window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Sirion Semakin Bertampang Keren, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Alex · 17 Jun, 2020 11:00

Daihatsu Sirion Semakin Bertampang Keren, Ini Kelebihan dan Kekurangannya 01

Daihatsu Sirion merupakan city car yang hanya dijual dalam satu varian saja. Dengan harga kisaran Rp 200 jutaan, mobil hatchback satu ini sebenarnya belum lama mendapati penyegaran ringan beberapa bulan lalu.

Ada juga mobil Daihatsu Terios yang merupakan saudara mobil Daihatsu Sirion ini memiliki total 7 varian. All New Terios berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios baru di tahun 2020. Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush.

Pada facelift yang dilakukan PT Astra Daihastu Motor pada bulan Maret 2020 tersebut, fokus di eksterior. Namun ada beberapa improvisasi di sektor audio.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terdapat penambahan aerokit di depan dan di samping ada side stone guard baru dan menjadikan eksterior New Sirion lebih fresh. Untuk di kabin kini dilengkapi dengan audio 7 inci touchscreen display dengan fitur Mirror Link.

Sebagai sebuah city car, memang harga Sirion facelift kini kian mahal saja. Namun berkat improvisasi mobil Sirion ini jadi semakin kece dan layak dipinang bagi kalangan konsumen berjiwa muda.

Jika Anda ada rencana memiliki New Sirion facelift 2020 ini sebaiknya simak betul-betul sejumah kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga : Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion?

Kelemahan Daihatsu Sirion

1. Belum Buatan Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor menjual mobil Daihatsu Sirion tidak dengan memproduksinya secara lokal. Maka Sirion diimpor dari Malaysia dengan penyesuaian fitur untuk pasar tanah air. Sebagai informasi, angka penjualan Sirion selalu lebih tinggi di negara tetangga tersebut dibanding Indonesia. Padahal jika dibuat secara lokal bukan tak mungkin harganya bisa lebih murah.

2. Generasi Keempat

Eksistensi mobil Daihatsu Sirion di tanah air memang sudah terbilang lama. Yang saat ini dijual merupakan mobil Sirion generasi keempat. Pada generasi keempat yang meluncur di Indonesia pada 2018 ini baru pada tahun ini mendapatkan minor change alias facelift.

Daihatsu Sirion Semakin Bertampang Keren, Ini Kelebihan dan Kekurangannya 01

3. Dimensi Membesar

Karena ada perubahan pada bumper depan dan belakang maka konsekuensinya panjang total mobil sedikit bertambah dibanding pra-facelift. Namun radius putar mobil Sirion tetap di angka 5,1 meter. Hanya saja Anda perlu lebih waspada saat memilih lokasi parkir di tempat sempit. Mobil panjang keseluruhannya 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tingginya 1.525 mm.

4. Fitur Dipangkas

Di negara asalnya, Malaysia, mobil Daihatsu Sirion memiliki fitur keselamatan canggih bernama pre-collision braking. Fitur keselamatan aktif ini akan memberikan pengereman otomatis saat ada potensi bahaya tabrakan depan. Sayangnya PT Astra Daihatsu Indonesia tak menyertakan fitur itu pada New Sirion facelift. Mungkin demi menekan harga.

5. Belum CVT

Teknologi continuously variable transmission alias CVT memang sangat sedikit dianut mobil di kelas city car. Sayang sekali Daihatsu Sirion merupakan mobil yang termasuk tak pakai CVT. Salah satu musuhnya, yakni Honda Brio RS padahal sudah menggunakan CVT.

Baca juga : Lebih Murah Dibanding Daihatsu Rocky, Ini Keunggulan Daihatsu Sirion Untuk Kaum Hawa

Kelebihan Daihatsu Sirion

1. Desain Semakin Keren

Soal desain memang urusan selera masing-masing, tapi sulit untuk tak menyebut eksterior New Sirion semakin keren dan sporty. Walau bentuk lampu depannya tak berupah namun dengan tatanan bumper baru menjadikan wajah Sirion makin tampan.

2. Mesin Bertenaga

Mobil Daihatsu Sirion kini menggunakan mesin berkapasitas bersih 1.329 cc. Menariknya, tenaga yang dihasilkan cukup tinggi di kelas city car. Dapur pacu berteknologi Dual VVT-i itu mampu merilis tenaga 93,7 HP dan torsi 119 Nm. Angka tersebut masih lebih tinggi dari Brio RS yang hanya 88,7 HP dan torsi 110 Nm.

Daihatsu Sirion Semakin Bertampang Keren, Ini Kelebihan dan Kekurangannya 02

3. Jaringan Aftersales Banyak

Sebagai mobil keluaran Daihatsu, Sirion ditunjang dengan bengkel resmi dan layanan purnajual yang tergolong sangat baik. Jumlah dealer dan bengkel resmi Daihatsu sudah tersebar cukup baik di berbagai kota Indonesia. Spareparts mobil ini pun cukup mudah didapat.

4. Kabin Belakang Lega

Berkat dimensinya yang lebih besar ketimbang model lama, maka menghasilkan ruang yang lega bagi penumpang belakang. Bagi penumpang dewasa dengan postur sampai 177 cm saja masih menyisakan legroom dan headroom yang memadai.

5. Posisi Tombol Central Door Lock 

Sebenarnya ini adalah sebuah kelengkapan yang sangat biasa. Namun pada New Sirion tak seperti mobil kebanyakan yang tombol central lock-nya berada di pintu pengemudi. Tombolnya bisa Anda temui di bagian tengah, keuntungannya adalah bisa dioperasikan oleh penumpang depan juga.

Kesimpulan

Sebagai mobil yang mengedapankan kepraktisan dan performa, mobil Daihatsu Sirion sangat pas dipinang. Apalagi kini desain eksteriornya semakin kece maka sangat pas untuk konsumen berjiwa muda. Sayangnya harga yang ditawarkan termasuk cukup mahal. Bahkan opsi variannya sangat minim, New Sirion MT dibanderol Rp 200.100.000 dan New Sirion AT seharga Rp 214.850.000. 

Baca juga : FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah?

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil