Catatan Konsumsi Bahan Bakar Honda City di Dalam dan Luar Kota

Sejak awal kemunculannya, Honda City yang dibanderol mulai dari Rp352 jutaan ini dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Pasalnya sedan identik dengan mesin yang boros. Benarkah demikian? Mari kita lihat berapa konsumsi bahan bakar Honda City dalam pengendaraan di dalam dan luar kota.

Mesin

Honda City yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi keenam dengan harga mulai dari Rp352 jutaan. Hanya ada satu varian yang dipasarkan saat ini, yaitu City E CVT. Perubahan terakhir dilakukan pada 2017 dengan membawa mesin 1.5L 4-silinder 16 katup berteknologi i-VTEC SOHC.

Mesin 1.5L berteknologi VTEC dipakai sejak generasi ketiga. Bersama pembaruan yang dilakukan tiga tahun lalu, City mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 118 hp dan torsi puncak hingga 145 Nm yang disebut terbesar di kelasnya.

Teknologi VTEC menjadi salah satu penyebab City mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit. Efisiensinya bahkan sudah dikenal sejak City menggunakan teknologi ini pada tahun 2004. Kala itu, PT Honda Prospect Motor memperkenalkan varian terbaru City berteknologi VTEC yang lebih bertenaga dengan 23 hp lebih besar dibandingkan teknologi i-DSI.

Sistem suplai bahan bakar PGM-FI dengan rating emisi Euro IV yang terkenal dengan efisiensinya juga turut berdampak pada bahan bakar yang lebih irit. Selain itu, City juga sudah dilengkapi dengan ECON Mode, teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan secara otomatis sehingga bisa memaksimalkan efisiensi berkendara.

Saat ini, Honda City telah mendapatkan penyegaran dengan kehadiran generasi ketujuh pada pameran Bangkok Motor Show 2019. Bermodalkan mesin 1.0L VTEC Turbo serta transmisi CVT, konsumsi bahan bakarnya dijamin lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya.

Honda sendiri menyebutkan konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit 33% dibandingkan model yang dipasarkan saat ini. Mengikuti regulasi standar emisi dan bahan bakar Thailand yang sudah mengadopsi tingkatan sekelas Euro V. Sayangnya belum ada kepastian kapan generasi ketujuh ini akan dibawa ke Indonesia.

Mesin Honda City
Tipe Mesin 1.5L 4-silinder segaris 16 katup SOHC i-VTEC + DBW
Kapasitas Silinder 1,497 cc
Tenaga Maksimal 108 hp @ 6,600 rpm
Torsi Maksimal 145 Nm @ 4,600 rpm
Transmisi CVT with Earth Dreams Technology
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diamater x Langkah 73.0 mm x 89.4 mm
Perbandingan Kompresi 10.3:1

Konsumsi dalam kota

Ketika diajak berkendara di dalam kota, City mampu memberikan rasa berkendara yang responsif. Didukung dengan perpindahan transmisi yang halus dan menyenangkan, terlebih ketika berada dalam kondisi stop-and-go yang sering dialami oleh pengguna jalan di dalam kota.

Meskipun begitu, City terbaru bisa memberikan konsumsi bahan bakar yang tak terlalu boros, hingga 12-14 km/l. Namun efisiensinya bergantung pada cara mengemudi dan kondisi jalan. Ketika Anda berkendara ugal-ugalan, tentu saja membuat mesin lebih ‘haus’.

Bagi pemilik Honda City tipe lama, contohnya City bermesin i-DSI keluaran tahun 2000 hingga 2004, konsumsi bahan bakarnya masih tetap irit. Untuk pengendaraan di dalam kota, City bisa menampuh hingga 11 kilometer hanya dalam 1 liter bensin.

Dibandingkan dengan City generasi terbaru, Honda City lawas dengan transmisi otomatis sayangnya membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Kekurangannya dikarenakan teknologi transmisi yang digunakan tak cukup efektif dalam hal pembakaran. Konsumsinya bahkan bisa mencapai 9 km/l.

Konsumsi luar kota

Tak hanya di dalam kota, pengendaraan di luar kota atau di jalan tol tak kalah menyenangkan. City tak kalah ketika dibawa berkendara dengan kecepatan konstan dengan nyaman dibantu sistem suspensi yang empuk.

Ketika dibawa dengan kecepatan tinggi namun konstan, City mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 15-17 km/l. Bahkan bagi City dengan mesin diesel yang pernah dipasarkan di Indonesia beberapa waktu lalu, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 25 km/l.

Bagi pengguna Honda City lawas dengan transmisi otomatis, konsumsi bahan bakarnya tentu tak sebanding dengan generasi keenam yang dipasarkan saat ini. Ketika dibawa ke luar kota, konsumsi bahan bakarnya hanya mampu mencatatkan 14-15 km/l.

Dibandingkan dengan sedan lainnya yang dipasarkan di Indonesia, konsumsi bahan bakar Honda City bisa dibilang yang terbaik di kelasnya, dengan tenaga yang tak kalah besar, efisiensinya menjadi salah satu daya tarik yang dipertahankan City sejak puluhan tahun kehadirannya di Tanah Air.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik