Diklaim Tak Bertenaga, Rasa Berkendara Toyota Calya Tetap Enak di Bawa

Hanya perlu Rp147 jutaan saja untuk membawa pulang Toyota Calya ini. Harganya terjangkau sebagai bagian dari model Low Cost Green (LCGC) milik Toyota. Tapi ternyata, rasa berkendara Toyota Calya tak kalah dengan MPV kompak lainnya.

Mesin Toyota Calya

Calya diketahui sudah mendapatkan penyegaran pada awal tahun 2019 lalu. Perubahan paling besar terlihat dari tampilan luar serta penambahan fitur. Sayangnya, mesin Toyota Calya masih sama seperti pada saat diperkenalkan pertama kali pada 2016 silam.

Dibandingkan kembarannya Daihatsu Sigra yang menggunakan mesin 1.0L dan 1.2L, Calya saat ini hanya membawa mesin 3NR 1.2L 4-silinder DOHC berteknologi Dual VVT-i. LCGC andalan Toyota ini bisa membawa 87 hp serta torsi maksimal 108 Nm yang bersahaja.

Tenaga disalurkan ke roda depan sehingga tidak ada tenaga yang terbuang melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Di atas kertas, keluaran tenaga dan torsi memang tak begitu besar, tetapi cukup untuk sekadar perjalanan perkotaan yang dinamis.

 
Sepesifikasi Mesin Toyota Calya

Tipe Mesin

3NR 1.2L 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Tenaga Maksimal

87 hp/6.000 rpm

Torsi Maksimal

108 Nm/4.200 rpm

Transmisi

Otomatis dan Manual

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Performa Toyota Calya

Masuk di segmen LCGC dan menawarkan harga yang sangat terjangkau, ternyata performa Toyota Calya masih bisa mencapai 100 km/jam dengan sangat baik. Terlebih ketika penumpang di dalam mobil hanya dua atau tiga orang dengan barang bawaan yang tak terlalu banyak.

Meskipun memang ketika membawa penumpang penuh ditambah barang bawaan sesak di bagasi belakang, pengendaraannya tak terlalu maksimal di jalanan menanjak. Setidaknya masih bisa diakali dengan mengurangi beban mobil ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh yang mendaki dan menurun.

Untuk sekelas mobil perkotaan yang membutuhkan torsi instan dengan cepat, kenyamanan mengendarai Toyota Calya cukup memesona. Perpindahan transmisi yang cukup halus membuatnya enteng dibawa di jalanan perkotaan yang penuh dengan gaya berkendara stop-and-go.

Bahan bakar yang digunakan ternyata berdampak besar pada performa Toyota Calya. Jangan lupa gunakan Pertamax dengan nilai oktan 92 untuk mendapatkan akselerasi yang lebih kencang serta efisiensi bahan bakar yang lebih irit.

Kekurangan pada performa memiliki pengaruh positif pada konsumsi bahan bakar Toyota Calya. Ketika berkendara di dalam kota, Calya rata-rata bisa berjalan dengan konfigurasi 13,4 km/L. Bahkan pada saat dibawa ke luar kota dengan kecepatan konstan, konsumsinya bertambah menjadi 20,2 km/L.

Rasa Berkendara Toyota Calya

Kenyamanan berkendara di belakang setir juga tak kalah dibandingkan MPV lainnya. Bagi pengendara dengan postur tinggi badan 168 centimeter, posisi duduk yang ditawarkan cukup ergonomis dengan jarak pandang yang luas.

Satu hal yang membedakan Calya dengan kebanyakan MPV penumpang pada umumnya yaitu posisi tuas persneling yang menyatu dengan dashboard. Komposisi ini sering terlihat pada MPV besar, seperti Toyota HiAce sehingga memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman.

Sayangnya kekurangan Calya dalam hal pengendaraan yaitu setir yang belum bisa diatur ketinggiannya. Setirnya belum memiliki fitur tilt, apalagi telescopic. Jadi pengaturan posisi berkendara hanya bisa dilakukan dengan memajumundurkan kursi saja.

Di dalam, Calya bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Meski baris ketiga disarankan untuk anak-anak saja. Tak dilengkapi AC Double Blower, hanya ada air circulator bagi baris kedua dan ketiga. Ada yang mengatakan sudah cukup segar, tapi tak sedingin pesaingnya.

Sebagai pelindung dan untuk keselamatan, Toyota menyematkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Walaupun tanpa fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD), Calya tak terlalu liar ketika dalam pengereman mendadak.

Masuk di kecepatan tinggi, Calya memang tak sekedap MPV atau sedan premium dengan kualitas material bodi dan interior yang berkualitas. Tetapi suara musik dari audio head unit masih terdengar baik. Tak terlalu bercampur parah dengan suara ban atau kendaraan di luar.

Kesimpulan

Calya masih menjadi salah pilihan mobil perkotaan terbaik saat ini. Kabin yang lapang, irit bahan bakar, serta harganya yang sangat terjangkau. Tenaganya memang tak begitu besar, tetapi cukup bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai di jalanan perkotaan yang ramai.

Harga Toyota Calya

Tipe Harga
Toyota Calya E M/T Rp 147 jutaan
Toyota Calya G M/T Rp 153 jutaan
Toyota Calya G A/T Rp 165 jutaan

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik