window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cari Tahu Yuk Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero

Franky · 29 Jul, 2020 19:00

Cari Tahu Yuk Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero 01

Sebagai produk perdana Wuling Motors, mobil Wuling Confero secara resmi diluncurkan oleh PT. SGMW Motor Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2017. Mobil Wuling Confero terbagi dalam empat varian, yaitu Confero S Act, Confero S 1.5C Lux, Confero S 1.5L Lux+ dan Confero Double Blower. Untuk kisaran harganya sendiri, Wuling Confero dijual mulai Rp. 150 jutaan hingga Rp. 197 jutaan.

Bicara soal PT. SGMW Motor Indonesia, pabrikan asal ini pertama kali terjun ke kancah persaingan otomotif Indonesia pada Agustus 2017. Sebagai pemain baru, Wuling hadirkan 3 Line-up andalannya yang diawali dengan Wuling Confero yang berada di segmen Low MPV. Kemudian disusul dengan MPV Wuling Cortez pada 8 Februari 2018, dan SUV terbarunya Wuling Almaz pada 27 Februari 2019.

Wuling Confero yang bermain di segmen Low-MPV ini sukses menyangkal stigma negatif terhadap kualitas produk asal China dengan menitikberatkan ‘Value’ dalam penerapan layanannya. Bahkan, Wuling Confero S sempat dinobatkan sebagai Indonesia Car of The Year (ICOTY) versi Majalah Mobilmotor kategori Best Small MPV di 2017. Selanjutnya, mobil ini kembali mendapat nominasi ICOTY di 2018 dengan Kategori Best Value of Money.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Wuling Confero memiliki nama yang cukup terkenal di Indonesia. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Harga Wuling Confero 2020 ini tidak beda jauh dengan harga Wuling Confero 2019. Mobil Wuling Confero memiliki saudara, mobil Wuling Cortez dan Wuling Almaz. Harga Wuling Cortez berkisar dari Rp 220 juta hingga Rp 277 jutaan dan harga mobil Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan.

Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Confero

Dengan demikian, mobil ini memang layak untuk disandingkan dengan pemain kuat Low MPV Tanah Air seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Namun perlu diketahui bahwa meskipun mobil ini menawarkan banyak kelebihan, bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Maka dari itu, artikel ini akan mengulas kelebihan dan kekurangan Wuling Confero. Mari kita simak ulasan berikut!

Cari Tahu Yuk Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero 01

Inilah salah satu contoh tipe Wuling Confero

Kelebihan Wuling Confero

Sebagai pemanis di awal ini, akan dibahas lebih dulu soal kelebihan Wuling Confero. Menurut pendapat kami, Wuling memang sengaja memberikan fitur terlengkap di kelasnya sehingga mampu melakukan bersaing di kancah nasional.

1. Harga Wuling Confero Relatif Murah Ketimbang Pesaingnya

Saat ini, harga mobil Wuling Confero berada di kisaran Rp. 150,8 juta yang berarti hanya mengalami peningkatan sebesar 7 juta dari harga Wuling Confero 2019. Sedangkan rival sekelasnya di Low MPV, yakni Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dijual dengan patokan harga mulai dari Rp. 190 hingga Rp. 200 jutaan. Berikut daftar harga Wuling Confero selengkapnya:

DAFTAR HARGA WULING CONFERO TERBARU
TIPE HARGA
Wuling Confero 1.5 DB M/T Rp. 150.800.000
Wuling Confero S 1.5 C M/T Rp. 165.000.000
Wuling Confero S 1.5 C Lux M/T Rp. 174.500.000
Wuling Confero S 1.5 C Lux + M/T Rp. 176.500.000
Wuling Confero S 1.5 L Rp. 177.800.000
Wuling Confero S 1.5 L Lux M/T Rp. 186.500.000
Wuling Confero S 1.5 L Lux + M/T Rp. 188.500.000
Wuling Confero S ACT M/T Rp. 197.500.000

Faktanya, harga mobil dari semua tipe yang ditawarkan Wuling Confero ini tidak ada yang mencapai Rp. 200 juta. Mobil ini dapat dikatakan paling ekonomis jika dibandingkan dengan beberapa mobil lain di segmen Low MPV. Bahkan harga yang dimilikinya cukup mendekati harga MPV LCGC seperti Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

2. Performa Mesin Unggulan Wuling Confero

Wuling Confero menggunakan mesin 4-silinder, 16 katup DOHC berkapasitas 1.500 CC dengan teknologi mesin DVVT. Mesin yang digunakan tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 HP pada 5.800 RPM dengan torsi maksimal mencapai 142 Nm di kisaran 3.800 Rpm - 4.400 Rpm. Menariknya lagi, mobil Wuling Confero menggunakan roda belakang (RWD) dipadu transmisi manual 5 percepatan sehingga mampu melaju dengan akselerasi yang baik.

Cari Tahu Yuk Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero 02

Tampilan mesin Wuling Confero 1.5L DVVT, DOHC, MPI

Selain itu, jika dibandingkan dengan Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga, mobil Wuling Confero ternyata punya daya mesin yang lebih besar. Bukan saja membuatnya nyaman digunakan sebagai kendaraan sehari-hari, tapi juga gesit untuk area perkotaan dan perbukitan.

3. Konsumsi BBM Wuling Confero

Masalah efisiensi bahan bakar tentu menjadi hal utama yang sering dipertimbangkan, terutama di segmen Low MPV. Terkait dengan hal tersebut, mobil Wuling Confero mengusung teknologi MPI dengan sistem injeksi Low MPV berbahan bakar Gasoline. Teknologi ini meningkatkan keiritan konsumsi bahan bakar, namun tetap menjaga keunggulan performa yang diberikan.

Dari catatan kami, Wulin Confero S mampu mencapai angka konsumsi 11 Km/Liter (dalam kota) dan bisa meraih hasil 14 Km/Liter (luar kota). Jika dilihat dari mesinnya yang menggunakan 1.500 cc, hasil tersebut terbilang cukup lumayan untuk sebuah mobil keluarga.

4. Kelegaan Dan Kepraktisan Kabin Wuling Confero

Salah satu kelebihan mobil Wuling Confero yang cukup terkenal adalah kelegaan ruang kabin nya. Dengan dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.730 mm, ukuran kabin yang dimiliki mobil ini begitu luas sehingga mampu menampung 8 orang penumpang sekaligus. Selain itu, tersedia juga kepraktisan dalam kabin seperti pintu geser, pelipatan kursi dan juga konfigurasi yang fleksibel.

Cari Tahu Yuk Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero 03

Contoh kelegaan ruang Kabin Wuling Confero

5. Berbagai Fitur Wuling Confero

Mobil Wuling Confero dibekali dengan berbagai fitur canggih yang diantaranya adalah sistem audio dengan Head Unit Touchscreen 8” yang tersambung dengan koneksi USB, Bluetooth, dan ponsel pintar. Ada pula penunjang kepraktisan seperti Foldable Remote Keyless Entry, Remote Open Windows and Trunk, Immobilizer, Luxury Meter Cluster, dan ISOFIX.

Cari Tahu Yuk Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero 04

Ini tampilan interior dan berbagai fitur dari Wuling Confero

Untuk mengoptimalkan keamanan, disediakan juga fitur seperti Rear Parking Camera, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Sistem pengereman ABS & EBD Dual SRS AIRBAG, dan Anti-Theft Alarm.

Kekurangan Wuling Confero

Setelah puas membahas kelebihannya, kini kita akan beranjak tentang kekurangan Wuling Confero. Kira-kira apa yang menjadikan mobil ini kurang sempurna?

1. Tidak Adanya Pilihan Transmisi Otomatis

Kekurangan pertama mobil Wuling Confero ini terletak di ketidaktersediaan transmisi otomatis di seri pertamanya. Transmisi otomatis sendiri bertujuan untuk memberikan perpindahan gigi yang lebih halus. Mengingat tidak adanya sistem transmisi otomatis, maka mobil ini akan mengeluarkan bunyi saat hendak melakukan perpindahan gigi.

2. Stigma Masyarakat Tentang Produk China

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang seringkali berasumsi bahwa produk berlabel “Made in China” cenderung memiliki kualitas yang tidak menjanjikan. Hal ini tentu mempengaruhi citra Wuling sebagai salah satu otomotif asal China yang masih baru menjajakan bisnisnya di Indonesia. Apalagi kebanyakan kompetitor yang dimilikinya berasal dari Jepang yang dianggap memiliki teknologi yang lebih maju daripada China.

3. Kabin Kurang Kedap Suara

Kabin mobil Wuling Confero masih dianggap kurang memberikan efek kenyamanan terkait kesenyapan suara dalam kabin terutama pada saat melaju di kecepatan yang tinggi. Suara bising mesin mobil saat melaju cenderung masih bisa didengar, walaupun sedang berada di dalam kabin. Hal ini diperkirakan karena kualitas sistem peredam suara yang digunakan oleh mobil ini masih belum mumpuni.

4. Dealer Servis Masih Jarang Ditemui

Kekurangan mobil Wuling Confero yang terakhir terletak pada keterbatasan jumlah bengkel resmi Wuling di Indonesia. Jaringan bengkel-bengkel resmi Wuling hanya dapat dijumpai di kota-kota besar saja, dan penyebaranya masih belum merata. Sehingga, pengguna yang tinggal jauh dari daerah pusat akan cenderung mengalami kesulitan apabila hendak melakukan servis.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, mobil keluaran China yang eksistensinya terbilang fenomenal di Tanah Air ini sangatlah Value of Money. Lantaran mobil dengan fitur yang melimpah tersebut memiliki harga jual yang terlampaui murah. Sehingga mobil ini cocok untuk Anda pengincar mobil fungsional dengan harga terjangkau.

Meskipun demikian, mobil Wuling Confero juga memiliki kekurangan yang sekiranya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Demikianlah ulasan kami mengenai Kelebihan dan Kekurangan Wuling Confero ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat sedikit membantu Anda.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Wuling Confero S C MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil