Bodi “Ceper” Monster Jalanan, Kelebihan Dan Kekurangan Lamborghini Aventador

Franky · 7 Agu 2020 20:00


Salah satu pelopor mobil sport di seluruh dunia, Lamborghini. Mengeluarkan unit dengan nama Aventador pada tanggal 28 Februari 2011, yang kini kian diminati pasar mobil Indonesia untuk beberapa kalangan penikmat mobil. Begitu banyak hal yang ditawarkan di dari unit yang satu ini, mulai dari kekuatan mesin yang mampu bersaing di kelasnya, hingga berbagai fitur yang menyokong “monster jalanan” satu ini. Anda perlu merogoh kocek lumayan dalam untuk mendapatkan unit Lamborghini Aventador ini dengan segala fitur nya, karena harga yang harus dibayar lumayan besar yang tergantung tipe dan model unitnya.

Lamborghini mengeluarkan banyak varian. Salah satunya mobil Lamborghini Aventador sebagai mobil Lamborghini terbaru di Indonesia. Harga Lamborghini Aventador yang ada saat ini berkisar dari Rp 6,4 Milyar hingga Rp 8,7 Milyar. Bisa dikatakan ini merupakan harga mobil Lamborghini termahal di Indonesia. Dengan harga jual seperti itu, mobil Lamborghini termasuk dalam varian mobil premium. Eksterior dan interior Lamborghini Aventador sudah pasti memiliki desain yang keren. Untuk harga Lamborghini bekas bervarian dan tergantung dari kondisi dari mobil tersebut.

Semoga tabel spesifikasi di atas dapat membantu Anda untuk menelisik mobil Lamborghini Aventador ini lebih lanjut. Berikut ini adalah tabel spesifikasi dari unit Lamborghini Aventador :

SPESIFIKASI LAMBORGHINI AVENTANDOR
DIMENSI BODI LAMBORGHINI AVENTADOR
Panjang x Lebar xTinggi 4.780 mm x 2.030 mm x 1.360 mm
Wheelbase 3.700 mm
Ground Clearance 104 mm
MESIN LAMBORGHINI AVENTADOR
Tipe Mesin L539 4 katup DOHC
Kubikasi 2 V (6,5 L)
Tenaga Maksimum 6.498 cc
Torsi Maksimum 554 PS / 8.400 rpm
Sistem Bahan Bakar 690 Nm / 5.500 rpm
SUSPENSI DAN KAKI - KAKI LAMBORGHINI AVENTADOR
Suspensi Depan Double Wishbones Pushrod Actuated Coil Springs
Suspensi Belakang Shock Absorber
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Rem Belakang

Kelebihan Dan Kekurangan Lamborghini Aventador

Mobil Lamborghini Aventador satu ini pertama kali dikenalkan pada ajang pameran mobil di Sant`Agata Bolognese, Italia, kemudian diluncurkan pada tanggal 28 Februari 2011 di Geneva Motor Show. Kehadirannya menggantikan pendahulunya yaitu Lamborghini Murcielago yang mendapat julukan sebagai mobil termahal di perusahaan Lamborghini ini. Unit yang satu ini mendapat sambutan hangat dari para penggemar mobil sport, karena mobil ini menjanjikan kecepatan maksimal yang mampu menandingi pesaingnya.

Unit Aventador dengan bodi “ceper” aerodinamisnya

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam jenis mobil buatan pabrik Italia ini, yaitu Lamborghini Aventador, Huracan, Urus. Setiap jenis mobil Lamborghini ini pastinya memiliki kelebihannya masing - masing yang membuat unit ini spesial di mata penikmat mobil sport. sehingga tak heran bahwa unit dari pihak Lamborghini ini mendapat pasar yang lumayan di Indonesia.

Selanjutnya mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari si “Monster Jalanan” Lamborghini Aventador satu ini.

Kelebihan Lamborghini Aventador

Pertama yang akan kita bahas yaitu mengenai kelebihan dari mobil yang satu ini, pasalnya kita melihat banyak sekali hal menarik dari unit Lamborghini Aventador ini.

1. Desain Bodi Active Aerodynamics

Lamborghini Aventador menjanjikan performa kecepatan yang terunggul di antara pesaingnya, sepertinya janji itu bukan semata -mata disampaikan. Karena dengan desain bodi Active Aerodynamics ini mampu membuat laju kendaraan mencapai titik maksimalnya, desain bumper depan yang mengerucut ke bawah dapat membantu pengoptimalan air flow control. Serta Desain bagian bawah bodi dengan generator vortex, peningkatan diffuser belakang dengan sirip terintegrasi.

Pemanfaatan aerodinamis di setiap lini kendaraan

Bentuk desain bodi mobil seperti dijelaskan diatas dapat meningkatkan kecepatan dari mobil ini, dan juga pengemudi tak perlu khawatir tentang sistem pendinginan pada mobil ini pada saat dalam kecepatan tinggi. Karena model bodi ini juga dapat membantu pendinginan mesin saat melaju kencang.

2. Performa Mesin Teratas Di Kelasnya

Apabila membahas performa mesin dari Unit Lamborghini Aventador ini begitu sangat teratas di kelasnya. Karena unit dari Lamborghini yang satu ini menggunakan mesin bertipe L539 4 katup DOHC berkapasitas 6.498 cc, bersilinder 12 V (6,5 L). Kombinasi ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 554 PS / 8.400 rpm, dan torsi maksimum sebesar 690 Nm / 5.500 rpm. Begitu gahar memang, namun sepadan dengan harga yang harus “digelontorkan” untuk satu unit mobil ini.

Mesin yang melengkapi Lamborghini Aventador

3. Beragam FItur yang Melengkapi Mobil

Mulai dari fitur keselamatan hingga keamanan melengkapi supercar Lamborghini Aventador ini, dari suspensi depan menggunakan Double Wishbones Pushrod Actuated Coil Springs dan suspensi belakang yang dilengkapi Shock Absorber mampu meredam getaran dari laju mobil yang tinggi. Fitur kombinasi suspensi tersebut sangat cocok untuk mobil supercar yang satu ini. Pada sistem pengereman mobil ini memiliki Dual Hydraulic Circuit Brake System dengan Vacuum Brake Boosters.

Kombinasi suspensi dan rem yang sangat sempurna

Dan juga dikombinasikan dengan sistem ABS dan EBD sehingga mampu memberi kekuatan ekstra pada sistem pengereman bertipe Ventilated Disc yang dikontrol oleh CCB (Computer Controlled Brakes) baik bagian ban depan maupun ban belakang.

Kekurangan Lamborghini Aventador

Setelah kita membahas berbagai kelebihan yang ada di kendaraan yang satu ini, mari beralih ke kekurangan yang ada pada unit satu ini.

1. Harga Yang Terbilang Mahal

Bagi peminat supercar Lamborghini Aventador di Indonesia, harga Rp. 6,7 Miliar dirasa sangat mahal di kantong mereka. Apalagi dengan tingkat kurs mata uang yang berubah - ubah membuat harga nya semakin lebih mahal, itu masih harga untuk membelinya belum lagi ditambah dengan pajak yang harus dibayarkan. Bayangkan saja pajak dari mobil yang satu ini dapat mencapai Rp. 200 jutaan per tahunnya, dengan pajak yang segitu tingginya bisa-bisa kita membeli satu unit mobil baru.

Biaya yang harus dikeluarkan lumayan tinggi

2. Konsumsi Bahan Bakar Yang Boros

Dilihat kembali bahwa mobil ini yang notabene didesain untuk berkendara dalam kecepatan tinggi, membuat konsumsi bahan bakarnya yang lumayan boros. Kinerja mesin yang mesin yang cukup berat membuat sirkulasi bahan bakar mengalir begitu cepat meskipun Anda hanya memakainya dalam kecepatan sedang. Hal ini lagi - lagi berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan.

Borosnya bahan bakar merupakan salah satu kekurangannya

3. Bodi Mobil Yang “Ceper” Tidak Cocok Untuk Jalanan Indonesia

Dilansir dari tabel spesifikasi diatas, Anda bisa melihat unit Lamborghini Aventador ini memiliki Ground Clearance yang cukup rendah sehingga mungkin bisa menyebabkan mobil “ tersangkut” di jalanan Indonesia. Tentunya desain mobil seperti ini kurang begitu cocok untuk digunakan di jalanan Indonesia, karena mayoritas jalanan di Indonesia terpasang Speed Trap atau orang Indonesia menyebutnya “ Polisi Tidur” yang kemungkinan membuat mobil stuck. Sangat tidak dianjurkan sekali memakai mobil ber-Ground Clearance rendah pada saat berkendara di Indonesia.

Bodi mobil“ Ceper” tidak cocok di jalanan Indonesia yang banyak SpeedTrap

Kesimpulan

Lamborghini Aventador, Mobil produksi dari pabrikan asal Italia ini memberi banyak sekali hal menarik yang mampu memikat para peminatnya. Dilengkapi dengan berbagai kelebihan seperti desain bodi mobil yang mampu memanfaatkan gerak aerodinamis, performa mesin yang yang terkencang di kelasnya, dan juga berbagai fitur mempersenjatai kendaraan satu ini. Sangat cocok untuk anda penggemar Sport Car.

Namun meskipun memiliki kelebihan yang begitu banyak, dibalik itu semua pasti terdapat kekurangan yang cukup menonjol, seperti dari segi biaya yang dikeluarkan sangat mahal, konsumsi bahan bakar yang cukup boros, dan juga bodi mobil yang ceper membuat mobil ini tidak cocok di jalanan Indonesia.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kendaraan yang satu ini, apakah Anda ingin membelinya? Apakah menurut Anda mobil ini Worth-it? Semoga ulasan diatas membantu Anda.

Komentar

Mobil Terbaru