir tahun 2019 lalu, Toyota C-HR Hybrid menawarkan konsumsi bahan bakar terbaik dibandingkan model hybrid milik Toyota lainnya. Ketika dibawa dalam perjalanan jauh, C-HR mendapatkan konsumsi rata-rata hingga 28 km/L.

Pengujian melewati berbagai kondisi jalan, seperti jalanan perkotaan dan pegunungan. Efisiensinya bahkan mengalahkan beberapa mobil hibrida Toyota, seperti Toyota Corolla Altis dengan konsumsi 26 km/L, atau sedan Toyota Camry dengan efisiensi ‘hanya’ 18 km/L.

Model C-HR 1.8A/T C-HR 1.8L Hybrid

Konsumsi Bahan Bakar

12-13 km/L

28 km/L (rata-rata)

Dengan harga yang relatif berbeda tak begitu jauh, Toyota C-HR Hybrid mampu menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Dibandingkan C-HR bermesin konvensional, bahan bakar yang lebih irit tentu saja berdampak pada biaya pemakaian yang lebih murah.

Daftar Harga Mobil Toyota C-HR
Tipe Harga
Toyota C-HR 1.8 A/T Single Tone Rp 509 jutaan
Toyota C-HR 1.8 A/T Dual Tone Rp 510 jutaan
Toyota C-HR 1.8 HV A/T Single Tone Rp 544 jutaan
Toyota C-HR 1.8 HV A/T Dual Tone Rp 545 jutaan

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik