window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Duel Mesin Honda Civic Hatcback dan Mazda3, Mana yang Lebih Baik?

Mark Jacob · 19 Agu, 2020 13:00

Duel Mesin Honda Civic Hatcback dan Mazda3, Mana yang Lebih Baik? 01

Di segmen mobil hatchback premium Tanah Air memang tidak banyak kandidatnya. Tapi, ada dua mobil yang boleh jadi masuk ke dalam kategori hatchback premium. Keduanya adalah Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback. Honda Civic Hatchback dibanderol Rp499 jutaan, sedangkan All New Mazda3 Hatchback dijual Rp508 jutaan. Keduanya memiliki performa mesin yang cukup oke, tetapi manakah yang terbaik?

Pada awalnya Honda Civic Hatchback bermain sendirian di segmen tersebut. Hingga pada ajang GIIAS 2019 lalu, Mazda mengeluarkan Mazda3 Hatchback sebagai mentahbiskan diri sebagai rival utama. Urusan dapur pacu, keduanya memang sudah dikenal sebagai mobil yang punya performa mesin mumpuni. Tetapi, kamu harus memastikan siapa yang terbaik diantara keduanya.

Honda Civic Hatchback

Dari segi harga, jelas Honda Civic Hatchback bukanlah sebuah mobil dengan harga terjangkau. Mobil Honda Civic Indonesia yang sudah memiliki harga di atas Rp450 juta menurut kamu merupakan kategori premium. Secara dimensi, mobil ini menawarkan style yang cukup sporty. Tak heran jika mobil ini lebih menyasar konsumen berjiwa muda yang menyukai kecepatan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil New Honda Civic Hatchback Indonesia tersedia dalam 3  varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

Duel Mesin Honda Civic Hatcback dan Mazda3, Mana yang Lebih Baik? 01

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi 1.421 mm. Dimensi tersebut untuk ukuran sebuah mobil sudah termasuk ke dalam kategori mobil yang cukup panjang. Tidak akan berlama-lama membahas mengenai dimensinya, karena kami akan mencoba memberikan gambaran mengenai spesifikasi mesin dari Honda Civic Hatchback ini.

Dibalik kap mesin, New Honda Civic Hatchback memiliki mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC, turbocharger. Mesin dengan teknologi drive by wire ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 173 ps @5.500 rpm dan torsi maksimal 220 Nm @1.700-5.500 rpm. Di atas kertas, data statistic mengenai performa mesin tersebut menurut kami sudah cukup kencang.

Mesin tersebut juga dipadukan dengan transmisi otomatis, dengan teknologi earth dream technology. Mobil New Honda Civic Turbo Hatchback ini mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,5 detik. Padahal, mobil ini dibekali dengan transmisi CVT yang orientasinya untuk efisiensi bahan bakar di perkotaan. Jelas ini menjadi hal yang sangat bagus bagi pecinta kecepatan. Mereka tetap bisa ngebut tanpa harus memikirkan konsumsi bahan bakar yang boros.

Duel Mesin Honda Civic Hatcback dan Mazda3, Mana yang Lebih Baik? 02

Sedangkan untuk deselerasinya pun cukup baik. New Honda Civic Hatchback ini mampu berhenti dari kecepatan 100 km/jam hingga berhenti total dalam jarak 38,8 meter. Untuk konsumsi BBM-nya tak berbeda jauh, Honda Civic Hatchback E untuk rute Tol mampu mencatat 13,5 km/liter. Lalu rute Dalam Kota Honda Civic Hatchback E menghasilkan 20,1 km/liter. Luar biasa bukan? Lantas, bagaimana dengan kompetitornya?

Mazda3 Hatchback

Sebagai competitor, Mazda3 Hatchback memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibanding Honda Civic Hatchback. Dari segi tampilan, Mazda3 Hatchback lebih menonjolkan kesan mobil yang lebih mewah dan elegan. Desainnya tak berlekuk tajam seperti kompetitornya. Mazda3 lebih menggunakan desain dengan lekukan yang manis, sehingga jika dilihat bentuknya lebih membulat.

Mobil All New Mazda 3 Indonesia tersedia dalam 2 jenis, yakni Mazda 3 Sedan dan Mazda 3 Hatchback. Harga Mazda 3 Sedan berkisar dari Rp 550 jutaan. Sedangkan harga Mazda 3 Hatchback berkisar dari Rp 509 jutaan. Inilah harga kedua jenis mobil Mazda 3 di Indonesia di tahun 2020.

Bukan rahasia lagi jika Mazda terasa lebih eksklusif dibandingkan pabrikan Jepang lainnya. Begitu pula dengan biaya perawatan Mazda 3. Apalagi merek Mazda yang tak terlalu dikenal konsumen awam di Indonesia membuat harga Mazda 3 bekas cukup turun di pasaran.

Duel Mesin Honda Civic Hatcback dan Mazda3, Mana yang Lebih Baik? 03

Secara dimensi, All New Mazda3 Hatchback memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.435 mm. Di atas kertas, ukurannya lebih kompak dibanding Honda Civic Hatchback. Sehingga secara power to weight to ratio dan handling, Mazda3 lebih baik dibandingkan dengan Honda Civic Hatchback. Hal ini jelas menjadi kelebihan dari Mazda3, selain desainnya yang lebih keren.

Di balik kap mesin, Mazda3 Hatchback memiliki mesin berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder, DOHC, SKYACTIV-G. Di atas kertas, kapasitas mesin Mazda3 jauh lebih besar dibanding Honda Civic Hatchback yang hanya 1.498 cc. Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga 155 ps @6.000 rpm dengan torsi 200 Nm @4.000 rpm. Di atas kertas pula, tenaga dan torsi mesinnya masih berada di bawah Honda Civic Hatchback.

Bagaimana dengan data performanya? Mazda3 Hatchback bisa dibilang kalah tenaga dibanding Civic Hatchback. Hal tersebut benar adanya. Bahkan dalam urusan performa, All New Mazda3 masih kalah. Performa 0-100 km/jam mobil ini sanggup mencatatkan angka 10,6 detik. Hal ini jelas lebih lambat dari Honda Civic Hatchback yang sanggup mencatatkan angka 7,5 detik saja. Performa deselerasi dari Mazda3 juga masih kalah.

Duel Mesin Honda Civic Hatcback dan Mazda3, Mana yang Lebih Baik? 04

Deselerasi yang sanggup dicatatkan oleh Mazda3 mencapai 40,1 meter untuk berhenti total dari kecepatan 100 km/jam. Padahal, kompetitornya mampu berhenti dengan baik dengan jarak lebih pendek, yakni 38,8 meter saja. Jika dari segi performa kalah, maka All New Mazda3 Hatchback ini lebih unggul dalam konsumsi bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar untuk rute tol perjalanan kombinasi mampu mencatatkan angka hingga 14,3 km/liter. Angka ini bisa dibilang sangat baik untuk sebuah mobil dengan kapasitas 2.000 cc. Sedangkan rute luar kota pada saat menggunakan Mazda3 Hatchback juga mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibanding New Honda Civic baru Hatchback.

Rute dalam kota dengan kondisi kombinasi lancar dan macet sanggup menghasilkan data konsumsi bahan bakar di angka 22,2 km/liter. Angka ini benar-benar menjadi catatan yang sangat impresif untuk sebuah mobil hatchback premium yang ada di Tanah Air. Walaupun kalah dari segi performa, namun All New Mazda3 sanggup memenangi persaingan di ranah konsumsi bahan bakar. Ia lebih baik dibanding kompetitornya.

Jelas hal ini juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi calon konsumennya di Indonesia. Mereka akan membandingkan mobil tak hanya dari segi desain saja, tetapi dari segi mesin juga akan menjadi pertimbangan matang.

Kesimpulan

Honda Civic Hatchback dan All New Mazda3 sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, kami sudah memiliki kesimpulannya sendiri. Jika kamu adalah seorang yang menyukai kecepatan dan desain yang sporty, maka kamu akan lebih cocok membeli Honda Civic Hatchback. Performa mesinnya lebih unggul, bahkan pengeremannya pun juga tak kalah mumpuni.

Jelas ini akan menjadikan kesenangan berkendara bagi pecinta kecepatan. Lain halnya dengan kamu yang lebih memiliki karakter untuk menikmati perjalanan dengan cruising santai, dengan menikmati handling mobil. Kamu akan lebih cocok mengendarai Mazda3 Hatchback ini. Walaupun kalah dari segi performa, handling dari mobil ini tak bisa disepelekan begitu saja.

Mazda3 Hatchback memiliki handling yang luar biasa mantap, terutama saat melahap tikungan demi tikungan. Konsumsi bahan bakarnya pun juga lebih baik dibanding Honda Civic Hatchback yang kapasitas mesinnya lebih kecil dibanding All New Mazda3 Hatchback. Well, semuanya tergantung kepada pilihan kamu. Pilih mobil yang kencang, atau mobil yang bisa melahap tikungan dengan mantap?

Spesifikasi Honda Civic hatchback
Mesin 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC, Turbocharge
Tenaga 171 ps @5.500 rpm
Torsi 220 Nm @1.700-5.500 rpm
Transmisi CVT with Earth Dream Technology
Velg dan ban 17 inci / 215-50
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Solid disc
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-Link
Harga OTR Jakarta Rp499 juta
Spesifikasi Mazda3 hatchback
Mesin 1.998, Skyactiv-G, 4 silinder, DOHC
Tenaga 155 ps @6.000 rpm
Torsi 200 Nm @4.000 rpm
Transmisi 6 speed torque converter
Velg dan ban 18 inci / 215-45
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Ventilated disc
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion axle beam
Harga OTR Jakarta Rp508-549 juta

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil