Bye 2019! Ini New Toyota Avanza Veloz 2020

Kurnia Soemarno · 21 Mar 2020 12:00

Tidak semua orang bisa mengenali desain baru untuk New Toyota Veloz. Alasannya karena hanya ada sedikit perubahan yang dilakukan pada mobil itu.

Dengan sedikit perubahan pada wajah, mobil Veloz ini mirip dengan mobil mewah Toyota Vellfire. Selain itu, ada juga sedikit modifikasi pada lampu belakang mobil. Hanya dengan sedikit permak wajah yang mirip dengan mobil mewah Vellfire dan juga sedikit modifikasi pada lampu belakang.

Tapi itu sepertinya tidak menjadi masalah bagi Eko Budhi Harianto yang merupakan salah satu bagian dari komunitas Velozity chapter Bali. 

Menurutnya, selama perubahan yang dilakukan tidak mengurangi kegagahan dari Avanza Veloz sebagai mobil yang eksis di segala kota Medan. Ubahan minor masih dapat ditoleransi.

"Ubahannya memang minor. Dan mungkin desain baru ini kayaknya hanya bertahan dua tahun (habis itu ada facelift lagi)," kata Eko di Denpasar beberapa waktu lalu.

Eko juga mengungkapkan bahwa jika Avanza Veloz masih mempertahankan kualitas mesin lama dan sistem penggerak roda belakang, maka model terbaru dari mobil ini pasti masih bisa diterima oleh konsumen Indonesia.

"Untuk berbagai kebutuhan, tetap Avanza-Veloz pilihan satu-satunya. Intinya dipakai untuk apapun oke," terang Eko.

Avanza-Veloz itu kan keunggulannya dibawa ke jalan-jalan yang sempit tetap oke, dan bisa memuat banyak penumpang," kata Eko.

Spesifikasi Toyota Avanza Veloz

Eksterior

Eksterior mobil Toyota Avanza Veloz 2020 ini terlihat sekali perubahannya jika dibandingkan dengan tampilan depan dari New Avanza Veloz 2019. Hali ini terlihat dari bagian grill depan, desain lampu dan juga fog lamp. 

Secara sekilas, perubahan dari Toyota New Veloz facelitf ini terlihat seperti Toyota New Vellfire. Pada Lampu utama depan juga dilakukan perubahan desain dan jadi terkesan lebih agresif dan sedikit menonjol, dan sudah dilengkapi dengan lampu LED. 

Akan tetapi, desain DRL atau yang disebut sebagai Daylight Running Lamp belum terdapat pada Avanza Veloz facelitf 2019 ini. Untuk bagian lampu kabut masih berbentuk bulat, namun tempatnya diubah desainnya menjadi mengkerucut dengan ditambahkan garnish di atas lampu kabut. Hanya saja, lampu kabutnya masih halogen juga belum LED.

Interior

Pada bagian interior mobil Toyota Avanza New Veloz tidak mengalami perubahan yang drastis. Mobil ini memiliki desain kursi penumpang yang dilapisi kain premium dengan kualitas jahitan yang kuat dan rapi. 

Tidak lupa. mobil ini bisa menampung sebanyak 7 orang penumpang. Bagian dashboard dari mobil ini bernuansa hitam bergaris silver.

Keamanan dan Keselamatan

Berikut adalah fitur keselamatan yang dimiliki oleh New Toyota Avanza Veloz 2020

Airbag Penumpang Depan

Child Safety Locks

Kantong Udara Pengemudi

Anti Lock Braking System

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman 

Crash Sensor

Engine Check Warning

Pelindung Benturan Depan 

Pelindung Benturan Samping 

Pengingat Pintu Terbuka

Pengalaman Pengemudi Toyota Avanza Veloz

Mobil ini sangat cocok digunakan pada saat acara keluarga karena mobil ini dapat menampung 7 hingga 8 orang penumpang sekaligus. Jadi, bagi kamu yang ingin membawa anak dan istri untuk pergi jalan-jalan, Avanza Veloz solusinya.

Memilih mobil harus diiringi dengan pertimbangan yang matang. 

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat diambil oleh penumpang lain yang ingin membeli mobil Avanza Veloz.

Yang pertama adalah friendly. Bagi saya, mobil ini cukup ok bagi saya yang suka car sickness. Mobil Veloz ini ttidak membuat saya muntah-muntah. Bisa dikatakan mobil ini cukup friendly kepada saya.

Yang kedua adalah kenyamanan. Masalah seperti shock breaker ban belakang maupun depan Veloz ini terbilang lembut. Mengemudi dalam kecepatan rendah, sedang maupun tinggi tidak membuat goncangan yang keras. 

Yang ketiga adalah fitur yang ditawarkan. Avanza Veloz ini dibekali banyak fitur modern futuristik yang memanjakan penggunanya. 

Jika bosan saat mengemudi, ada head unit premium touch screen yang bisa memutar musik dari USB maupun menonton film dari DVD.

Head unit ini dilengkapi dengan 6 speaker. Kualitas masih terbilang medium, tapi cukup asyik untuk mendengarkan musik kesukaan tersendiri. 

Dan hal lainnya yang tidak kalah menarik adalah mobil ini juga dilengkapi dengan fitur peredam suara yang membuat penumpang semakin asyik untuk mendengarkan musik.

Yang keempat adalah praktis. Hp lowbat? Tidak perlu pusing karena mobil ini menyediakan fitur untuk mencharger Hp yang lowbat. 

Cukup praktis karena tidak perlu mencari rest area untuk mengisi baterai Hp yang kosong. Apalagi jika macet, makin susah saja untuk mencari rest area itu.

Yang kelima adalah pengalaman yang berharga. Dengan kontur jalan menanjak dan menurun penuh kelokan, duduk di baris kedua terasa lebih nyaman, tentu saja dibandingkan dengan Veloz versi lawas. 

Toyota memang sudah menyempurnakan suspensi New Veloz dengan mengganti bushing dan per keong.

Lalu lintas tidak terlalu padat, bahkan terbilang cukup lengang. 

Melintas di jalan yang cukup beragam, mulus, tidak rata, berlubang dan bergelombang, terutama pada sambungan antara aspal dan beton.

Di jalan lurus mulus, New Veloz bisa digeber hingga 160 km per jam, namun terasa kurang stabil bahkan seperti melayang-layang. 

Sebaliknya, pada saat mobil melintasi sambungan antara aspal dan beton, penumpang di baris kedua merasakan guncangan yang cukup keras. 

Kondisi seperti ini sebenarnya lumrah saja, sebab ketika New Veloz berada dalam kecepatan normal, gejala-gejala di atas tidak terjadi.

Apapun itu, Toyota Avanza Veloz 2020 memberikan sensasi yang ok banget. Jadi, tunggu apa lagi? Cepat pergi melihat dan mencoba mobil Toyota Avanza Veloz 2020!

Komentar

Mobil Terbaru