Daihatsu Terios - SUV Crossover dengan 7 Kursi

Eko Kamil · 14 Mar 2020 01:00

Kalau misalnya SUV Crossover produksi Daihatsu yang berisi 7 kursi dan bernama Terios itu terbaik di kelasnya.

Hal itu karena memang demikianlah adanya. Mesin berbahan bakar bensin yang kecil dan efisien itu menawarkan daya tambahan sedikit lebih banyak. Mesin DVVT berkapasitas 1,5 liter tersebut menghasilkan tenaga 77kW dan torsi maksimal 140n.M.

Torsi yang dihasilkannya pada rpm rendah dan sedang cukup signifikan, tetapi akselerasinya juga mantap di rpm tinggi. 

Bukan masalah apakah Anda merayap di tengah kota, berlari stabil dengan kecepatan tinggi atau berkelana di medan offroad, perjalanan yang Anda nikmati akan menyenangkan dan nyaman.

Yang unik dari kendaraan ini adalah dia mengusung penggerak empat roda dengan kunci diferensial tengah. 

Entah Anda di jalanan yang parah atau di lumpur yang tebal, aktifkan diferensial dengan sekali menekan tombol, maka roda depan dan belakang akan terhubung langsung untuk menghasilkan traksi yang lebih baik.

Teknologi

Tampilan Multi Info: Pada tampilan di dasbor tercantum berbagai informasi yang mungkin Anda butuhkan untuk menikmati kegiatan di luar. 

Di antaranya suhu di luar mobil, konsumsi rata-rata BBM, tombol mode, jangkauan perjalanan maksimal, dan peringatan es, untuk mengantisipasi ketika suhu turun dan jalan menjadi licin.

MP3: Dengan input jack audio tambahan, Anda bisa menghidupkan pemutar MP3 untuk menikmati semua lagu favorit.

Audio: Sistem audio yang sederhana dan praktis namun layak akan menghibur Anda saat bepergian. Di antaranya pemutar CD, jam dan enam speaker.

Pendingin Udara Ganda: Mengapa seorang penumpang merasa terlalu dingin atau panas demi yang lainnya? AC ganda ini dirancang untuk menyediakan kenyamanan optimal bagi semua penumpang.

Keamanan

Daihatsu Terios 7 kursi dirancang secara cermat untuk menciptakan tingkat keamanan tertinggi bagi semua penumpang di kabin. 

Rem cakram memastikan kinerja optimal, terutama karena rem itu dipasangkan dengan sistem pengereman anti penguncian dan penyebaran tenaga rem secara elektronik.

Demi melindungi penumpang, pada bagian depan dan belakang diterapkan struktur yang dapat dihancurkan. Dengan desain yang ada, energi tumbukan bisa tersebar ke seluruh kerangka bodi. Di antara sekian dari banyak fitur keselamatannya antara lain:

Dua airbag

Lampu kabut

Lampu sign di spion samping

Sinyal peringatan sabuk pengaman

Tampilan

Banyak hal yang disukai terkait eksterior yang memikat dari Terios dengan 7 kursi itu. Bernuansa muda sekaligus modern. Fasia depan dan gril menonjolkan lampu depan yang cekung di bagian depan, sedangkan pemandangan dari belakang memperlihatkan dudukan ban serep yang sewarna dengan bodi plus spoiler belakang. Dari samping bisa terlihat bagaimana semuanya harmonis dengan gagang pintu sewarna bodi, lalu rak atap dan roda sporty yang menawarkan sentuhan akhir.

Kenyamanan

Interiornya cukup sederhana, tetapi banyak ruang di dalamnya. Bodinya yang persegi, tinggi dan tegak langsung mengindikasikan banyaknya ruang. 

Artinya, penumpang berpostur tinggi bisa duduk di kursi belakang tanpa khawatir kepalanya membentur langit-langit di jalanan yang rusak.

Dasbor hitamnya akan sangat berguna kalau saja tidak ada sisipan plastik pseudo-metalik di sana-sini, terutama di trim pintu dan konsol tengah.

Bagasi

Tidak banyak ruang bagasi di Daihatsu Terios 7 kursi kalau ketujuh kursi dipasangkan, tapi Anda akan tahu bahwa jarak lantai ke bagasi hanya sekitar 25 inci dari tanah, sehingga memudahkan bongkar muat.

Kursi

Bisa diatur dengan beberapa cara sesuai kargo yang Anda bawa. Lipat bagian dari kursi 60/40 atau lipat semua kursi belakang untuk memuat sepeda gunung berukuran 26 inci dengan mudah.

Komentar

Mobil Terbaru