Bandingkan Toyota Rush 2021 dengan Honda BR-V 2021 dan Inilah Jawabannya

Alex · 7 Des 2020 13:00

Toyota Rush 2021 generasi kedua masih merajai segmen yang cukup panas di Indonesia. Apalagi kalau bukan Low SUV. Dengan bekal desain yang sangat segar dan fitur yang dimilikinya, mobil ini juga menawarkan harga jual yang kompetitif.

Kendati tergolong laris di kelasnya, Toyota Rush 2021 bukannya tanpa perlawanan. Salah satunya dari kubu Honda. Pabrikan ini menyaingi Toyota Rush 2021 dengan Low SUV 7 seater andalannya, yakni BR-V.

Walau tergolong lebih banyak terjual dibanding Honda BR-V 2021, nyatanya masih ada beberapa hal yang tak dimiliki Rush dibanding BR-V. Keduanya memang sangat seru untuk dibandingkan.

Tanpa perlu tunggu lama, langsung saja kita bandingkan keduanya. Simak sampai habis ya artikel ini, sangat pas menjadi panduan Anda untuk memilih dan membeli Low SUV. 

Eksterior,Honda BR-V 2021 lebih modern

Toyota Rush 2021 merupakan Low SUV yang kini masuk generasi kedua. Seperti generasi pertama, ia merupakan model yang diproduksi di pabrik Daihatsu Indonesia dan kembaran dengan Terios.

Secara sekilas kadang agak sulit membedakan Rush dengan Terios. Namun pada tipe teratas, identitas Rush cukup terlihat dengan adanya sticker TRD.

Pada Honda BR-V 2021, desainnya tak kalah moren dan dinamis. Pada tipe tertingginya, lampu depan sudah mengusung teknologi halogen proyektor dan tersemat pula DRL LED.

Kaca spion retractable sudah jadi kelengkapan BR-V tipe tertinggi tersebut. Pada Rush, fitur smart entry jadi salah satu yang diunggulkan pada tipe teratas.

Di tipe teratas yang menggunakan identitas TRD Sportivo tersebut memiliki satu keunggulan dibanding BR-V, yakni ukuran pelek yang mencapai 17 inci. Sedangkan BR-V tipe tertinggi hanya 16 inci.

Interior,Toyota Rush 2021 lebih aman

Beralih ke sektor kabin, terutama bicara urusan pemanja telinga, giliran BR-V sedikit lebih unggul. Honda memberikan layar sentuh BR-V sedikit lebih besar, yakni 8 inci dan sudah model floating. 

Jika dibanding milik Rush yang hanya berukuran 7 inci tentu milik Low SUV Honda membuat mata penumpang yang menikmati visual jadi lebih puas. Bahkan head unit BR-V kompatibel dengan konektivitas HDMI.

Namun untuk urusan kantung udara alias airbag, Toyota tak mau pelit. Di dalam kabin, Rush memiliki 6 titik kantung udara yang siap mengembang saat terjadi tabrakan. Bahkan jumlah tersebut jadi standar di semua tipe.

Honda hanya memberikan 2 titik kantung udara di kabin BR-V. Namun BR-V memiliki ABS+EBD, Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist yang sebenarnya juga sudah dimiliki Rush.

Mesin,Honda BR-V 2021 lebih bertenaga

Giliran bicara urusan mesin, Honda BR-V 2021 boleh membusungkan dada. Sebab Low SUV satu ini dipersenhjatai mesin i-VTEC kebanggaan Honda yang siap merilis tenaga optimal.

Mesin i-VTEC 1.500 cc racikan Honda harus diacungi jempol di kelas LSUV. Sebab sumber tenaga BR-V itu mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 118 HP pada putaran 6.600 Rpm dan torsi 145 Nm. Sedangkan Toyota Rush 2021 hanya 102 HP dengan torsi maksimum di angka 136 Nm.

Bahkan urusan penyalur daya BR-V juga lebih unggul. Sebab Honda sudah memadupadankan mesin i-VTEC tadi dengan transmisi CVT yang terkenal halus dan presisi. Sedangkan transmisi matic Rush masih mengandalkan sistem torque converter.

Kesimpulan

Toyota Rush 2021 memang sangat wajar jika lebih hebat dalam memenangkan hati mayoritas konsumen di kelas Low SUV. Desain yang tak kalah modern, mesin ekonomis dan nama besar Toyota jadi alasan kesuksesannya.

Namun jika Anda tak ada kendala dalam budget dan mengincar kenikmatan berkendara, mungkin Rush bukan jawaban yang tepat. Sebab transmisi CVT BR-V ditambah dengan mode berkendara Sport, Eco dan Normal akan sangat nikmat dalam mengeksplorasi mesin i-VTEC. 

Komentar

Mobil Terbaru