window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa

Yongki Sanjaya · 23 Agu, 2021 14:00

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 01

Keberhasilan tim Gazoo Racing besutan Toyota di berbagai ajang balap internasional menginspirasi pihak pabrikan merilis model bertemakan balap. Penampilan mobil didandani dengan aksesoris bergaya sporty dan stylish. Bahkan, Toyota Malaysia merilis Toyota Vios GR Sport dengan upgrade performa.

UMW Toyota Motor (UMWT) di penghujung tahun lalu meluncurkan Toyota Vios GR Sport (GR-S) bersama dengan GR Yaris dalam acara online. Sedan sport ini dijual dengan harga RM 95.284, atau sekitar Rp324,5 jutaan. Vios GR-S adalah semacam versi sporty dari Vios yang sederhana.  Debut Malaysia juga merupakan debut regional untuk Vios versi 'racing'. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Limo Gen-2, Sedan Murah Penampilan Mewah

Sudah Waktunya Ganti Generasi, Bakal Seperti Inikah Toyota Vios 2022?

Masih Tertarik Beli Sedan? Ini Fakta Menarik Seputar Toyota Vios

Ubahan pada Vios GR-S ini bisa kita sebut totalitas, karena tidak sekedar penampilan tapi juga kinerja mobil turut ditingkatkan. Tidak mengherankan, karena selisih harganya antara Vios standar tipe tertinggi dengan Vios GR Sport mencapai sekitar Rp24 jutaan. 

Pada bagian eksterior, Vios GR-S menampilkan desain bumper yang sangat agresif yang terlihat mirip dengan GR Yaris yang gahar. Ini menjadi hal baik untuk mengubah Vios supaya gayanya sangat sporty. Konon, UMWT ini meningkatkan performa Vios GR Sport sekaligus untuk digunakan pada balap one make race. 

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 01

Mengapa pakai nama Gazoo Racing? Ini tak lain sebagai wujud penghormatan dalam rekam jejak  motorsport Toyota.  

Toyota Gazoo Racing (TGR) baru berdiri pada 2015 namun sebenarnya jejak langkah TGR sudah dimulai sejak 2007 ketika para pekerja Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama Gazoo Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman. 

Setelahnya, selama 2 musim TGR yaitu 2018-2019 dan 2019-2020 menang di Le Mans sebanyak 3  kali atau hat-trick. Meskipun  terkendala pandemi COVID-19, TGR kembali menyandingkan gelar juara dunia pembalap dan pabrikan.

Lantas seperti apa kerennya Vios GR Sport di Malaysia? Mari kita ulas lebih mendalam. 

Desain Sporty Toyota Vios GR Sport, Adopsi Gaya Balap Dari GR Yaris

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 02

Sedikit dijelaskan di atas, Vios GR-S di Malaysia memakai body kit dengan styling ala GR Yaris yang fenomenal itu. Aksesoris dan body kit di Vios GR Sport ada di bagian berikut:

  • Velg hitam 17 inci pada ban profil rendah 205/45R17
  • Spoiler berwarna hitam, termasuk gagang pintu, dan kaca spion samping dengan aksen warna serupa 
  • Side skirts 
  • Bumper belakang dengan diffuser
  • Lambang GR Sport 

Tampilan baru juga merangkum bumper belakang dengan diffuser yang menyatu.  Upgrade ini sebagian besar untuk penampilan, dan sejujurnya memang terlihat sedikit 'ramai'. 

Supaya tampil beda dengan versi standar, Toyota UMW memasang emblem bertuliskan 10-speed di side skirt, dan finishing grill smoked chrome yang membuatnya berkarakter 'racing'. Pilihan warna yang tersedia yaitu Platinum White Pearl, yang sama dengan GR Yaris dan Red Mica Metallic.

Itu tadi eksteriornya, bagaimana dengan interior di Vios GR Sport ini? Apakah lebih terlihat racing? 

Interior Toyota Vios GR Sport, Dapat Aksen Merah Khas Gazoo

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 03

Bila melihat secara umum penampilan interior di Toyota GR Sport yang meluncur di Malaysia, hampir mirip dengan versi standar. Perbedaannya terdapat pada permainan aksen warna, material bahan, dan mode berkendara. Vios GR-S mendapatkan interior yang sangat sporty antara lain:

  • Kursi dengan bahan kombinasi kulit-suede
  • Logo GR timbul di sandaran kepala depan dan karpet lantai
  • Jahitan merah pada kenop persneling, setir, dan sandaran tangan pintu
  • GR push start button
  • Meter optitron merah 
  • Animasi GR dalam tampilan digital

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 04

Selain poin di atas, fitur yang tersedia untuk dukungan berkendara sama seperti Vios 1.5G. 
Sama seperti Vios 1.5 G, Vios GR-S dilengkapi dengan fitur keselamatan sebagai berikut:

Toyota Safety Sense (TSS) meliputi Autonomous emergency braking (AEB) dan Lane Departure Alert (LDA)

  • 7 airbags
  • Blind-spot monitor with rear cross-traffic alert (RCTA)
  • Kamera 3D 360 derajat

Upgrade Performa di Toyota Vios GR Sport, Seperti Apa Hasilnya?

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 05

Performa mobil didukung dengan sistem transmisi CVT yang memakai opsi perpindahan gigi hingga 10-percepatan. CVT “10-percepatan” ini diaktifkan melalui mode Sport  yang menghasilkan throttle yang lebih responsif dan rentang rpm yang lebih tinggi. 

Namun demikian, tenaganya masih sama, berasal dari mesin 2NR-FE 1.5 liter 4-silinder dengan tenaga 107 PS and 140 Nm. Karena mobil ini juga dibuat untuk turun balap di ajang one make race Toyota Vios di Malaysia, maka setelan suspensi berbeda dibandingkan Vios standar. 

Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa 06

Sistem suspensi juga turut diubah, dan konon memakai suspensi ala 'GR'. Artinya, ketinggian mobil tetap sama, yang berarti hanya redaman yang telah diubah, mungkin lebih kaku yang identik dengan pengendaraan lebih sporty.

Toyota mengklaim kalau suspensi ini memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan sporty.  Suspensi sport juga menjanjikan pengendalian lebih baik di tikungan dalam kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Toyota Gazoo Racing akan  memberikan pilihan line-up khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilitas individu yang berjiwa  sporty. Konsep Vios GR-S ini diharapkan dapat memberi sensasi berkendara yang menyenangkan, terinspirasi dari proses panjang TGR ikut kompetisi motorsport di seluruh dunia. 

Mobil ini dibangun dengan karakter sport yang kuat dan eksklusif. Tentu  tanpa melepaskan nilai terpenting yakni kenyamanan berkendara dan  fungsionalitas. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil