Hanya perlu Rp147 jutaan saja untuk membawa pulang Toyota Calya ini. Tipe mobil Toyota Calya berjumlah 3 macam. Harga Toyota Calya varian tertinggi dibanderol dengan biaya sebesar Rp 165 jutaan. Ini merupakan harga Calya 2020. Harganya terjangkau sebagai bagian dari model Low Cost Green (LCGC) milik Toyota. Tapi ternyata, rasa berkendara mobil Toyota Calya terbaru tak kalah dengan MPV kompak lainnya.
Mesin Toyota Calya
Toyota Calya terbaru diketahui sudah mendapatkan penyegaran pada awal tahun 2019 lalu. Perubahan paling besar terlihat dari tampilan luar serta penambahan fitur. Sayangnya, mesin mobil Calya terbaru masih sama seperti pada saat diperkenalkan pertama kali pada 2016 silam.
Dibandingkan kembarannya mobil Daihatsu Sigra yang menggunakan mesin 1.0L dan 1.2L, mobil Calya terbaru saat ini hanya membawa mesin 3NR 1.2L 4-silinder DOHC berteknologi Dual VVT-i. LCGC andalan Toyota ini bisa membawa 87 hp serta torsi maksimal 108 Nm yang bersahaja.
Tenaga disalurkan ke roda depan sehingga tidak ada tenaga yang terbuang melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Di atas kertas, keluaran tenaga dan torsi Toyota Calya terbaru memang tak begitu besar, tetapi cukup untuk sekadar perjalanan perkotaan yang dinamis.
Sepesifikasi Mesin Toyota Calya |
Tipe Mesin
|
3NR 1.2L 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i
|
Kapasitas Silinder
|
1.197 cc
|
Tenaga Maksimal
|
87 hp/6.000 rpm
|
Torsi Maksimal
|
108 Nm/4.200 rpm
|
Transmisi
|
Otomatis dan Manual
|
Sistem Penggerak
|
Front-wheel drive
|
Performa Toyota Calya
Masuk di segmen LCGC dan menawarkan harga yang sangat terjangkau, ternyata performa Toyota Calya terbaru masih bisa mencapai 100 km/jam dengan sangat baik. Terlebih ketika penumpang di dalam mobil hanya dua atau tiga orang dengan barang bawaan yang tak terlalu banyak.
Meskipun memang ketika membawa penumpang penuh ditambah barang bawaan sesak di bagasi belakang, pengendaraannya tak terlalu maksimal di jalanan menanjak. Setidaknya masih bisa diakali dengan mengurangi beban mobil ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh yang mendaki dan menurun.
Untuk sekelas mobil perkotaan yang membutuhkan torsi instan dengan cepat, kenyamanan mengendarai mobil Calya Toyota cukup memesona. Perpindahan transmisi yang cukup halus membuatnya enteng dibawa di jalanan perkotaan yang penuh dengan gaya berkendara stop-and-go.
Bahan bakar yang digunakan ternyata berdampak besar pada performa Toyota Calya terbaru. Jangan lupa gunakan Pertamax dengan nilai oktan 92 untuk mendapatkan akselerasi yang lebih kencang serta efisiensi bahan bakar yang lebih irit.
Kekurangan pada performa memiliki pengaruh positif pada konsumsi bahan bakar Toyota Calya terbaru. Ketika berkendara di dalam kota, mobil Calya Toyota rata-rata bisa berjalan dengan konfigurasi 13,4 km/L. Bahkan pada saat dibawa ke luar kota dengan kecepatan konstan, konsumsinya bertambah menjadi 20,2 km/L.
Rasa Berkendara Toyota Calya
Kenyamanan berkendara di belakang setir juga tak kalah dibandingkan MPV lainnya. Bagi pengendara dengan postur tinggi badan 168 centimeter, posisi duduk yang ditawarkan Toyota Calya cukup ergonomis dengan jarak pandang yang luas.
Satu hal yang membedakan Toyota Calya terbaru dengan kebanyakan MPV penumpang pada umumnya yaitu posisi tuas persneling yang menyatu dengan dashboard. Komposisi ini sering terlihat pada MPV besar, seperti Toyota HiAce sehingga memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman.
Sayangnya kekurangan Toyota Calya terbaru dalam hal pengendaraan yaitu setir yang belum bisa diatur ketinggiannya. Setirnya belum memiliki fitur tilt, apalagi telescopic. Jadi pengaturan posisi berkendara hanya bisa dilakukan dengan memajumundurkan kursi saja.
Di dalam, mobil Calya terbaru bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Meski baris ketiga disarankan untuk anak-anak saja. Tak dilengkapi AC Double Blower, hanya ada air circulator bagi baris kedua dan ketiga mobil Calya. Ada yang mengatakan sudah cukup segar, tapi tak sedingin pesaingnya.
Sebagai pelindung dan untuk keselamatan, Toyota menyematkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Walaupun tanpa fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD), Calya tak terlalu liar ketika dalam pengereman mendadak.
Masuk di kecepatan tinggi, mobil Calya terbaru memang tak sekedap MPV atau sedan premium dengan kualitas material bodi dan interior yang berkualitas. Tetapi suara musik dari audio head unit masih terdengar baik. Tak terlalu bercampur parah dengan suara ban atau kendaraan di luar.
Kesimpulan
Toyota Calya terbaru masih menjadi salah pilihan mobil perkotaan terbaik saat ini. Kabin yang lapang, irit bahan bakar, serta harganya yang sangat terjangkau. Tenaga mobil Calya terbaru memang tak begitu besar, tetapi cukup bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai di jalanan perkotaan yang ramai. Ditambah dengan spesifikasi Toyota Calay yang masih terhitung memadai.
Harga Toyota Calya
Tipe |
Harga |
Toyota Calya E M/T |
Rp 147 jutaan |
Toyota Calya G M/T |
Rp 153 jutaan |
Toyota Calya G A/T |
Rp 165 jutaan |