window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V

Enda · 22 Apr, 2021 16:00

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 01

Wuling Almaz RS

Selama Maret 2021 diketahui tren penjualan kendaraan Medium SUV menurut data penjualan wholesales (pabrik ke diler) yang dihimpun dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dipimpin oleh Wuling Almaz dengan total angka penjualan di atas 1.000 unit pada seluruh variannya.

Mobil jenama China ini mampu bertengger di urutan pertama yang kemudian disusul oleh Honda CR-V pada urutan kedua sebagai pesaing utamanya saat ini. Masih dengan data penjualan yang sama, diketahui sebelumnya Almaz juga mampu memimpin angka penjualan selama Desember 2020 dengan total kendaraan yang terkirim 847 unit. Sedangkan CR-V sendiri hanya berhasil dikirimkan sebanyak 666 unit.

Penasaran dengan apa saja model Medium SUV terlaris selama Maret 2021? Berikut datanya.

Baca juga: Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Wuling Almaz

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 01

Tampilan depan Wuling Almaz RS

Sebagai Medium SUV asal China, kehadiran Wuling Almaz mampu menarik minat konsumen Tanah Air. Hal ini diketahui berdasarkan data penjualan dari pabrik ke dealer, salah satu produk flagship Wuling ini mampu menorehkan angka penjualan sebanyak 1.015 unit selama satu bulan terakhir di kuartal pertama tahun ini.

Tidak hanya murah, alasan lain masyarakat Indonesia menjatuhkan pilihan pada mobil ini karena dilengkapi dengan beragam fitur yang menarik. Sebagaimana diketahui, mobil ini menawarkan fitur smart Voice Command (WIND) untuk mengoperasikan beragam fitur dengan perintah suara.

Bicara mengenai varian terbarunya, Almaz RS mendapat serangkaian teknologi yang terdepan dikelasnya. Mobil ini berhasil dibenamkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 02

Mesin Wuling Almaz

Soal dapur pacu, mobil ini dibenamkan mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga hingga 142 PS @5.200 rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.800-3.600 rpm. Untuk dapat menjalankan mobil, putaran mesin yang dihasilkan tersebut kemudian ditranslasi ke roda depannya menggunakan transmisi CVT 8-percepatan.

2. Honda CR-V

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 03

Tampilan depan Honda CR-V facelift

Setelah Wuling Almaz, penjualan terlaris selama Maret 2021 pada urutan kedua ditempati Honda CR-V. Menurut data, salah satu produk andalan Honda ini berhasil dikirimkan sebanyak 650 unit.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda SENSING?

Tidak hanya memiliki tampilan yang segar, Honda CR-V juga memiliki fitur yang tak kalah menarik. Hal ini diketahui berkat adanya fitur terbaru yang tergabung di dalam Honda SENSING. Fitur Honda SENSING ini antara lain mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 04

Mesin Honda CR-V 1.5L turbo

Soal jantung pacu, CR-V ditawarkan mesin 1.5L turbo dengan tenaga lebih besar dari Almaz. Secara data di atas kertas, mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW mampu melecutkan tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm di angka torsi mencapai 145 Nm @4.600 rpm yang dikawinkan dengan transmisi CVT dan manual 6-percepatan.

3. Mazda CX-5

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 05

Tampilan depan Mazda CX-5 GT

Menganut gaya desain KODO-Soul of Motion, Mazda CX-5 hadir dengan tampilan yang lebih atraktif dan sporty dibandingkan para kompetitornya. Mengenai data penjualan selama Maret 2021, Medium SUV tulang punggung Mazda ini berhasil dikirimkan sebanyak 79 unit dari pabrik ke dealer.

Seperti diinformasikan, Mazda CX-5 GT mendapatkan paddle shift di balik lingkar kemudi, smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto, Head Unit 8-inch Mazda Connect, serta terdapat Active Driving Display (head-up display) yang dapat menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya.

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 06

Interior Mazda CX-5 GT

Mobil ini juga memiliki fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci dan BOSE dengan 10 speaker premium sound system yang dapat memberikan kualitas suara unggul. SUV ini juga mendapatkan model kunci terbaru dari Mazda yang disebut “7-G Models Key-fob”.

Tidak hanya memberikan sedikit update pada tampilan serta fitur pendukung, CX-5 GT juga disematkan teknologi terbaru pada mesinnya yang kini mendapatkan mode cylinder deactivation. Teknologi canggih ini memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 07

Mesin 1.5L Mazda CX-5 GT

Mode ini bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin, sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar yang dihasilkan ketika fitur ini aktif mencapai angka 5-15 persen. Tidak ketinggalan fitur i-Stop yang bertugas untuk menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti.

4. MG HS

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 08

Tampilan depan MG HS

Sebagai pendatang baru, MG HS mampu meraih angka total penjual wholesales sejumlah 75 unit selama periode ini. Hal ini membuat Medium SUV asal China ini mampu memposisikan dirinya pada urutan keempat.

Sama seperti Almaz dan CR-V, MG HS telah memakai mesin dengan dorongan turbo untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Secara spesifikasi, mesin 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC TGI 1.490 cc dengan turbocharged ini dapat meletupkan tenaga 162 PS @ 5.600 rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.700 dan 4.400 rpm.

5. DFSK Glory I-Auto

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 09

Tampilan depan DFSK Glory i-Auto

Meski hanya terjual secara wholesales sejumlah 15 unit, DFSK Glory I-Auto mampu memposisikan dirinya pada urutan kelima pada penjualan bulan ketiga tahun ini.

Selain Almaz, DFSK Glory i-Auto juga dapat menjalankan fitur dengan perintah suara. Fitur perintah suara (Voice Command) itu diberi nama i-Talk. Disemua jajaran DFSK yang ada saat ini, i-Talk hanya bisa ditemui pada DFSK Glory i-Auto.

Fitur i-Talk dapat menerima 100 perintah suara, dari sebelumnya hanya 59 perintah suara yang tersambung dengan Phone Connection, Voice Navigation, Media Command, Car Feature Voice Control, sampai Connectivity. Perintah-perintah suara ini ditambahkan sesuai dengan kebiasaan dan ucapan-ucapan yang familiar diperintahkan oleh konsumen di Indonesia.

Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V 10

Mesin 1.5L turbocharged DFSK Glory i-Auto

Mengetahui jantung mekanis yang digunakan, mobil ini dibenamkan mesin 1.5L. yang dikawinkan turbocharged dengan performa tinggi mencapai 150 PS @5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 220 Nm @1.800-4.000 rpm. Putaran mesin yang dihasilkan tersebut dialirkan melalui transmisi CVT yang dapat memberikan perpindahan percepatan otomatis secara smooth dan bertenaga.

Baca juga: Deretan LMPV Terlaris Maret 2021, Avanza Terlaris dan Honda Mobilio Menjatuhkan Daihatsu Xenia

 

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil