window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa

Bent Aulia · 26 Jun, 2020 12:00

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 01

Hanya perlu Rp147 jutaan saja untuk membawa pulang Toyota Calya ini. Tipe mobil Toyota Calya berjumlah 3 macam. Harga Toyota Calya varian tertinggi dibanderol dengan biaya sebesar Rp 165 jutaan. Ini merupakan harga Calya 2020. Harganya terjangkau sebagai bagian dari model Low Cost Green (LCGC) milik Toyota. Tapi ternyata, rasa berkendara mobil Toyota Calya terbaru tak kalah dengan MPV kompak lainnya.

Mesin Toyota Calya

Toyota Calya terbaru diketahui sudah mendapatkan penyegaran pada awal tahun 2019 lalu. Perubahan paling besar terlihat dari tampilan luar serta penambahan fitur. Sayangnya, mesin mobil Calya terbaru masih sama seperti pada saat diperkenalkan pertama kali pada 2016 silam.

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dibandingkan kembarannya mobil Daihatsu Sigra yang menggunakan mesin 1.0L dan 1.2L, mobil Calya terbaru saat ini hanya membawa mesin 3NR 1.2L 4-silinder DOHC berteknologi Dual VVT-i. LCGC andalan Toyota ini bisa membawa 87 hp serta torsi maksimal 108 Nm yang bersahaja.

Tenaga disalurkan ke roda depan sehingga tidak ada tenaga yang terbuang melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Di atas kertas, keluaran tenaga dan torsi Toyota Calya terbaru memang tak begitu besar, tetapi cukup untuk sekadar perjalanan perkotaan yang dinamis.

 
Sepesifikasi Mesin Toyota Calya

Tipe Mesin

3NR 1.2L 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Tenaga Maksimal

87 hp/6.000 rpm

Torsi Maksimal

108 Nm/4.200 rpm

Transmisi

Otomatis dan Manual

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Performa Toyota Calya

Masuk di segmen LCGC dan menawarkan harga yang sangat terjangkau, ternyata performa Toyota Calya terbaru masih bisa mencapai 100 km/jam dengan sangat baik. Terlebih ketika penumpang di dalam mobil hanya dua atau tiga orang dengan barang bawaan yang tak terlalu banyak.

Meskipun memang ketika membawa penumpang penuh ditambah barang bawaan sesak di bagasi belakang, pengendaraannya tak terlalu maksimal di jalanan menanjak. Setidaknya masih bisa diakali dengan mengurangi beban mobil ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh yang mendaki dan menurun.

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 01

Untuk sekelas mobil perkotaan yang membutuhkan torsi instan dengan cepat, kenyamanan mengendarai mobil Calya Toyota cukup memesona. Perpindahan transmisi yang cukup halus membuatnya enteng dibawa di jalanan perkotaan yang penuh dengan gaya berkendara stop-and-go.

Bahan bakar yang digunakan ternyata berdampak besar pada performa Toyota Calya terbaru. Jangan lupa gunakan Pertamax dengan nilai oktan 92 untuk mendapatkan akselerasi yang lebih kencang serta efisiensi bahan bakar yang lebih irit.

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 02

Kekurangan pada performa memiliki pengaruh positif pada konsumsi bahan bakar Toyota Calya terbaru. Ketika berkendara di dalam kota, mobil Calya Toyota rata-rata bisa berjalan dengan konfigurasi 13,4 km/L. Bahkan pada saat dibawa ke luar kota dengan kecepatan konstan, konsumsinya bertambah menjadi 20,2 km/L.

Rasa Berkendara Toyota Calya

Kenyamanan berkendara di belakang setir juga tak kalah dibandingkan MPV lainnya. Bagi pengendara dengan postur tinggi badan 168 centimeter, posisi duduk yang ditawarkan Toyota Calya cukup ergonomis dengan jarak pandang yang luas.

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 03

Satu hal yang membedakan Toyota Calya terbaru dengan kebanyakan MPV penumpang pada umumnya yaitu posisi tuas persneling yang menyatu dengan dashboard. Komposisi ini sering terlihat pada MPV besar, seperti Toyota HiAce sehingga memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman.

Sayangnya kekurangan Toyota Calya terbaru dalam hal pengendaraan yaitu setir yang belum bisa diatur ketinggiannya. Setirnya belum memiliki fitur tilt, apalagi telescopic. Jadi pengaturan posisi berkendara hanya bisa dilakukan dengan memajumundurkan kursi saja.

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 04

Di dalam, mobil Calya terbaru bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Meski baris ketiga disarankan untuk anak-anak saja. Tak dilengkapi AC Double Blower, hanya ada air circulator bagi baris kedua dan ketiga mobil Calya. Ada yang mengatakan sudah cukup segar, tapi tak sedingin pesaingnya.

Sebagai pelindung dan untuk keselamatan, Toyota menyematkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Walaupun tanpa fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD), Calya tak terlalu liar ketika dalam pengereman mendadak.

Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa 05

Masuk di kecepatan tinggi, mobil Calya terbaru memang tak sekedap MPV atau sedan premium dengan kualitas material bodi dan interior yang berkualitas. Tetapi suara musik dari audio head unit masih terdengar baik. Tak terlalu bercampur parah dengan suara ban atau kendaraan di luar.

Kesimpulan

Toyota Calya terbaru masih menjadi salah pilihan mobil perkotaan terbaik saat ini. Kabin yang lapang, irit bahan bakar, serta harganya yang sangat terjangkau. Tenaga mobil Calya terbaru memang tak begitu besar, tetapi cukup bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai di jalanan perkotaan yang ramai. Ditambah dengan spesifikasi Toyota Calay yang masih terhitung memadai.

Harga Toyota Calya

Tipe Harga
Toyota Calya E M/T Rp 147 jutaan
Toyota Calya G M/T Rp 153 jutaan
Toyota Calya G A/T Rp 165 jutaan

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil