window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Banyak Varian Baru di Thailand, Mitsubishi Pajero Sport 2021 Siap ke Indonesia?

Bent Aulia · 15 Nov, 2020 19:00

Banyak Varian Baru di Thailand, Mitsubishi Pajero Sport 2021 Siap ke Indonesia? 01

Apa yang membuat Mitsubishi menunggu-nunggu untuk mengeluarkan edisi terbaru dari Mitsubishi Pajero Sport ke Indonesia? Padahal SUV bergaya sporty ini sudah lama tanpa pembaharuan. Dengan model facelift meluncur di Thailand 2019 lalu, Pajero Sport Dakar terbaru sudah dipasarkan di Negeri Gajah Putih tersebut. Yang terbaru ada Pajero Sport GT Plus.

Kemunculan Pajero Sport GT Plus

Jika Mitsubishi Indonesia masih malu-malu untuk mengeluarkan varian terbaru Pajero Sport, namun pelanggan Mitsubishi di Thailand sudah mendapatkan berbagai model baru SUV yang tangguh di semua jalan ini. Dan yang terbaru ada Mitsubishi Pajero Sport GT Plus.

Mitsubishi Pajero Sport GT Plus

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Mitsubishi mulai mengeluarkan berbagai perubahan minor untuk Pajero Sport. Terlihat pada grille model baru yang menghiasi fascia depan, termasuk lampu high beam projector yang menyatu dengan DRL LED, ditambah lampu utama dan sein pada bagian bumper.

Mitsubishi Pajero Sport GT Plus 2020

Bagian samping juga mendapatkan perubahan yang membuatnya menawarkan kesan sporty sepanjang perjalanan. Ada velg model enam spoke two tone berukuran 18 inci menjadi penghiasi sisi samping, dilengkapi dengan lampu belakang LED model teardrop yang lebih pendek.

interior Mitsubishi Pajero Sport GT Plus

Bagian dalam bahkan mendapatkan berbagai teknologi terbaru milik Mitsubishi. Ada fitur Electric Tailgate with Hands-Free yang memudahkan pengguna untuk membuka pintu bagasi. Ada pula Rear Entertainment System yang terdiri dari roof monitor 12,1 inci untuk penumpang belakang.

transmisi Mitsubishi Pajero Sport GT Plus

Label trim terbaru dari Mitsubishi Pajero Sport 2021 ini juga mencakup fitur keselamatan canggih, seperti Brake Auto Hold (BAH), Auto Parking Brake (APB), Multi Around Monitor (MAM), dan Sensor Parkir. Semuanya merupakan fitur baru yang hanya ditemukan pada varian tertinggi Pajero Sport 2021.

Dalam hal mesin, Pajero Sport tak mendapatkan ubahan yang sangat signifikan. Pajero Sport GT Plus dilengkapi dengan mesin diesel turbo 2.4T MIVEC dengan tenaga 180 hp pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm dipadukan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan.

mesin Mitsubishi Pajero Sport GT Plus

Morikazu Chokki selaku Presiden dan CEO Mitsubishi Motors (Thailand) Co., Ltd. dalam keterangan resminya menyebutkan, “Kami melengkapi jajaran MITSUBISHI PAJERO SPORT untuk menyesuaikan dengan berbagai gaya hidup pelanggan. GT-PLUS baru menawarkan harga terbaik.”

Ditambah kehadiran varian baru yang lebih lengkap dengan tampilan baru dan teknologi yang lebih lengkap. “Dan EDISI ELITE baru dengan konsep 'The Masterpiece', mencerminkan kemajuan dalam kehidupan pelanggan kami.”

Di Thailand, Pajero Sport Elite Edition dan GT Plus akan mendapatkan paket Ultimate Care 5 tahun termasuk biaya layanan gratis. Termasuk kehadiran sistem asuransi selama dua tahun dan gratis Mitsubishi Motors Warranty Plus.

Sejarah 25 tahun

Jangan salah sangka antara Mitsubishi Pajero Sport dengan Mitsubishi Pajero. Meski berbeda satu kata saja, namun perbedaan keduanya cukup signifikan. Pajero Sport pertama kali diproduksi di Jepang pada tahun 1996, sedangkan Pajero mulai melaju sejak 1981.

Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama

Pajero Sport merupakan model global Mitsubishi yang diperkenalkan dalam berbagai nama di masing-masing negara. Hingga saat ini, sudah ada tiga generasi yang dipasarkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport(1996)

Mulai diproduksi di Jepang pada 1996, Pajero Sport akhirnya diekspor ke berbagai negara setahun kemudian. Mobil ini mendapatkan berbagai nama, seperti Montero Sport di Amerika dan Filipina, Nativa di sebagian Amerika Latin, dan Shogun Sport di Inggris.

Mitsubishi Pajero Sport 1996

Dibuat berdasarkan truk pikap Mitsubishi Strada dengan gaya yang hampir sama, Pajero Sport berbagi komponen dan beberapa panel bodi dengan Strada.

Semua model mendapatkan suspensi depan independent dengan torsion bars dan 5-link coil spring di belakang. Baru pada facelift pertama Mitsubishi memberikan perubahan suspensi dari per daun di belakang hingga coil spring pada 2000.

Mitsubishi Pajero Sport 1998 dari belakang

Mitsubishi memberikan mesin GDi 1.8L yang ramah lingkungan dengan tingkat emisi yang rendah kala itu, Menghasilkan output maksimum 130 PS, ada torsi 181 Nm yang membuat mobil ini tetap mengesankan meski dibawa dalam perjalanan jauh maupun off-road.

Dengan popularitasnya yang semakin besar, Pajero Sport akhirnya diproduksi di berbagai negara. Mulai dirakit di pada China tahun 2003 dan akhirnya diproduksi di Brasil pada tahun 2006.

interior Mitsubishi Pajero Sport 1996

Untuk generasi pertama, Pajero Sport tak kalah dalam berbagai fitur yang ditawarkan. Beberapa teknologi yang sudah disematkan pada mobil ini termasuk Keyless Entry, Multi-center display dengan navigasi dan audio, SRS Airbag, hingga 4-sensor 3-channel Anti-lock braking System (ABS).

Generasi Kedua Mitsubishi Pajero Sport(2008)

Baru pada generasi kedua Pajero Sport masuk ke Indonesia. Rilis di Jepang pada tahun 2008, Pajero Sport yang menjadi pesaing Toyota Fortuner ini dipasarkan ke Indonesia setahun setelahnya. Berbekal fitur mewah dan pengendaraan yang off-road, Pajero Sport generasi pertama sangat menggoda.

Mitsubishi Pajero Sport 2008

Desain eksterior yang gagah memiliki ground clearance yang tinggi untuk membantunya melewati berbagai medan jalan. Ada head projector dengan grille bergaya honeycomb atau sarang lebah disandingkan dengan bumper yang memperlihatkan kesan kekar pada mobil ini.

Pajero Sport memiliki ground clearance yang cukup tinggi, sehingga Mitsubishi memberikan foot step untuk membantu pengemudi dan penumpang masuk ke dalam kabin. Di belakang ada wiper, spoiler, dan stop lamp yang membuatnya semakin terlihat gagah.

Mitsubishi Pajero Sport 2008 di belakang

Masuk ke dalam kabin, Pajero Sport bekas ini mendapatkan desain dashboard yang cukup modern. Sudah ada MID, monitor layar sentuh, pengaturan AC, dan fitur audio sebagai teman berkendara.

Ada tiga baris kursi dengan 8 orang maksimal di dalam kabin. Bahkan Pajero Sport sudah mendapatkan jok kulit, memberikan rasa nyaman ketika duduk di dalam kabin. Apalagi kapasitas bagasi bisa dibilang cukup lapang untuk barang-barang di belakang.

interior Mitsubishi Pajero Sport 2008

Ada tiga pilihan mesin yang tersedia. Yang pertama yaitu mesin 2.5L 4D56-VGT dengan tenaga maksimal mencapai 135 PS pada putaran 2.000 rpm dan torsi maksimal 314 Nm pada putaran 2.000 rpm.

Yang kedua ada mesin 2.5L dengan tenaga maksimal 178 PS pada putaran 4.000 rpm dan torsi 350 Nm dengan putaran 1.800 – 3.500 rpm. Pilihan mesin terakhir yaitu 3.0L 3B31 V6 dengan tenaga mencapai 220 PS serta 281 Nm torsi maksimal.

mesin Mitsubishi Pajero Sport 2008

Kenyamanan berkendara terasa dengan sunroof, spion berteknologi electric retractable, paddle shift, dan AC blower untuk penumpang di belakang. Sistem keselamatannya menggunakan ABS dan EBD, Brake Assist, Dual Airbags, dan sensor parkir belakang yang masih dipertahankan.

Generasi Ketiga Mitsubishi Pajero Sport(2015)

Pajero Sport bisa dibilang semakin mewah dengan tampilannya yang lebih elegan. Ubahan pada generasi ketiga terasa dengan grille beraksen chrome yang memanjang. Menyatu dengan lampu depan yang dibuat semakin menyipit.

harga Mitsubishi Pajero Sport 2020

Untuk memberikan rasa sporty pada mobil ini, Pajero Sport menawarkan roof rail pada atap serta footstep yang masih dipertahankan. Ada lis sisi jendela dan gagang pintu yang turut menggunakan aksen chrome. Di belakang, garnish beraksen chrome terdapat pada pintu bagasi dengan stop lamp dan diffuser bergaya futuristik.

head unit Mitsubishi Pajero Sport 2015

Rasa elegan terasa dengan interior yang didominasi piano black serta aksen kayu dan warna beige yang semakin menawan. Di tengah, layar sentuh 2DIN berukuran 7 inci memiliki sistem navigasi dna fitur multimedia dari radio, CD/DVD, MP3 Player, iPhone, dan konektivitas Bluetooth.

AC Mitsubishi Pajero Sport 2015

Kontrol AC sudah mendapatkan fitur Automatic Climate Control dan fitur pemanas di dalam kabin. Setir berlapis kulit dengan Audio Steering Switch dan Paddle Shift yang dilengkapi Adaptive Cruise Control untuk menyesuaikan laju berkendara di jalanan.

Sistem keselamatannya termasuk airbag yang tersebar di kabin, sistem pengereman ABS+EBD+BA serta fitur canggih lainnya seperti Active Stability Traction Control, Hill Start Assist dan Hill Descent Control, hingga Blind Spot Warning.

fitur Mitsubishi Pajero Sport di jalan

Mesin yang digunakan masih sama seperti saat ini Mitsubishi Pajero Sport 2020 tetap menggunakan mesin 4N15 2.4L MIVEC berkapasitas 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Bersanding dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang mengalirkan tenaga ke semua roda.

Harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 mulai dari Rp491 jutaan untuk varian entry level, Pajero Sport Exceed (4x2). Sedangkan harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 untuk varian GLX (4x4) yang lebih bertenaga dibanderol Rp548 jutaan.

mesin Mitsubishi Pajero Sport 2015

Ada varian Pajero Sport Dakar (4x2) dengan banderol Rp549 jutaan. Di atasnya, harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 dengan varian Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) dihargai Rp593 jutaan. Varian tertinggi adalah Pajero Sport Dakar (4x4) dengan banderol Rp702 jutaan.

Facelift generasi ketiga Mitsubishi Pajero Sport(2020)

Dan akhirnya pada 2019 lalu, Pajero Sport mendapatkan sedikit perubahan dan penyegaran tampilan. Namun dengan berbagai teknologi yang ditawarkan, tak mengherankan jika mobil ini disebut sebagai SUV ladder frame tercanggih di kelasnya.

Mitsubishi Pajero Sport baru

Pasalnya Pajero Sport 2020 yang dipasarkan di Thailand saat ini sudah mendapatkan berbagai pilihan teknologi terbaru milik Mitsubishi. Termasuk head unit layar sentuh 9 inci yang sudah bisa dikoneksikan dengan Android Auto maupun Apple CarPlay.

Ada pula sistem Mitsubishi Remote Control yang akan memudahkan pengguna membuka pintu hanya menggunakan smartphone, sistem Rear Cross Traffic Alert untuk mendeteksi kendaraan yang datang ketika pengemudi keluar dari tempat parkir, dan didukung oleh sistem sensor radar.

fitur Mitsubishi Pajero Sport 2021

Dari segi kenyamanan, New Mitsubishi Pajero Sport menghadirkan fitur Super Select 4WD. Fitur setara dengan sistem full time 4WD ini mencakup fungsi 4WD, seperti 2 Hugh, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock guna membantu pengemudi ketika berkendara pada medan off-road.

mesin Mitsubishi Pajero Sport 2021

Sedangkan untuk mesin yang digunakan praktis tanpa pembaharuan. Mesin 4N15 4-silinder DOHC dengan teknologi Common Rail Direct Injection masih dipertahankan. Mengeluarkan tenaga hingga 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.

Siap ke Indonesia?

Banyak yang beranggapan Mitsubishi akan membawa model baru ke Indonesia tahun ini. Mengingat sang pesaing, Toyota Fortuner, baru saja mendapatkan pembaharuan pada pertengahan tahun lalu.

Namun pandemi COVID-19 yang belum usai bisa menjadi masalah tersendiri bagi Mitsubishi dalam mengelola dan memperkenalkan mobil barunya di Indonesia. Pasalnya industri otomotif Tanah Air merupakan area yang cukup deras terdampak dari pandemi ini.

Mitsubishi Pajero Sport 2021

Malahan penggemar pabrikan ‘Tiga Berlian’ ini baru saja memperkenalkan Mitsubishi Xpander Black Edition dan Mitsubishi Xpander Cross Fostgate Rockford Black Edition. Namun besar kemungkinan pembaharuan yang dinanti-nanti oleh penggemar SUV Mitsubishi ini akan terjadi tahun depan.

Hanya saja dengan rencana kehadiran Mitsubishi Pajero Sport 2021 datang ke Indonesia, tak menutup kemungkinan Mitsubishi akan mengurangi fitur yang ditawarkan. Layaknya model Mitsubishi lain yang dipasarkan di Thailand dan dibawa ke Indonesia.

Begitu pula dengan harga yang ditawarkan. Jika saat ini harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 dimulai dari Rp491 jutaan, bisa saja Mitsubishi Motors Indonesia menawarkan harga Mitsubishi Pajero Sport 2021 mulai dari Rp500 jutaan.

Mitsubishi Pajero Sport Fostgate

Tentu saja penyegaran yang dilakukan serta penambahan fitur yang lebih lengkap menjadi salah satu alasan Mitsubishi Pajero Sport 2021 bertambah mahal. Dengan 2020 tinggal dua bulan lagi, menarik untuk dilihat berapa harga Mitsubishi Pajero Sport 2021 ketika diperkenalkan nantinya.

Kesimpulan

Sudah hampir lima tahun sejak perubahan terakhir Mitsubishi Pajero Sport meluncur di Indonesia pada 2015 lalu. Facelift dengan penyegaran tampilan di depan mata. Tapi tentu saja, ubahan baru bisa membuat harga Mitsubishi Pajero Sport 2021 melejit. Namun jika mampu memberikan kenyamanan dan rasa berkendara yang menyenangkan, konsumen Indonesia sepertinya tak terlalu terpengaruh dengan harga.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil